Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kesehatan Balita | Oct 26, 2017

4 Cara Menjaga Kaki Si Kecil Tetap Bersih dan Sehat

Bagikan


Pada umumnya, kaki bayi yang sedang tumbuh menjadi balita akan mengalami beberapa perubahan. Selain tulang dan otot dan kakinya menjadi semakin kuat, alas kakinya akan terbentuk menjadi kaki balita sempurna yang dapat digunakan berjalan dan berlari.

Saat Si Kecil mulai bisa berjalan dan berlari, sudah saatnya Mama memberikan perhatian lebih pada kaki Si Kecil. Banyak orang tua kurang memahami betapa pentingnya menjaga kaki Si Kecil, padahal kaki balita yang sehat akan membuat tubuhnya kuat dan mencegahnya terkena berbagai macam penyakit.

Nah, untuk menjaga kaki balita tetap sehat dan kuat, ikuti 4 cara berikut ini ya, Ma.

1. Gunakan ukuran sepatu yang pas

friendshipcircle.org

Saat Mama akan memberikan sepatu baru, pastikan ukuran yang dibeli pas dengan ukuran kaki  balita.

Mungkin terdengar mudah, tapi ternyata urusan membeli sepatu ini seringkali membuat orang tua keheranan, karena kaki balita tumbuh dengan sangat cepat. Akhirnya, para orang tua bingung dengan ukuran sepatu yang tepat untuk sang buah hati..

Selain untuk kenyamanan, sepatu yang pas di kaki akan membantu mencegah terkena berbagai macam masalah, seperti kapalan atau terkena iritasi kulit akibat tergesek. Jadi kalau Si Kecil terlihat selalu mencoba melepas sepatunya, mungkin sudah saatnya dia mendapatkan sepatu dengan ukuran yang lebih besar.

2. Biarkan dia berlari tanpa sepatu

shutterstock.com

Ya, membiarkan dia berlari bebas tanpa sepatu juga bisa menjaga kakinya tetap sehat dan kuat lho, Ma. Ini karena saat dia berjalan tanpa sepatu, otot kakinya akan semakin terlatih untuk menapakkan kakinya dengan sempurna.

Kemampuan motorik dan sensorik balita juga akan ikut meningkat, karena dapat merasakan berbagai macam tekstur menggunakan kakinya. Nantinya, ia akan tahu bagaimana rasanya berjalan di karpet, kayu, rumput, tanah, hingga lantai keramik.

3. Selalu lihat kebersihan kuku

shutterstock.com

Otot dan tulang kaki memang harus dilatih agar kuat, tapi jangan sampai kebersihan kuku Si Kecil terlewatkan. Ada salah satu kondisi yang dinamakan ingrown toenails, yang di Indonesia biasa disebut dengan cantengan.

Cantengan adalah penyakit dimana sudut kuku pada jari tumbuh menjorok ke dalam serta menusuk kulit sehingga membuat jari menjadi merah, bengkak, dan terasa nyeri. Kondisi cantengan biasanya terjadi pada kuku jempol yang tidak sehat alias jarang digunting dan dicek kebersihannya.

Untuk mencegah Si Kecil terkena cantengan dan penyakit kuku lain, sebaiknya secara rutin cek kuku kakinya saat beranjak tidur. Segera bersihkan jika terdapat kotoran di kuku, dan gunting bila sudah terlalu panjang.

4. Jika terluka, bersihkan terlebih dahulu

shutterstock.com

Saat harus dihadapkan dengan keadaan dimana kaki balita terluka, iritasi, atau tersayat hingga berdarah, bersihkan kaki dan lukanya terlebih dahulu sebelum diberikan obat. Gunakan air hangat dan sabun agar kuman di sekitar lukanya mati, baru tutup luka dengan perban.

Apabila luka pada kaki Si Kecil langsung diberikan obat, ada kemungkinan kakinya dapat terkena infeksi yang membuat lukanya malah semakin parah.

Jangan lupa, ajak balita untuk belajar cara merawat kaki yang baik dan benar ya, Ma. Perlihatkan caranya membersihkan kaki dari debu dan tanah serta merawat lukanya. Bagaimana, apa Mama sudah mengajarkan semual hal tersebut pada Si Kecil? 

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.