Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Health | Oct 10, 2017

10 Cara Cepat Menghilangkan Bad Mood

Bagikan


10 Cara Cepat Menghilangkan Bad Mood

Suasana hati setiap orang memang bisa berubah-ubah setiap hari. Kemarin Mama bisa merasa biasa-biasa saja, tapi hari ini perasaan jadi tak keruan karena mendengar kabar kurang baik.

Perubahan emosi yang tidak menyenangkan sering dikenal dengan sebutan bad mood. Sebuah studi dari University of Warwick menyimpulkan bahwa perasaan gembira atau sedih ternyata memiliki kecenderungan untuk menyebar ke seluruh lingkungan sosial.

Jadi, supaya tidak mempengaruhi mood orang di sekitar kita jadi ikut jelek, yuk, Ma ikuti cara ampuh menghilangkan bad mood yang bisa Mama coba:

1. Mendengarkan Musik

Musik sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan sehari-hari saat ini. Jenis musik yang berbeda juga bisa menimbulkan efek berbeda bagi pendengarnya. Saat Mama sedang bad mood coba lah mendengarkan musik dengan beat yang cepat juga lirik yang mengandung pesan positif. Agar sugesti positif juga akan memperbaiki mood Mama.

2. Makan Cokelat

Tahukah Mama, sebatang cokelat mengandung kandungan enzim polifenol yang  sejak lama diyakini sebagai anti stres. Itu sebabnya siapa saja yang mengkonsumsi cokelat akan merasa bahagia seperti saat jatuh cinta. Tidak heran, saat hari Valentine tiba banyak pasangan yang menghadiahkan cokelat sebagai simbol pembawa kebahagiaan.

Jadi jangan takut gemuk makan cokelat Ma, selama masih dalam porsi wajar boleh saja, kok, makan cokelat saat bad mood melanda.

3. Tersenyum

Penelitian di University of Kansas yang dipimpin oleh seorang Psikolog bernama Tara L. Kraft menguji beberapa mahasiswa untuk mengerjakan soal yang membuat stres. Ia lalu membandingkan mahasiswa yang tersenyum saat mengerjakan dan yang tidak.

Ternyata mereka yang tersenyum cenderung menurunkan tingkat stres daripada yang memasang ekspresi datar. Dari percobaan tersebut Mama bisa tahu, bad mood sebenarnya bisa diatasi hanya dengan tersenyum saja.

4. Makan

Mama termasuk orang yang melampiaskan bad mood dengan makanan?

Sebenarnya boleh-boleh saja Ma, makan saat bad mood. Dalam porsi yang masih terbilang wajar makan makanan kesukaan bisa menimbulkan rasa puas dan bahagia. Tapi hati-hati kalau Mama pecinta makanan manis, wajib dibatasi ya!

Baca Juga: Hati-hati! Diabetes Bisa Pengaruhi Kesuburan Pria

5. Tidur

Tidur merupakan aktivitas yang mengistirahatkan sejenak tubuh dan pikiran kita. Kalau Mama sedang bad mood, cobalah mencuri waktu 30 menit sampai satu jam untuk tidur siang. Mama bisa melupakan sejenak masalah yang mengganggu pikiran.

Saat terbangun tubuh pun akan merasa lebih rileks.

6. Minum Teh

Kalau Mama tidak ada banyak waktu untuk tidur, saat bad mood Mama bisa mencoba alternatif lain yaitu minum teh. Mama bisa mencoba berbagai macam jenis teh seperti teh hijau, teh hitam, atau teh bunga rosella.

Efek semuanya sama, bisa membuat tubuh Mama lebih tenang dan rileks. Bad mood juga bisa hilang seketika.

7. Coba Tertawa

Saat sedang bad mood, jangankan untuk tertawa terkadang senyum saja sulit. Tapi, Mama jangan terus mengelilingi diri dengan aura negatif. Cobalah cari buku, foto, atau video yang lucu yang bisa membuat Mama tertawa. Saat tertawa tubuh Mama akan melepaskan hormon dopamin yang bisa membuat Mama lebih bahagia.

8. Berbuat Kebaikan

Bad mood tak cuma bisa diperbaiki dari dalam diri Mama saja, tapi bisa juga Mama salurkan ke hal yang positif. Contohnya, saat hari dimana Mama merasa sangat kacau, cobalah pergi ke beberapa tempat, lakukanlah kebaikan yang sangat sederhana.

Seperti membantu orang tua menyebrang, memberikan makanan untuk anak-anak jalanan, atau memberikan duduk di bus kepada ibu hamil. Tanpa disadari, melakukan kebaikan kecil bisa membuat Mama merasa nyaman dan bahagia, lo.

9. Berdiam Diri

Apa Mama termasuk orang yang cukup ekspresif sampai-sampai kalau sedang bad mood menjadi bad temper atau menjadi sangat sensitif? Coba jangan berkomunikasi dengan orang sekitar untuk beberapa jam ke depan. Diam lebih baik daripada meluapkan emosi tanpa kendali.

10. Bersyukur

Mood bisa jelek karena bisa saja ada sesuatu yang berjalan tidak sesuai harapan Mama. Ketika itu, Mama merasa semuanya tidak adil dan menyalahkan semuanya. Padahal dengan bersyukur dan berdamai dengan diri Mama dengan segala kekurangan dan kelebihan yang Anda punya jauh lebih melegakan, lo, Ma.

Mungkin Mama tidak dapat mengendalikan keadaan di luar diri, tapi kita bisa lebih mudah untuk mengendalikan emosi jika memang mau, bukan?

Semoga 10 cara tadi bisa lebih cepat membantu Mama mengatasi bad mood, ya! Selamat mencoba...

(LMF)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.