DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Bermain dan Belajar | Jul 21, 2017

5 Cara Mendidik Balita Agar Tumbuh Mandiri

Bagikan


Apa Mama pernah dibuat kagum karena melihat si balita mandiri dan sudah bisa melakukan hal yang cukup sulit di umurnya, seperti menaruh baju kotor di tempatnya atau menuangkan air ke dalam gelas minumnya sendiri? Hal tadi mungkin terlihat sederhana, ya, Ma, tapi menirukan kebiasaan baik yang sudah dicontohkan Mama bisa menandakan kalau balita sudah siap belajar mandiri.

Mendidik balita mandiri memang harus dimulai sejak dini, agar nilai kemandirian terus melekat seiring pertumbuhan karakter dan perkembangan kepribadiannya. Nah bagi Mama yang ingin si kecil jadi balita mandiri, bisa coba 5 cara berikut ini:

  1. Belajar Makan Sendiri

Foto: cdn.skim.gs

Masih sering mengejar anak ke sana kemari demi menyuapi makan? Yuk, hentikan kebiasaan seperti itu dan mulai ajarkan balita untuk makan sendiri. Bukan hanya untuk mengajarkan balita mandiri tapi juga akan memberikan Mama lebih banyak waktu produktif untuk melakukan hal lain. 

Saat jam makan datang, taruh si kecil di kursi makan khusus anak lalu letakkan piring makanan di hadapannya. Pastikan makanan sudah dipotong kecil sesuai ukuran mulutnya. Siapkan dua buah sendok, satu untuk Mama dan satu untuk si kecil.

Biarkan balita memegang sendok kecil saat Mama menyuapi dengan sendok satunya. Secara alami, si kecil akan belajar memegang sendok dengan benar dan berusaha untuk makan sendiri. Belajar makan mandiri memang perlu waktu, jadi biarkan saja bila anak masih makan dengan berantakan, ya, Ma.

  1. Belajar Menyuarakan Opini

Foto: i.huffpost.com

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh orang tua adalah menganggap bahwa balita hanya harus menurut dan tak perlu punya pendapat sendiri. Salah satu ciri balita mandiri adalah mampu membuat keputusan sendiri, dan hal tersebut sangat dipengaruhi oleh kemampuan berpikir kritis serta menyuarakan opininya.

Tak perlu dibawa rumit dulu, mulai saja dari hal sederhana seperti pakaian atau makanan. Bila biasanya Mama yang membuatkan keputusan untuk si kecil, coba tanyakan “Adik ingin makan siang apa hari ini?” atau “Mana baju yang lebih kamu suka untuk dipakai hari ini, yang merah atau yang biru?” Ini akan merangsang balita untuk berpikir dan menyuarakan opininya.

Bila si kecil belum bisa berbicara dengan lancar, bersabarlah dan berikan ia waktu untuk menjawab. Dengan begini si kecil akan merasa jauh lebih percaya diri dan mandiri bila tahu opini dan buah pikirannya didengarkan oleh orang dewasa.

  1. Beri Tanda Bahwa Dia Sudah Besar

Foto: rd.com

Nah, ini dia yang paling sering jadi senjata andalan Mama saat si kecil berulah, yakni ucapan “Adik, kan, sudah besar, jadi tidak boleh begitu lagi, ya.” Ternyata, cara ini memang efektif untuk mendidik balita mandiri, lho.

Baca juga: Mana yang Benar, Anak Sudah Besar Atau Masih Kecil?

 

Namun perlu diingat, cara ini hanya boleh digunakan pada saat dia melakukan hal yang tidak baik. Bila digunakan secara terus menerus, ada kemungkinan si kecil malah akan jadi membangkang karena merasa Mama selalu memarahinya.

  1. Lupakan Hasil Sempurna

Foto: alwaysladies.com

Balita adalah mesin pembelajar, dan layaknya anak kecil, masih belum bisa melakukan segala sesuatu dengan sempurna. Jadi, bila si kecil sudah mulai mencoba mandiri namun hasilnya masih berantakan, jangan langsung menegur atau memarahinya, ya, Ma. Akan lebih baik bila Mama bereaksi dengan memberikan saran disertai contoh untuk melakukan hal tersebut dengan benar.

Dengan terus memberikan semangat pada si kecil, lama kelamaan setiap hal yang dilakukannya akan semakin membaik. Lupakan dulu hasil sempurna, lebih baik arahkan si kecil dan tingkatkan percaya dirinya agar dia dapat menjadi balita mandiri.

  1. Jangan Lupa Memuji

Foto: monkeyjoes.com

Salah satu hal yang membuat anak menjadi mandiri adalah pujian yang diberikan oleh orang tuanya. Jangan salah, pujian sekecil apapun akan sangat terasa manfaatnya pada balita yang sedang belajar mandiri. Meskipun hasilnya masih tak sempurna, Mama bisa mengakui usaha si kecil dengan memberikan pujian dan ciuman.

Mendidik balita agar tumbuh mandiri memang bukan hal yang mudah, tapi sangat penting untuk tumbuh kembangnya hingga dewasa nanti. Apa Mama punya tips lain untuk mendidik si kecil menjadi balita mandiri?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait