Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Balita | Jul 25, 2017

5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Orangtua Saat Menidurkan Balita

Bagikan


 

Menidurkan balita dengan cara yang salah bisa membuat kualitas tidurnya jadi berkurang. Padahal balita berusia 3-5 tahun harus tidur nyenyak selama 13-14 jam sehari agar kesehatan dan perkembangannya tetap optimal. Yuk cari tahu kesalahan menidurkan balita seperti apa sih, yang sering dilakukan oleh orang tua, dan bagaimana cara menghindarinya.

  1. Tidak Punya Rutinitas Tidur

Salah satu kesalahan menidurkan balita yang sering tidak disadari adalah tak punya rutinitas tidur yang jelas. Hal ini bisa membuat si kecil sulit tidur, terjaga sepanjang malam, dan jadi rewel keesokan harinya.  

Untuk menghindarinya, Mama bisa mulai membiasakan rutinitas tidur dengan melakukan pola aktivitas atau ritual sederhana yang sama ,setiap kali memasuki waktu tidur si kecil. Hal ini perlu dilakukan agar tubuh balita bisa secara otomatis mulai menenangkan diri saat bersiap untuk tidur. Salah satu rutinitas tidur sederhana yang bisa Mama coba adalah dengan membacakan buku cerita setelah si kecil selesai menggosok gigi.

Baca juga: Ini Manfaat Tidur Siang untuk Balita

  1. Memberikan Cemilan Bergula

Cemilan dengan kadar gula tinggi seperti cokelat atau permen memang disukai semua balita, tapi hindari memberikannya sebelum tidur. Gula dalam cemilan akan memberikan energi pada tubuh balita, sehingga ia jadi tak bisa relaks dan menenangkan diri sebelum tidur.

Agar lebih mudah menidurkan balita dan menghindari asupan kalori berlebih di malam hari, sebaiknya ganti cemilan bergula dengan segelas susu hangat atau setangkup roti gandum berisi selai kacang.  Pastikan si kecil sikat gigi dengan bersih setelahnya ya, Ma.

Baca juga: Benarkah Sugar Rush Membuat Anak Hiperaktif?

  1. Menemani Hingga Tidur

Mama masih suka menemani si kecil hingga balita tidur terlelap? Sebaiknya perlahan mulai kurangi kebiasaan ini saat menidurkan balita, agar si kecil tak terus tergantung dan jadi menolak untuk tidur jika tidak ditemani Mama.

Sejak kecil balita sudah bisa dibiasakan untuk bisa tidur sendiri, baik di dalam kamar yang sama maupun di ruangan yang berbeda. Kuncinya adalah menjalankan ritual tidur secara konsisten untuk membuat si kecil terbiasa menenangkan diri sendiri dan terlelap tanpa harus dibantu siapapun. Mama masih boleh kok bernyanyi bersama atau membacakan cerita sebelum tidur sebagai bagian dari ritual tidurnya.

Baca juga: Pilihan Buku Yang Cocok Digunakan Oleh Balita

  1. Memberikan Sebotol Susu Saat Tidur

Kesalahan menidurkan balita yang satu ini cukup berbahaya lho, Ma. Membiarkan balita tidur dengan susu terlalu lama berada dalam mulutnya bisa membuat gigi si kecil gampang rusak dan bolong. Belum lagi meningkatnya kemungkinan terkena infeksi kuping dan sulit untuk buang air besar, bila kebiasaan menidurkan balita dengan sebotol susu tetap Mama teruskan.

  1. Begadang

Setelah bermain dengan sepupu atau selesai melakukan kegiatan yang menstimulasi seperti permainan menggelitik atau menonton film aksi menjelang waktu tidurnya, balita biasanya akan sulit untuk tidur dan terjaga sampai larut alam. Padahal, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, balita perlu waktu tidur yang lebih panjang agar tetap sehat.

Bila sudah memasuki waktu tidur dan balita masih terlihat berenergi dan penuh semangat, ajak si kecil untuk menenangkan diri dengan berpelukan, menyanyi lagu tidur, atau kegiatan lain dengan ritme pelan dan bisa membuat balita lebih tenang.

 

Agar kualitas tidurnya tetap terjaga, perhatikan dan hindari kesalahan menidurkan balita yang mungkin Mama lakukan tanpa sadar selama ini. Apa Mama punya pengalaman unik saat menidurkan balita kesayangan?

<WA>

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.