Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kesehatan Bayi | Jun 23, 2017

5 Cara Stimulasi Kemampuan Indra Bayi

Bagikan


Pernah bertanya-tanya apakah si kecil benar-benar bisa tidur dengan nyenyak atau apakah si kecil merasa terganggu saat mendengar suara-suara di sekitarnya?

Faktanya, bayi berbeda dari orang dewasa. Menurut Ray Tsai, M.D., President and Chief Medical Officer of Children’s Health Pediatric Group di Dallas, bayi menggunakan kelima indra mereka untuk menerima informasi, bereaksi terhadap lingkungan, mencari nutrisi dan kenyamanan serta merasakan ikatan dengan pengasuh mereka.

Indra seperti sentuhan dan pendengaran, sepenuhnya berkembangan saat bayi dilahirkan. Adapun indra lainnya seperti penglihatan, membutuhkan waktu beberapa bulan untuk berfungsi dengan baik. Lantas bagaimana cara menstimulasi indra bayi?

Baca juga: 3 Mainan Bayi yang Merangsang Tumbuh Kembang

1. Cara Menstimulasi Indra Penglihatan Bayi

Pada awalnya, kemampuan melihat bayi hanya sejauh 8-12 inci dan pandangannya juga masih kabur. Sebagian besar yang dilihat si kecil berbentuk dan nuansa (gelap, terang, besar dan kecil).

Saat usianya 4 bulan, si kecil sudah bisa melihat dengan jarak lebih jauh menggunakan matanya untuk memperhatikan benda-benda yang bergerak. Si kecil mulai memiliki perhatian yang besar saat usianya 5 bulan.

Antara rentang usia 4-6 bulan, si kecil bisa melihat semua warna. Saat merangkak dan berjalan, saat usianya 8-12 bulan, si kecil sudah bisa memperkirakan jarak.

Stimulasi indra penglihatan si kecil dengan mendekorasi kamarnya. Selain itu, Mama juga bisa menyusui si kecil dari dua sisi berbeda untuk membantunya melihat dari angle berbeda.

Mama bisa menstimulasi penglihatan si kecil dengan mendekatkan dan menjauhkan wajah di hadapan wajahnya, termasuk juga dengan bermain cilukba.

2. Cara Menstimulasi Indra Pendengaran Bayi

Ketua Pediatri Houston's Memorial Hermann Memorial City Hospital, Peter Jung, M.D., menjelaskan pendengaran bayi mulai berkembang ketika masih berada di dalam rahim, sehingga si kecil juga akan terbiasa dengan suara Mama begitu dilahirkan.

Si kecil mungkin akan terkejut mendengar pintu dibanting karena pendengarannya sangat peka. Namun, saat tertidur si kecil tidak akan mudah terkejut, dengan suara sekeras apa pun.

Pada awalnya, bayi akan mudah terganggu oleh kebisingan di sekitarnya. Sekitar usia 2 bulan, si kecil sudah mulai mencoba menirukan suara dengan mengoceh. Baru pada usia 6 bulan si kecil sudah mampu meniru suara secara spesifik.

Berbicara, membaca dan menyanyi untuk si kecil akan berguna membantu menstimulasi indra penengarannya. Bernyanyi lagu-lagu berbeda dan membaca beragam buku sangat membantu si kecil mengeksplorasi kemampuan pendengarannya.

Baca juga: Harus Musik Klasik untuk Stimulasi Janin dalam Kandungan?

3. Cara Menstimulasi Indra Sentuhan Bayi

Bayi sudah bisa membedakan suhu, tekstur, bentuk dan bobot benda yang berbeda. Sentuhan juga sangat penting untuk membantun ikatan. Memeluk si kecil akan membuatnya merasakan hangat sekaligus aman.

Berikan stimulasi dengan memeluk si kecil sesering mungkin. Sentuhan kulit Mama dengan kulit si kecil akan menjadi terapi bagi bayi baru lahir.

Memijat dan memakaikan pelembab ke kulit si kecil juga bisa membantu menstimulasi. Selain itu, bisa juga dengan menyentuhkan benda yang memiliki tekstur berbeda-beda ke permukaan kulit bayi.

4. Cara Menstimulasi Indra Penciuman/Pembau Bayi

Sejak dilahirkan bayi sudah memiliki indra penciuman yang baik. Si kecil bisa mengenal aroma Mama maupun orang lain yang ada di sekitarnya bahkan sejak usia 1 minggu. Bayi juga sangat peka dengan bau ASI dan bisa membedakan antara bau ASI dengan susu formula.

Indera penciuman bayi bisa distimulasi dengan mengenalkan pada berbagai aroma. Namun, di dalam hal ini usahakan untuk menghindari penggunaan deterjen beraroma atau parfum dengan aroma yang terlalu menyengat. Mama bisa memberikan penjelasan pada masing-masing aroma yang dicium oleh si kecil.

5. Cara Menstimulasi Indra Perasa Bayi

Indra perasa bayi bisa mendeteksi rasa makanan yang Mama makan melalui ASI. Sehingga saat Mama makan berbagai macam makanan dalam masa menyusui eksklusif juga bisa menstimulasi indra perasa si kecil.

Sedangkan memasuki usia 6 bulan, kenalkan si kecil pada berbagai makanan dan rasa. Tentunya jangan lupa konsultasikan dengan dokter jika si kecil memiliki alergi terhadap makanan tertentu, sebelum mulai mengenalkannya dengan berbagai makanan saat mulai mengonsumsi MPASI.

(RGW)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.