Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Anak | Jul 14, 2017

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Sepatu Sekolah

Bagikan


Apakah saat ini anak Mama sudah kembali masuk sekolah? Atau mungkin sedang bersiap-siap untuk memulai kegiatan rutinnya di sekolah? Saat kembali ke sekolah, biasanya orangtua akan membelikan beberapa perlengkapan, termasuk sepatu sekolah. Wajar bila sepatu sekolah anak sering berganti, karena banyaknya kegiatan anak-anak di sekolah, baik kegiatan belajar mengajar di dalam kelas ataupun di luar ruangan, bahkan olahraga pada hari-hari tertentu. Belum lagi jika ada kegiatan ekstrakurikuler di ruang terbuka, wah pasti anak akan menghabiskan waktunya lebih banyak mengenakan sepatu sekolah.

Baca juga: Memilih Tas Sekolah Anak

Mama bisa bayangkan jika dalam melakukan aktivitas yang memerlukan banyak gerak tersebut, si kecil menggunakan sepatu sekolah yang sesak dan pengap. Selain tidak nyaman karena berkeringat, hal ini dapat menyebabkan kulit di area kaki terserang infeksi jamur ataupun bakteri. Untuk menghindari keluhan tersebut, maka ada beberapa pertimbangan penting saat memilih sepatu sekolah, yaitu:

  1. Perhatikan Ukuran Kaki Kanan dan Kiri

Jika Mama perhatikan, bisa jadi ukuran kaki kiri dan kanan anak-anak panjang sebelah atau lebih lebar sebelah. Hal ini tidak jadi perkara, yang menjadi masalah adalah ketika salah satu ukuran sepatu sekolah terlalu sesak di bagian kaki yang lebih panjang atau lebih lebar tersebut. Untuk mencegah hal ini, sepatu anak dengan tali atau perekat sangat cocok digunakan. Jenis sepatu anak ini dapat menyesuaikan ukuran kaki karena dilengkapi dengan tali dan pengait yang lebih fleksibel. Ingatlah bahwa sebelum mengenakan sepatu, anak akan memakai kaus kaki terlebih dahulu sehingga Mama perlu memilih sepatu dengan ukuran yang sedikit lebih besar.

  1. Hindari Sepatu Sekolah Jenis Slip-on

Sepatu sekolah slip-on memang lebih mudah penggunaannya karena anak hanya perlu memasukkan kakinya di sepatu tanpa perlu tali atau perekat. Namun sepatu berbentuk slip-on ini membuat gerak mereka kurang bebas karena sepatu mudah lepas dengan sendirinya, bukan karena ukuran tetapi bentuknya.

  1. Rongga di Jari-jari Kaki

Pilihlah sepatu sekolah yang memiliki rongga lebih di bagian jari-jari kaki untuk memudahkan pergerakan jari saat anak berjalan atau berlari. Jika area jari kaki cukup sempit, jari-jari seolah memaksa untuk bergerak dan mengakibatkan lecet-lecet di bagian tersebut. Sepatu sekolah dengan rongga lebih bukan berarti sepatu yang ukurannya lebih besar dari ukuran normal, namun yang tidak terlalu ketat di kaki.

  1. Ukuran Sepatu yang Tepat

Selain menentukan ukuran sepatu yang pas, pertimbangkanlah juga pertumbuhan kaki anak yang cukup cepat. Pilihlah ukuran sepatu sekolah yang kira-kira bisa digunakan pergi ke sekolah sampai 1 tahun ke depan. Satu tahun merupakan jangka waktu yang paling singkat, akan lebih baik lagi jika sepatu tersebut bisa digunakan lebih lama.

  1. Pilih Bentuk Sepatu Sekolah yang Datar

Bentuk sepatu sekolah anak yang datar lebih aman karena tidak mudah menyebabkan pemakainya terpeleset. Namun jika Mama ingin membelikan sepatu yang memiliki hak, pilihlah hak yang tingginya tidak lebih dari 4 cm. Hak sepatu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan rasa sakit pada otot kaki anak.

Dengan mempertimbangkan beberapa hal di atas, ditambah dengan kualitas sepatu sekolah yang baik, akan membuat sepatu itu bisa dipakai dalam jangka waktu lama. Bagaimana, Ma? Sudah siap mencari sepatu sekolah yang cocok buat si kecil?

<ARK>

 

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.