Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Bayi | Feb 9, 2017

10 Aktivitas Sederhana Untuk Bayi 0-6 Bulan

Bagikan


 

Masa-masa enam bulan kehidupan pertama bayi merupakan momen yang sangat menakjubkan. Melihat perkembangan bayi sejak lahir hingga bisa tengkurap, duduk dan kemudian dipangku,  pasti membuat Mama bahagia. Sementara si kecil terus berkembang secara normal, yuk kita lakukan beberapa aktivitas seru ini untuk mendorong pertumbuhannya.

 

1. Berlatih mendengarkan

Bernyanyi dan berbicaralah untuk si kecil dengan nada-nada yang ringan. Perhatikan ekspresi si kecil di saat mendengarkan Mama berbicara atau bernyanyi untuknya. Ini merupakan cara mendidik anak yang baik untuk membantu perkembangan kemampuan bahasa anak. 

 

2. Menggoda dengan mainan

Gunakan mainan warna-warni dengan tekstur yang lembut, bola berbahan spons atau boneka binatang untuk dimainkan di hadapan bayi ketika ia telentang. Goyangkan perlahan atau dengan lembut sentuh pipi maupun hidung si kecil menggunakan mainan tersebut. Pindahkan ke arah lain saat bayi melihatnya. Permainan bayi  yang sederhana ini sangat bermanfaat melatih perkembangan visualnya.

 

3. Menari

Permainan ini hanya membutuhkan musik. Putar lagi favorit Mama, sambil menggendong bayi di dada, lalu  bergerak-gerak pelan mengikuti irama musik. Aktivitas ini bukan hanya bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan mendengar bayi, tetapi sekaligus mendorong minat bayi pada musik dan tentunya berpengaruh sangat baik bagi perkembangan emosionalnya.


4. Menyanyi

Saat si kecil tidak mau tidur siang, cobalah nyanyikan lagu pengantar tidur dengan suara yang lembut dan menenangkan. Ini juga membantu perkembangan kemampuan mendengarkan bayi dan perkembangan emosional.


5. Permainan refleksi

Asah otak bayi dengan memanfaatkan cermin yang aman. Tempatkan cermin di hadapan bayi, lalu coba Mama tanyakan “Siapa itu?” sambil menunjuk refleksi si kecil di cermin. Coba ulangi hal serupa dengan menggunakan subjek berbeda seperti boneka atau refleksi Mama dan anggota keluarga lainnya. Permainan ini sangat mendorong perkembangan visual, sosial dan emosional bayi.

 

6. Belajar duduk

Mama juga bisa membantu bayi untuk belajar duduk jika ia sudah bisa menopang kepalanya dengan baik. Caranya adalah tempatkan tangan Mama di bawah lengan si kecil, bimbing dengan lembut bayi ke posisi duduk. Ini akan sangat membantu memperkuat kekuatan ototnya.

 

7. Pijat

Saat bayi dalam kondisi tenang, baringkan dalam posisi telentang dan tempatkan handuk lembut maupun selimut di bawah tubuhnya. Lepas semua pakaian bayi dan sisakan popoknya saja. Pijat bayi pada ruangan tenang dan hangat. Cukup pijat bayi dengan lembut di kaki, perut dan lengan. Jangan ditekan seperti memijat orang dewasa.

 

8. Berkeliling area rumah

Si kecil perlu lho, mulai berkenalan dengan dunia yang ada di sekitarnya. Apa yang mungkin Mama anggap biasa saja, bisa jadi merupakan sesuatu yang sangat memikat perhatian si kecil. Berjalan mengelilingi area rumah, melihat benda-benda maupun tanaman dengan mata mungilnya akan menjadi awal yang baik dari momen keingintahuannya.

 

9. Waktu spesial tengkurap

Menghindari tidur tengkurap agar terhindar dari bahaya kematian mendadak pada bayi atau SIDS sangat baik untuk diterapkan. Akan tetapi, bayi yang setiap hari hanya menghabiskan waktu menopang tubuh dengan punggungnya juga bisa menyebabkan otot tubuh bagian atasnya melemah. Untuk mencegah hal tersebut, Mama bisa memasukkan waktu spesial tengkurap ke daftar aktivitas bersama si kecil. 

 

10. Membacakan buku dongeng

Kegiatan membaca buku dongeng ini bisa dilakukan sejak bayi baru lahir, lho. Terlebih lagi saat bayi sudah mulai tertarik dengan hal-hal yang ada di sekitarnya.  Awali dengan buku-buku yang memiliki gambar terang dan besar sekaligus minim teks. Para ahli sangat mempercayai bahwa anak-anak yang sudah mulai mengenal buku dan belajar membaca sejak kecil akan memiliki IQ serta motivasi hidup yang  tinggi.

 

Aktivitas menyenangkan mana yang akan mama lakukan bersama si kecil hari ini?

(RGW)

 

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.