Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Nutrisi Ibu Hamil | Sep 25, 2017

5 Manfaat Brokoli Untuk Ibu Hamil dan Janin

Bagikan


Brokoli, si hijau yang menyerupai rambut kribo ini punya banyak manfaat kesehatan untuk ibu hamil dan janin. Selain dikonsumsi sebagai menu utama, sayuran berjenis kubis-kubisan ini juga bisa dijadikan camilan dengan cara direbus. Berikut 5 manfaat brokoli untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang bisa Mama peroleh:

1. Antioksidan

Selain menambah serat, kandungan vitamin dalam brokoli terbilang cukup tinggi dibandingkan sayuran lainnya. Seperti kandungan vitamin A dan C yang bermanfaat sebagai antioksidan. Fungsinya antara lain, mendetoksifikasi radikal bebas, memperbaiki sistem kekebalan tubuh, membuat awet muda, menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung, serta mencegah tumbuh kembangnya sel kanker.

Baca Juga: Resep Praktis Sup Krim Brokoli

2. Perkuat Tulang

Tahukah Mama, kandungan kalsium pada brokoli hampir setara dengan kalsium dalam segelas susu? Kalsium berperan penting menguatkan tulang, menurunkan risiko osteoporosis, dan membantu pembekuan darah. Selain itu, brokoli juga mengandung Protein, Vitamin B Kompleks, Vitamin E, Zat Besi, dan Fosfor.

3. Cegah Risiko Cacat Janin

Bagi ibu hamil, brokoli adalah pilihan sayur yang tepat. Sebab brokoli mengandung asam folat, yaitu vitamin B kompleks yang larut dalam air. Asam folat ini bermanfaat untuk mencegah risiko cacat janin pada bagian otak dan sumsum tulang belakang, dan juga dapat memperkuat sistem saraf serta sel darah pada ibu dan jabang bayi.

 4. Menormalkan Kadar Gula Darah

Kandungan dalam brokoli diketahui dapat menormalkan kadar gula darah dan dapat dikonsumsi sebagai pengganti nasi pada ibu hamil yang menderita diabetes. Selain itu, brokoli juga mengandung Omega 3 untuk menstabilkan tekanan darah.

 5. Usir Sembelit

Mama sering mengalami sembelit selama hamil? Cobalah mengonsumsi brokoli secara rutin. Sebab brokoli juga bermanfaat mencegah sembelit, terutama yang dialami ibu hamil di periode trimester 1 dan 2.

Baca Juga: Ini Buah dan Sayuran Pantangan Ibu Hamil

Sebelum mengonsumsinya, penting bagi Mama untuk mengetahui cara memilih brokoli yang benar. Pilih brokoli segar berwarna hijau tua dan hindari brokoli dengan bercak atau bintik kuning kehitaman yang disebabkan kotoran, layu, atau busuk.

Cara lain untuk mengetahui tingkat kesegaran brokoli, Mama juga bisa menekan batang atas brokoli dengan ujung jari. Bila masih keras, artinya brokoli masih cukup segar.

Jangan lupa, untuk segera mengonsumsi brokoli setelah dibeli. Sebaiknya jangan mengonsumsi brokoli lebih dari satu minggu sejak dibeli. Dan untuk penyimpanan, simpan brokoli di kulkas dalam tas berbahan nilon.

Brokoli dapat dinikmati mentah sebagai salad, lalapan, atau juga dapat dibuat sebagai juice. Nah, jika Mama ingin merebusnya usahakan tidak lebih dari 5 menit. Sebab kandungan sulforaphane dalam brokoli dapat hilang hingga 50 persen jika terlalu lama dimasak.

Selamat mencoba!

(HEI)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.