Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Health | Jun 23, 2017

10 Kebiasaan Ini Bikin Gampang Sakit dan Tambah Gemuk

Bagikan


Menjadi lebih sehat dengan berat ideal adalah mimpi kebanyakan orang. Walaupun sudah berusaha mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, masih saja ada yang mengeluh gampang sakit dan bertambah gemuk. Nah, coba Mama perhatikan kebiasaan Mama sehari-hari. Kalau Mama menemukan 10 hal ini, artinya Mama harus segera mengubahnya agar tak mudah sakit dan menjadi gemuk.

1. Minum Minuman dalam Kemasan Botol Plastik

Foto: https://www.theodysseyonline.com

Membeli minuman kemasan botol plastik mungkin sudah jadi kebiasaan Mama. Tapi ternyata kebiasaan ini bisa mengganggu kesehatan dan menaikkan berat badan, lho. Sebab, botol plastik mengandung BPA yang jahat untuk tubuh. Beberapa penelitian menyebutkan BPA bisa membuat mandul. Selain itu, minuman dalam botol plastik juga bisa membuat lingkar pinggang Mama membesar. Hal ini telah dibuktikan oleh studi Harvard University pada tahun 2011 tentang kandungan BPA dalam urin. Penelitian ini menyebutkan bahwa orang dewasa yang dalam urinnya banyak terkandung BPA mempunyai lingkar pinggang yang lebih besar.

2. Selalu Tidur Larut Malam

Foto: https://pixabay.com

Menurut National Sleep Foundation, Amerika, rata-rata orang dewasa kurang tidur. Seiring berjalannya waktu, kebiasaan tidur malam bisa menyebabkan berbagai penyakit. Misalnya, memicu kenaikan berat badan, kegelisahan, depresi, bahkan resistensi insulin. Mama juga bisa terkena diabetes tipe 2 kalau tidak menjaga pola tidur. Jadi, mulai sekarang, hentikan kebiasaan ini dan tidur lah 7-8 jam sehari.

Baca juga: Susah Tidur? Ikuti Tips-tips Ini

3. Terlalu Banyak Mengonsumsi Sodium

Foto: https://pixabay.com

Seperti diet kebanyakan, salah satu makanan yang harus dihindari adalah sodium yang terdapat dalam garam. Makanan dengan citarasa asin memang bisa meningkatkan nafsu makan. Tapi, kebanyakan sodium bisa membuat Mama terkena beberapa penyakit.

Rekomendasi penggunaan sodium selama satu hari adalah 2.300 gram yang setara dengan 1 sendok kecil teh. Kalau Mama bisa menjaga konsumsi garam harian, Mama bisa terhindar dari perut buncit, tekanan darah, dan beberapa penyakit lainnya.

4. Ketagihan Minum Soda

Foto: https://pixabay.com

Walaupun rasanya enak dan bikin ketagihan, soda mengandung bahan dasar yang bisa merusak tubuh. Misalnya, pewarna karamel dalam cola yang sudah terbukti menyebabkan kanker pada manusia. Seram, kan? Bahkan, soda diet juga mengandung aspartam dan pemanis buatan yang bisa meningkatkan kadar glukosa. Minum soda juga bisa membuat tubuhmu menjadi gemuk dan berlemak.

5. Makan dan Minum dengan Cepat

Foto: https://www.pexels.com

Mama sering makan dan minum dengan terburu-buru? Misalnya, di pagi hari sebelum berangkat beraktivitas. Kebiasaan makan dengan cepat ini harus segera Mama ubah karena menyebabkan perut tidak bisa beristirahat. Akibatnya, lapar datang dengan cepat.

Lebih baik makan secara perlahan. Kalau tidak sempat, bagi makanan menjadi dua bagian. Makan bagian pertama, lalu lanjutkan aktivitas. Setelahnya, habiskan bagian kedua. Cara ini bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.

6. Tidak Ada Waktu Bersantai setelah Bekerja

Foto: https://www.pexels.com

Pekerjaan memang tidak ada habisnya. Tapi, Mama tetap harus menjaga kondisi tubuh. Beri waktu untuk tubuh beristirahat. Salah satu caranya adalah bersantai setelah seharian bekerja. Setidaknya Mama bisa melakukan kegiatan kecil yang membuat tubuh rileks. Jangan sampai tubuh Mama terasa sangat lelah dan tidak ada waktu untuk bersantai.

7. Duduk Terlalu Lama

Foto: https://www.pexels.com

Selama bekerja kita terus-menerus duduk. Tahukah Mama kalau duduk terlalu lama bisa mengganggu keseimbangan dalam tubuh dan membakar 100 kalori lebih sedikit setiap hari? Jadi, duduk seharian memang sangat tidak disarankan. Sebuah studi dari Clinical Journal of the American Society of Nephrology menemukan bahwa berjalan dua menit setiap jam dapat mengimbangi efek terlalu banyak duduk.

8. Makan saat Merasa Stres atau Depresi

Foto: http://www.bbc.com

Saat stres atau depresi, banyak orang memilih makan sebagai jalan keluarnya. Padahal efek samping dari makan saat stres menyeramkan, lho. Makan saat stres dan depresi malah akan membuat Mama semakin stres.

Hal ini disebabkan oleh kecenderungan banyak orang yang memilih makanan cepat saji, manis, atau mengandung banyak sodium. Mengonsumsi jenis makanan ini terlalu berlebihan di satu waktu bisa membuat kondisimu semakin parah.

9. Kekurangan Konsumsi Protein

Foto: https://pixabay.com

Protein sangat penting untuk tubuh karena bisa mencegah makan berlebihan dan bisa mempertahankan otot. Semakin banyak otot artinya Mama semakin bisa membakar lemak.

Mulai sekarang, makanlah lebih banyak daging tanpa lemak, ikan, dan greek yogurt. Pilihlah sumber protein tinggi yang organik sehingga Mama tetap bisa memperthankan kesehatan tubuh.

10. Langsung Tidur setelah Beraktivitas

Foto: https://pixabay.com

Jangan langsung tidur setelah berkegiatan seharian. Lebih baik manfaatkan waktu dengan hal lain setelah sampai rumah. Hal ini lebih baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh Mama.

Sepuluh kebiasaan ini sudah terbukti bisa membuat tubuh Mama gampang terkena penyakit dan gemuk. Jadi, yuk, ubah pola hidup dan mengganti kebiasaan-kebisaan buruk ini!

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.