DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Fashion & Beauty | Jul 7, 2017

5 Tips Makeup Untuk Kulit Berminyak Agar Bebas Kilap

Bagikan


Apakah Mama memiliki jenis kulit wajah berminyak? Orang yang memiliki jenis kulit berminyak cenderung merasa kesulitan menggunakan makeup. Untuk membuat makeup lebih tahan lama dan bebas kilap meskipun kulit berminyak, Mama membutuhkan beberapa langkah khusus.  Pemilihan jenis kosmetik pun harus yang water-based make-up untuk mengatasi minyak berlebih pada wajah. 

Namun jangan dikira hanya dengan memilih jenis make up yang cocok untuk jenis kulit, Mama bisa terbebas dari masalah makeup luntur, ya! Mama tetap memerlukan tips makeup untuk kulit berminyak agar bebas kilap dan lebih tahan lama:

  1. Membersihkan Wajah Sebelum Memulai Makeup

Seperti langkah memakai makeup biasa, hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan wajah terlebih dahulu dari kotoran atau sisa make up yang mungkin masih menempel. Pertama, bersihkan dengan menggunakan cleanser. Usapkan perlahan dengan gerakan memutar dan pijat lembut selama beberapa saat. Kemudian, bersihkan dengan kapas dengan hati-hati agar tak merusak jaringan kulit.

Setelah itu, bersihkan wajah dengan sabun muka agar kulit bersih maksimal. Jangan lupa mengelap wajah yang sudah bersih dengan handuk bertekstur halus secara perlahan. Agar kelembapan kulit tetap terjaga, sebaiknya gunakan toner atau penyegar.

  1. Gunakan Pelembap Berkualitas

Siapa bilang orang yang memiliki kulit berminyak tak membutuhkan pelembap wajah? Kulit berminyak bukan berarti kaya pelembap alami yang baik untuk menjaga kulit agar tak kusam. Setelah wajah Mama bersih dan siap dirias, gunakanlah pelembap berkualitas baik yang cocok untuk jenis kulit berminyak. Moisturizer ini berfungsi mengembalikan kelembapan kulit setelah dibersihkan dengan facial wash dan juga toner. Aplikasikan pelembap tipis-tipis namun merata hingga bagian bawah dagu dan leher bagian atas.

  1. Pakai Foundation Bebas Minyak

Setelah menggunakan pelembap secara merata ke seluruh permukaan kulit, biarkan selama beberapa saat agar meresap ke pori-pori. Setelah itu, gunakan foundation pada wajah untuk menampilkan tekstur kulit yang tampak lebih lembut dan cerah.

Namun bukan berarti Mama perlu memakai foundation yang warnanya sangat terang, ya! Hal ini bukannya membuat wajah terlihat berseri, justru menjadikan Mama seperti memakai topeng. Pilih foundation sesuai tone kulit dan untuk jenisnya tetap cari yang water-based supaya tidak memicu minyak berlebih pada wajah.

  1. Aplikasikan Bedak Tabur

Setelah mengaplikasikan foundation, tunggu selama 5-10 menit sampai alas bedak meresap dengan sempurna pada permukaan kulit. Setelah itu, aplikasikan bedak tabur pada wajah terutama di T-area (dahi dan hidung). Ya, Mama yang memiliki oily skin harus memakai bedak tabur karena butirannya bisa menempel dengan baik dan menyerap minyak berlebih. Aplikasikan bedak lebih tebal di area wajah yang berminyak. Untuk hasil yang lebih rata, Mama bisa menggunakan kuas khusus bedak yang berukuran besar.

  1. Selalu Sediakan Face Paper

Setelah mengaplikasikan bedak, Mama bisa menyempurnakannya dengan blush on, lipstik, dan juga eye make-up. Untuk menjaga agar riasan tetep awet, jangan lupa selalu bawa face paper ke manapun Mama pergi. Saat wajah terasa berminyak, ambil face paper dan tempelkan pada area yang diinginkan. Ingat, jangan menggosokkan face paper ke kulit karena akan membuat riasan Mama luntur. Cukup tempelkan kemudian tekan selama beberapa saat, setelah itu segera angkat. Jika perlu lakukan tahapan ini sebanyak 2 kali agar minyak berlebih bisa dibasmi dengan optimal.

Selain mempraktikkan kiat makeup tersebut, Mama juga perlu melakukan beberapa treatment khusus sebagai perawatan harian untuk kulit berminyak. Memakai masker atau scrub merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan produksi minyak berlebih pada wajah.

 

Bagikan

Artikel Terkait