Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Bermain dan Belajar | Sep 27, 2017

5 Aktivitas Eksperimen Sederhana untuk Melatih Otak Balita

Bagikan


Soal melatih otak balita, orang tua harus terus memberikan kegiatan dan aktivitas yang akan menstimulasi otak si kecil untuk bekerja. Untuk melakukan hal ini, biasanya orang tua menuntun anak agar rajin membaca buku atau melakukan aktivitas fisik. Tapi, ternyata, ada cara yang lebih efektif dan efisien dalam melatih otak si kecil, lho, Ma!

Caranya adalah dengan membiasakan si kecil melakukan eksperimen sederhana, jadi dia akan berpikir dan belajar problem solving skill secara langsung dan nyata. Buat Mama yang ingin si kecil jadi pintar, yuk coba lima aktivitas eksperimen untuk balita berikut ini!

  1. Bermain Mencari Harta Karun

Foto: fthmb.tqn.com

Percaya atau tidak, permainan satu ini sudah ada sejak zaman dahulu kala. Permainan yang juga dikenal dengan nama scavenger hunt atau treasure hunt ini akan melatih otak si kecil dengan mendorongnya berpikir logis serta menggabungkan berbagai informasi agar bisa menebak di mana harta karun berada.

Eksperimen berbalut permainan ini akan melatih skill pemecahan masalah, berpikir kritis, dan melatih mental tangguh dalam mencari solusi. Jika Mama ingin si kecil belajar lebih banyak, selipkan saja kuis-kuis tersembunyi yang bisa dia tukar dengan clue tempat harta karun berada.

  1. Membuat 'Buku Tubuh'

Foto: 4.bp.blogspot.com

Memberikan pelajaran tentang bagian tubuh dan wajah memang cukup mudah, bukan? Mama tinggal menunjuk bagian yang ditanyakan, berikan jawaban, dan tanyakan kembali pada si kecil.

Namun, jika Mama ingin si kecil belajar lebih banyak tentang anatomi tubuh, Mama bisa membantunya membuat 'buku tubuh' untuk dia pelajari sendiri. Membuat buku tubuhpun mudah kok, si kecil hanya harus melakukan eksperimen dengan cara melihat tubuhnya sendiri. Untuk mempermudahnya belajar, Mama bisa menyisipkan ilustrasi atau foto dari setiap bagian tubuh yang ada.

  1. Membuat Lava Lamp

Foto: i.ytimg.com

Mama tahu lava lamp atau lampu lava? Nah, membuat lampu dengan cairan mengambang mirip lava di dalamnya ini ternyata termasuk aktivitas eksperimen yang bagus untuk menstimulasi otak si kecil, lho, Ma.

Membuat lava lamp juga ternyata tidak sulit. Cukup siapkan bahan berupa minyak sayur, air, pewarna makanan, dan tablet effervescent yang bisa dibeli di apotek. Setelah semua bahan siap, ajak si kecil mencampurkan semua bahan dan melihat reaksi kimia yang akan terjadi. Dijamin deh, ia jadi tertarik membuat eksperimen lain yang lebih heboh!

  1. Membuat Layangan

Foto: cdn.thecoolist.com

Selain eksperimen membuat lava lamp, eksperimen dalam bentuk layangan juga bisa Mama coba dengan balita di rumah. Layangan bisa melatih otak balita untuk belajar tentang dasar aerodinamis, skill pemecahan masalah, hingga meningkatkan aktivitas fisiknya.

Mama bisa mulai dengan membeli bahan yang dibutuhkan, seperti kertas, bambu kecil, benang, dan senar. Saat semua bahan sudah siap, perlihatkan video tutorial cara membuat layangan dan bantu dia membuat layangannya sendiri. Jangan lupa juga untuk bermain dan menerbangkannya bersama si kecil, ya, Ma!

  1. Bermain dengan Magnet

Foto: embracing-motherhood.com

Nah, ini dia salah satu eksperimen yang paling greget dan pasti membuat si kecil kagum: eksperimen ilmiah menggunakan magnet! Eksperimen ini sangat mudah dilakukan, karena Mama cukup membeli magnet kecil dan membawa beberapa benda yang terbuat dari besi.

Mama bisa menjelaskan sekaligus menunjukkan contoh nyata mengenai alasan benda berbahan besi bisa tertarik oleh magnet. Beri tahu juga kalau ada barang tertentu yang tak boleh dekat dengan magnet, seperti kartu ATM, jam, dan telepon genggam. Setelah itu, biarkan dia bermain dan bereksperimen dengan magnet dan barang yang ada di rumah.

Baca juga: Ajak Anak Belajar Sains Lewat 3 Permainan Ini

Selain menyenangkan, berbagai aktivitas eksperimen di atas juga akan membuatnya semakin tertarik dengan dunia ilmu pengetahuan. Dia akan termotivasi untuk belajar lebih dalam, sehingga saat masuk sekolah nanti dia sudah memiliki pengalaman eksperimen yang nyata. Apa Mama punya eksperimen sederhana lain yang bisa dilakukan bersama balita?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.