Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Bayi | Jul 3, 2017

4 Latihan Sederhana Untuk Melatih Otot Bayi Lebih Kuat

Bagikan


Meskipun bayi masih terlihat lemah, namun ternyata ada beberapa latihan sederhana untuk melatih kekuatan ototnya lho. Latihan sederhana ini bisa Mama lakukan di rumah untuk membentuk otot bayi lebih kuat. Menurut dr. Michael Triangto, SpKO seperti dilansir dalam situs milik Mitra Keluarga Kemayoran, olahraga untuk bayi ini bisa dimulai sejak bayi berusia di atas satu bulan. Meski awalnya agak sulit, Mama bisa menjadi pelatih pribadi terbaik bagi si kecil. Lalu, latihan sederhana  apa saja yang bisa membuat otot bayi lebih kuat? 

Baca juga: 7 Cara Mudah Bermain Dengan Bayi 0-3 Bulan 

Tummy Time

Bayi menghabiskan sebagian besar waktunya dengan telentang. Memberikan waktu tengkurap membuat otot-otot di leher, bahu, lengan, punggung serta perutnya terlatih. Awali sesi pertama latihan selama 3-5 menit. Setelah meletakkan perut si kecil ke atas selimut atau alas lembut lainnya, mama bisa menemani si kecil dengan tengkurap di sampingnya. Hibur si kecil sehingga ia bisa merasa nyaman serta senang melakukan tummy time.

Pada awalnya bayi memang cenderung rewel saat melakukan tummy time, namun dengan rutinnya latihan sederhana yang menjadikan otot bayi lebih kuat ini, si kecil akan mulai menikmatinya. Lakukan latihan ini secara bertahap paling tidak 20 menit setiap harinya. Lakukan terus menerus hingga bayi sudah bisa berguling dari telentang menjadi tengkurap maupun sebaliknya secara mandiri.

Sit-up Bayi/ Belajar Duduk

Melatih bayi untuk duduk sangat baik membantu menguatkan otot-otot bahu, lengan dan punggungnya. Kendati Mama yang membantunya untuk bangun, otot-otot bayi akan secara alami menjadi lentur sebab berusaha menjaga kepalanya seimbang dengan tubuh. Sangat baik bagi kesehatan bayi, sit-up bagi bayi juga bermanfaat melatih keseimbangan tubuhnya.

Letakkan tangan Mama di bawah kepala hingga punggungnya, pegang lengannya menggunakan satu tangan dan tarik tubuh si kecil secara perlahan ke arah dada Mama. Mama hanya boleh melakukan sit-up bayi setelah usianya paling tidak 6 minggu. Setelah posisinya cukup dekat dengan Mama, perlahan jaga keseimbangan untuk mengembalikan tubuhnya ke posisi semula.

Awalnya mama yang terus melakukan latihan sederhana ini untuk si kecil, lama kelamaan bayi menjadi semakin terlatih untuk bisa bangkit dari posisi tidur ke duduk secara sempurna.

Mengayuh

Apakah Mama sudah mengetahui cara membantu mengatasi perut kembung pada bayi dengan gerakan mengayuh? Cara tersebut juga ampuh untuk membantu menguatkan otot-otot pinggul, kaki, lutut serta perutnya, lho. Terutama melatih fleksibilitas anggota geraknya. Cara melakukan latihan ini juga sangat mudah, Mama hanya perlu mengangkat kaki si kecil dengan posisi seperti mengayuh sepeda saat ia telentang.

Gerakkan perlahan-lahan seperti kaki sedang mengayuh sepeda sungguhan. Lakukan 3-5 kali per sesi, istirahat dan ulangi lagi selama bayi menunjukkan ekspresi menikmati gerakannya.

Angkat Beban

Melatih kemampuan menggenggam bayi dengan latihan angkat beban merupakan teknik yang memang sangat direkomendasikan oleh dokter anak. Latihan sederhana ini biasanya dilakukan pada bayi dengan usia 3-4 bulan.

Saat mencengkeram mainan bayi, secara otomatis otot-otot pada bahu, tangan dan lengannya semakin terlatih. Cobalah untuk menarik perhatian bayi menggunakan mainan-mainan yang disukainya, pada saat mainan tersebut sudah diambil Mama bisa memancingnya untuk meletakkan kembali mainan tersebut. Di waktu yang sama, kembali tarik perhatian si kecil menggunakan mainan lainnya agar ia mau mengambil mainan tersebut.

Mama bisa melatih bayi melakukannya secara perlahan pada latihan pertama, namun semakin hari gerak bayi bisa dilatih menjadi lebih cepat.

Baca juga: Ketahui Tahapan Kemampuan Bayi Menggenggam

Itulah beberapa latihan sederhana untuk melatih otot bayi lebih kuat. Mama sudah siap mengajak bayi untuk latihan setiap hari mulai saat ini?

 

<RGW>

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.