DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Makanan | May 31, 2017

5 Makanan yang Mengandung Protein Ini Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama Saat Puasa

Bagikan


Perut sudah kriyuk-kriyuk sebelum jam buka puasa? Biasanya si kecil suka sekali mengalami hal ini dan kalau sudah begini, Mama cuma bisa mendukungnya agar kuat menahan puasa sampai adzan maghrib datang.

Menurut pakar gizi, Richard D. Mattes, bukan masalah kuat atau tidaknya kita berpuasa, melainkan asupan protein yang seharusnya kita perbanyak. Mengapa protein? Senyawa ini ternyata mampu membuat rasa kenyang bertahan lebih lama loh!

Sumber protein sendiri terbagi menjadi dua, yaitu protein hewani dan nabati. Keduanya berasal dari lauk pauk yang kita makan. Oleh karena itu, saat sahur tiba sebaiknya benar-benar memilih menu yang pas kandungan nutrisinya dan tentunya lambat saat proses pencernaan. Lalu, asupan protein seperti apa yang cocok sebagai menu sahur Mama?

Telur

Telur adalah sumber protein yang baik, apalagi jika cara memasaknya direbus. Mengkonsumsi telur sangat penting ketika berpuasa karena makanan ini memproduksi asam amino, yang dapat melengkapi protein yang dibutuhkan tubuh.

Biasanya tidak semua orang menyukai kuning telur, padahal jika hanya mengkonsumsi bagian putihnya sama saja kita membuang setengah protein yang harus masuk ke dalam tubuh.

Tempe

Tahukah Mama ternyata protein yang ada di dalam tempe lebih tinggi daripada daging sapi? Ditambah lagi, harga tempe lebih terjangkau dibandingkan dengan lauk lainnya. Jadi, mengapa tidak mengkonsumsi tempe saat sahur tiba?

Tempe adalah makanan asli khas Indonesia, yang berasal dari biji kedelai dan sudah difermentasi. Tempe bisa disajikan dengan digoreng, misalnya saja tempe orek atau juga direbus menjadi bahan tambahan dalam sayur bayam.

Salmon

Ada banyak ikan laut yang memiliki kandungan gizi tinggi tetapi untuk urusan protein, ikan salmonlah jawabannya! Ikan ini sangat lezat dan nikmat, apalagi jika dimasak menjadi fillet.

Tidak hanya protein, ikan salmon juga mengandung vitamin dan omega 3 yang berguna untuk mencerdaskan otak anak. Cocok sekali untuk makanan si kecil sebelum berpuasa.

Alpokat

Jangan lupa untuk makan buah sebelum sahur berakhir. Pilihlah apokat untuk mengusir rasa lapar lebih lama. Setiap apokat terdiri dari 4 gram protein dan terbukti lebih banyak dibandingkan dengan buah lain.

Selain itu, apokat juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya bagi para penderita diabetes, apokat dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik dalam darah (HDL) sehingga dapat risiko terjadinya diabetes.

Oatmeal

Bagi Mama yang sedang menjalankan program diet, oatmeal adalah salah satu makanan yang wajib ada di daftar menu. Karena kandungan seratnya, oatmeal dapat mengganti peran karbohidrat pada nasi. Tidak hanya itu, oatmeal juga baik untuk kesehatan jantung.

Itulah beberapa makanan yang bisa Mama konsumsi saat sahur. Sekarang tidak perlu khawatir lagi saat bulan puasa datang. Lalu dari asupan protein di atas, mana yang akan Mama pilih menjadi menu sahur?

(DAN)

Bagikan

Artikel Terkait