DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Bermain dan Belajar | Sep 15, 2017

5 Cara Mudah Mengenalkan Musik Pada Balita

Bagikan


 

Sudahkah Mama mulai mengenalkan musik pada balita Mama? Apakah Mama tahu kalau musik ternyata dapat meningkatkan fokus balita secara signifikan? Penelitian dari Brain and Creative Institute dari University of Southern California, Amerika Serikat mengatakan bahwa musik dapat menguatkan kinerja otak serta membuat balita semakin lancar bicara dan membaca. Nah, untuk mulai mendapatkan manfaat berguna dari musik, yuk mulai mengenalkan musik pada balita dengan 5 cara mudah berikut ini:

Baca juga: 4 Manfaat Istimewa Musik Untuk Perkembangan Anak

  1. Jadikan Rutinitas Sehari-Hari

Untuk membuat anak mengenal musik dengan mudah, Mama tidak perlu membuat jadwal khusus dimana si kecil harus duduk dan mendengarkan musik. Mama bisa membuat musik sebagai suara latar saat si kecil beraktivitas, mulai dari bermain hingga mau tidur.

Berikan musik dengan tempo yang berbeda saat dia melakukan aktivitas. Misalnya, lagu dengan nada up-beat saat dia bermain dan lagu yang mellow saat dia tidur siang. Saat Mama menghubungkan musik dengan aktivitas yang dilakukan balita, secara langsung alam bawah sadarnya akan terbentuk berdasarkan musik yang dia dengar.

O iya, Mama tentu ingat kan kisah Joey Alexander? Pianis berumur 11 tahun yang sangat berbakat ini ternyata bisa bermain jazz klasik karena pada sering mendengarkan musik jazz klasik koleksi ayahnya saat masih kecil, lho.

  1. Nyanyikan Lagu Sebelum Tidur

Jangankan balita, terkadang orang dewasa pun sering merasa ngantuk saat mendengar nyanyian seorang ibu pada anaknya. Hal ini ternyata karena nada lagu sebelum tidur atau lullaby sengaja diciptakan untuk dapat membuat seseorang mengantuk dan tidur lebih lelap. Saat Mama selesai membacakan cerita sebelum tidur, coba nyanyikan sedikit lagu sebelum tidur agar si kecil bisa tidur dengan lelap.

Baca juga: 5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Orangtua Saat Menidurkan Balita

  1. Ajarkan Suara Keras dan Suara Berbisik

Untuk membuatnya mengerti perbedaan tinggi suara, Mama bisa mengajarkan balita perbedaan antara suara keras dan suara berbisik. Ajarkan bahwa suara terlalu keras akan membuat telinga sakit dan suara yang terlalu kecil tidak akan bisa terdengar. Dengan mengajarkan tentang perbedaan suara keras dan berbisik, secara tidak langsung balita akan melatih otot dan pita suaranya.

Supaya lebih menarik, Mama bisa mengajarkannya lewat permainan Ruang Berbisik. Saat si kecil masuk ke ruangan tertentu, dia harus berbisik agar monster yang di dalamnya tidak terbangun.

  1. Gunakan Buku Bersuara

Buku yang mengombinasikan elemen musik dan visual bisa Mama gunakan sebagai alat untuk mengenalkan musik pada si kecil dengan mudah. Alasannya, balita akan tertarik dengan gambar ilustrasi yang ada sekaligus bisa mendengarkan musik sebagai suara latar.

Agar lebih efektif, Mama bisa memberikan buku dengan lagu yang mudah untuk diikuti dan dinyanyikan. Nantinya, Mama bisa membacakannya cerita sekaligus ikut bernyanyi riang bersama si kecil.

  1. Berikan Film Edukasional

Mama tentu pernah lihat film Dora The Explorer, dimana seorang gadis menjelajah kesuatu tempat dan mengajak penontonnya berbicara dan menyanyi. Menurut riset dari Joan Ganz Gooney Center, film semacam Dora ini ternyata akan membuat balita belajar banyak lho.

Saat dia menonton film atau video edukasional seperti Dora The Explorer, balita bisa mengenal berbagai macam elemen pada musik. Selain itu, si kecil juga akan belajar literasi, problem solving, hingga melatih memorinya.

Bagaimana, mudah sekali bukan mengenalkan musik pada balita? Selain memberikan fasilitas pendukung pada si kecil, jangan lupa juga untuk terus terlibat ya, Ma. Berikan dia musik yang edukasional, dan temani setiap proses pembelajarannya. Yuk berbagi cerita, apa sih musik kesukaan balita Mama saat ini?

Foto: shutterstock

<WA>

 

 

 

Bagikan

Artikel Terkait