DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Showbiz | May 19, 2017

10 Kartun yang Baik Ditonton Anak

Bagikan


Ada banyak orangtua yang selalu menyuguhi si kecil dengan tontonan kartun. Padahal tak semua kartun berisi konten yang bersifat mendidik. Bagi orangtua, yang penting bisa membuat anak diam adalah yang terpenting, bukan tentang isi dari kartun yang ditonton anak.

Anak-anak adalah peniru yang handal, dan orangtua harus tahu ini. Setiap anak akan meniru apa-apa yang diserapnya dari lingkungan, termasuk tontonan kartun. Karenanya, memilih kartun untuk ditonton anak juga tak mudah.

Biar tak salah didik, inilah rekomendasi kartun yang bisa ditonton anak :

Elena of Avalor

youtube.com

Setelah sekian lama, studio Disney akhirnya punya putri baru lagi bernama Elena. Sejak tayang pertama kali, Elena langsung banyak disukai. Elena bisa dibilang karakter kartun wanita yang pas dikonsumsi anak karena mengajarkan nilai kekeluargaan, terutama dalam tolong menolong.

Peppa Pig

youtube.com

Hanya berdurasi lima menit, namun Peppa Pig bisa dijadikan tontonan mendidik untuk anak. Peppa digambarkan sebagai sosok babi yang imut dan hidup di tengah-tengah kumpulan binatang. Peppa bisa mengajari anak-anak beragam suara binatang lain dengan total 25 episode.

Sofia The First

youtube.com

Satu kartun lain yang cocok dikonsumsi anak yaitu Sofia The First. Sofia merupakan seorang putri kecil yang akan memberi tahu tentang nilai-nilai sosial pada anak seperti persahabatan, kedamaian, dan beberapa pelajaran hidup lain.

Ask The Storybots

youtube.com

Dilihat dari judulnya, sang anak pasti jadi penasaran. Ask The Storybots awalnya hanya merupakan sebuah aplikasi yang lalu berkembang menjadi kartun. Kartun ini akan memberi pengetahuan tentang hal-hal yang tidak diketahu sang anak. Misalnya, “Kenapa harus selalu gosok gigi?”.

Word Girl

youtube.com

Diantara jenis kartun yang pas dinikmati balita yaitu Word Girl. Kosakata adalah sesuatu yang sulit diingat oleh anak kecil, dan Word Girl akan membantu mengingatnya. Selain memberi tahu kosakata baru, Word Girl juga akan mengajarkan cara mengeja dan membaca kata-kata.

Cyberchase

twitter.com

Kalau tak ingin sang anak ikut-ikut membenci matematika, lebih baik orangtua memberi tontonan edukatif berjudul Cyberchase. Selain membantu mengenalkan cara berhitung, Cyberchase juga bisa membantu sang anak untuk menumbuhkan kemampuan dalam memecahkan masalah.

Word World

wxxi.com

Semua tulisan akan hidup dan bergerak, itulah yang terjadi pada kartun berjudul Word World. Kartun ini akan mengajarkan anak untuk mengeja huruf yang bergerak menyerupai karakter binatang. Setiap karakter huruf juga disuarakan sehingga anak bisa mengerti betul tentang huruf.

Martha Speaks

knowledgekids.ca

Serial kartun Martha Speaks begitu sederhana, hanya anjing lucu yang berbicara. Martha adalah sosok tersebut. Tujuan Martha berbicara karena ingin mengajarkan anak tentang kata baru dan cara mengucapkan dengan benar. Pemecahan masalah juga jadi tujuan lain dari Martha Speaks.

Sid The Science Kids

youtube.com

Tak hanya penuh dengan nyanyian, Sid The Science Kids akan mengajarkan anak tentang apapun yang ada di lingkungan. Misalnya sumber energi, hewan, tumbuhan dan lainnya. Selain itu ada segmen candaan tanya jawab, seperti “Mata apa yang selalu di bawah? Mata kaki”.

Curious George

collider.com

Dengan menonton kartun Curious George, orangtua bisa merilis semua kepenatan dari mengurus buah hati. Curious George adalah pilihan tepat untuk anak karena fokus mengajarkan pada hal yang bersifat mendasar. Misalnya mengenal angka, warna, dan bentuk suatu bidang.

Pilihan kartun di atas memang bisa membantu orangtua dalam mengajar anak. Tapi yang patut diingat, daftar katun di atas hanya sebagai unsur pembantu lewat tayangan interaktifnya. Tugas mendidik anak yang utama tetap ada pada pundak orangtua.

Kartun apalagi yang sebaiknya ditonton anak Anda?

(RIA)

Bagikan

Artikel Terkait