DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Makanan | Apr 28, 2016

10 Cara Tidak Ngemil Lagi Setelah Makan Malam

Bagikan


Ada begitu banyak istilah untuk menggambarkan kebiasaan tidak sehat yang Anda miliki setelah makan malam, mulai dari sekadar ngemil, iseng, mau mengunyah, dan sebagainya. Kebiasaan ngemil ini bisa jadi menjadi sebab paling dominan mengapa Anda bertambah berat badan dan mungkin akan sulit dihilangkan nantinya. Ada baiknya untuk tidak mengonsumsi apapun sesudah jam makan malam hingga waktu tidur. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu kosong antara jam makan dan waktu tidur tersebut agar tidek 'iseng' mengunyah.

 

Jangan Nonton TV tapi Main Game

Saat menonton TV, Anda akan duduk santai di sofa atau tempat tidur, kemudian tangan dan mulut akan kembali 'iseng'. Anda malah akan mencari snack untuk dicamil sembari menonton TV. Untuk itu, matikan tayangan favorit Anda dan nyalakan playstation atau Xbox Kinect. Permainan yang ada di Xbox membuat Anda bergerak, meloncat, lari di tempat, berjoget, dan mengayunkan tangan serta kaki Anda. Dengan begitu, Anda akan bersenang-senang dan berkeringat tanpa harus mengemil.

 

Telurusi Lemari Pakaian

Telusuri lemari pakaian Anda dan coba satu per satu pakaian yang ingin Anda kenakan untuk acara yang mau Anda hadiri weekend nanti. Dengan mencoba pakaian-pakaian ini, Anda akan lebih termotivasi untuk tetap pada berat badan ideal Anda. Atau Anda juga bisa membereskan lemari pakaian Anda, memilih mana pakaian yang sudah tidak terpakai dan menyumbangkannya ke orang lain.

 

Lakukan Perawatan Kecantikan

Daripada mengobrak-abrik kulkas untuk memenuhi kebutuhan perut, lebih baik cari bahan makanan sisa yang bisa digunakan untuk merawat wajah Anda. Anda bisa menggunakan yoghurt, madu, berry, anggur, atau timun untuk membuat bahan facial.

 

Jalan-Jalan

Setelah makan malam, mengapa tidak keluar rumah untuk berjalan-jalan sebentar? Jika Anda memiliki anjing, ajak anjing Anda untuk ikut keluar. Anda juga bisa meminta teman atau kekasih Anda untuk menemani. Selain menjauhkan diri dari godaan ngemil, berjalan kaki juga bagus untuk kesehatan.

 

Call Your Long-Lost Friend

Anda mungkin sudah menunda-nunda melakukan ini selama berbulan-bulan, tapi setidaknya better late than never. Telepon teman lama Anda, ajak mengobrol dan update apa saja yang sudah Anda dan dia lakukan selama beberapa bulan ini. Tidak hanya mengembalikan dan mengembangkan bonding yang ada, Anda pun bisa teralihkan dari ngemil.

 

Sikat Gigi

Setelah makan malam, Anda bisa langsung menyikat gigi untuk memberikan sinyal ke tubuh Anda bahwa no more food after this. Dengan menyikat gigi, Anda juga jadi malas untuk  makan lagi karena jika Anda makan, Anda harus mengulangi proses menyikat gigi. Jangan lupa juga untuk berkumur dengan aroma mint karena aroma tersebut membantu Anda mengontrol nafsu makan.

 

Atur Rencana

Waktu yang tepat untuk mengatur rencana Anda ke depan adalah pasca makan malam. Buka buku jurnal Anda, tulis apa saja yang akan Anda lakukan seminggu, sebulan, atau setahun ke depan. Anda juga bisa meng-update kontak Facebook atau ponsel Anda atau membereskan kamar. Sibukkan diri Anda dengan tumpukan buku, CD, atau bahan kerjaan yang sudah menimbun di kamar.

 

Pamerkan Bakat Anda

Punya bakat yang sudah lama tidak Anda keluarkan? Mungkin Anda pelukis atau desainer. Mungkin Anda juga pemain musik. Atau mungkin Anda penulis? Keluarkan kuas, pensil, alat musik, atau laptop dan biarkan kreatifitas Anda mengalir.

 

Buat Papan atau Daftar Visi

Menuliskan visi Anda ke depan bisa jadi cara yang ampuh untuk mengalihkan pikiran dari makanan dan tetapkan gol bagaimana penampilan Anda di masa depan. Jika Anda sedang berdiet, coba cari foto inspirasi seleb Anda atau foto diri Anda sendiri saat Anda sedang memiliki berat badan yang sesuai, kemudian gunting dan tempel di meja kerja Anda. Dengan daftar visi dan foto ini, Anda akan jadi termotivasi setiap hari.

 

Meditasi atau Lakukan Sesuatu yang Relaxing

Luangkan waktu 10-15 menit dan lakukan sesuatu yang Anda sukai dan membuat Anda rileks, misalnya putar musik yang menenangkan, berendam sambil menyalakan lilin aromaterapi, atau hanya duduk diam untuk meditasi. Jika Anda punya keinginan untuk ngemil, tunggu selama 10 menit karena biasanya keinginan itu akan hilang dengan sendirinya. Meditasi juga membantu Anda mengurangi stres dan cemas.

Foto: lucavolpe, clientrich

Bagikan

Artikel Terkait