Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Bermain dan Belajar | Aug 25, 2017

5 Manfaat Olahraga Gymnastic Untuk Balita

Bagikan


Pernah kewalahan dengan tenaga balita yang seolah tak pernah habis? Sampai terkadang menjaga si kecil berlarian dan bermain sepanjang hari saja bisa membuat Mama merasa lelah.

Ternyata solusinya cukup gampang, Mama bisa mengikutkan si kecil pada program olahraga untuk balita, seperti berenang, kelompok bermain bola, dan gymnastic.

Ya, meskipun jarang terdengar namun ternyata olahraga gymnastic ini banyak digemari oleh para orang tua di luar negeri, lho! Mereka yakin kalau olahraga gymnastic untuk balita sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang sang buah hati. Hmm, apa saja ya manfaat olahraga ini buat si kecil?

1. Meningkatkan kelenturan tubuh

Olahraga gymnastic biasanya identik dengan peregangan serta gerakan badan yang bebas dan sangat luwes. Saat balita melakukan olahraga gymnastic, tubuhnya akan jadi lebih lentur dan tidak mudah cedera.

Manfaat dari tubuh yang lentur tidak hanya bisa dirasakan pada saat balita saja. Seiring dengan pertumbuhannya, postur tubuh si kecil akan tetap tegak dan baik secara anatomi. Resiko terkena penyakit tulang belakang pun jadi semakin, sekaligus membuatnya tidak mudah terkena cedera tulang dan otot.

2. Menguatkan otot dan tulang

Selain kelenturan, gymnastic untuk balita juga fokus pada olahraga beban yang bertujuan untuk meningkatkan massa otot dan menguatkan tulang. Dengan begitu, daya tahan tubuhnya menjadi lebih kuat sekaligus menjaga tulang tidak keropos.

Dengan rutin melakukan olahraga gymnastic, otot dan tulang balita akan terbiasa bergerak dengan aktif dan dinamis, sehingga otomatis menjaga tubuhnya  tetap sehat.

Baca Juga : 4 Olahraga Bersama Balita Ini Bisa Mempererat Hubungan Ibu dan Anak

3. Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan

Salah satu tujuan utama dari olahraga gymnastic adalah meningkatkan fokus dan kordinasi antara mata dan tangan. Dengan aktivitas gymnastic yang banyak melibatkan gerakan melompat, berjalan, berlari, dan memegang objek, skill motorik halus dan kasar balita akan semakin terasah.

Si kecil akan belajar cara berjalan, berlari, serta bergerak aktif dengan menjaga keseimbangan sehingga tidak terjatuh. Dengan begitu, ia akan terlihat lebih lincah dan lebih aktif dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

4. Belajar disiplin

Meskipun olahraga gymnastic terlihat seperti permainan, untuk melakukan setiap gerakan dengan tepat ternyata diperlukan disiplin tinggi, lho Ma. Ada jadwal aktivitas yang harus dipenuhi setiap harinya, lengkap dengan waktu dan jumlah gerakan yang harus dilakukan.

Dengan adanya jadwal aktivitas, si kecil jadi belajar untuk bertanggung jawab dan disiplin dengan aturan yang sudah ditetapkan. Ia juga akan belajar cara untuk mengontrol diri sendiri serta menggunakan waktu secara efektif dan efisien.

5. Mencegah berbagai macam penyakit

Jangan mengira gymnastic adalah olahraga yang santai ya, Ma. Faktanya, gymnastic adalah salah satu jenis olahraga yang mengharuskan tubuh balita bergerak secara total. Bila dilakukan dengan benar, balita akan mengeluarkan banyak energi sampai berkeringat dengan deras.

Meskipun gymnastic untuk balita akan membuatnya merasa lelah, tubuh balita si kecil akan selalu terjaga dalam keadaan sehat dan prima. Masalah kesehatan yang biasa menyerang balita seperti obesitas, asma, sakit kepala, dan flu ringan pasti jadi jarang mampir karena sistem imun tubuhnya lebih kuat.

 

Olahraga gymnastic memang memiliki banyak sekali manfaat, tapi akan berbahaya jika tidak diawasi oleh ahlinya. Jadi sebelum menyertakan si kecil untuk melakukan olahraga gymnastic, pilih dulu sanggar atau komunitas olahraga yang sudah terpercaya ya, Ma.

Kira-kira buah hati Mama cocok untuk mengikuti gymnastic untuk balita tidak ya?

(WA)

Foto : Shutterstock

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.