Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Health | Sep 5, 2017

6 Cara Mengobati Asma secara Alami

Bagikan


Asma merupakan salah satu gangguan pernapasan yang paling menyiksa, karena seseorang akan sulit bernapas pada saat-saat tertentu. Sulitnya bernapas tersebut disebabkan oleh adanya penyempitan saluran pernapasan yang dipicu ketegangan di area dada, batuk yang berkepanjangan, serta napas pendek-pendek yang mengeluarkan bunyi sehingga diperlukan terapi kesehatan untuk meringankan efeknya.

Baca juga: Jaga Kebersihan Rumah Agar Asma Tidak Kumat

Hari yang sudah larut malam dan suasana pagi hari sangat ditakuti penderita asma karena penyakit tersebut biasanya kambuh di dua waktu itu. Tapi, Mama tidak perlu khawatir lagi karena ada terapi kesehatan yang bisa membantu menyelesaikan masalah gangguan pernafasan tersebut.

Berenang kerap menjadi cara mengobati asma. Namun, sebenarnya ada beberapa metode lain yang bisa Mama pilih:

  1. Obat-obatan Herbal

Ada banyak ramuan herbal yang dipercaya mampu membantu mengatasi asma, seperti ayurvedic, naturopathy, dan ramuan Tionghoa. Meskipun obat tradisional asma tersebut mengandalkan bahan-bahan alami, Mama tetap perlu mengonsultasikannya dengan dokter pribadi sebelum mengonsumsinya. Sama halnya dengan obat-obatan medis, obat herbal untuk sesak nafas perlu dikonsumsi sesuai dosis dan ketentuan untuk mendapatkan hasil maksimal.

  1. Suplemen Tambahan

Minyak ikan, mineral magnesium, dan vitamin C umumnya dapat menjadi suplemen yang sangat membantu mempertahankan daya tahan tubuh. Tapi, bukan berarti mineral dan vitamin tersebut sama ampuhnya ketika dikonsumsi oleh penderita asma. Itulah pentingnya mengonsultasikan setiap kandungan suplemen pada dokter untuk mengetahui suplemen apa yang efektif bagi penderita asma. Contohnya royal jelly, mampu menyehatkan tubuh, tetapi untuk sebagian orang lain justru dapat menyumbat pernafasan dan menimbulkan alergi pemicu asma.

  1. Senam Yoga

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat dijadikan metode terapi kesehatan karena mengandalkan teknik pernafasan dan relaksasi. Yoga dapat mengatasi gangguan pernafasan pada asma dan mengurangi kepekaan pada hal-hal yang dapat memicu penyakit tersebut.

  1. Meditasi

Meditasi adalah proses seseorang bisa merasa rileks dan fokus pada suatu pikiran atau ide. Melalui terapi kesehatan ini, Mama dapat merasa tenang dan stres berkurang, sehingga sangat tepat untuk mengatasi asma yang kambuh karena stres meningkat.

  1. Akupunktur

Akupunktur merupakan salah satu metode terapi kesehatan yang berasal dari Tiongkok, yakni seseorang akan ditusuk beberapa jarum di bagian tubuh tertentu untuk memperlancar aliran energi dalam tubuh. Akupunktur tradisional dipercaya sebagai metode yang sangat ampuh karena dapat mengenai bagian tubuh yang bermasalah dengan tepat. Tidak hanya itu saja, metabolisme tubuh juga dapat ditingkatkan dengan terapi kesehatan ini sehingga tubuh berangsur-angsur sehat.

  1. Chiropractic

Terapi kesehatan berikut lebih menitikberatkan pada area tulang belakang untuk melakukan pengobatan. Metode ini dipercaya dapat melancarkan sirkulasi udara dengan cara meningkatkan kerja organ pernafasan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari metode terapi kesehatan di atas, Mama tetap perlu memerhatikan hal berikut:

  1. Meskipun metode yang dijalankan membantu meringankan asma, bukan berarti Mama tidak memerlukan obat-obatan dari dokter. Obat-obatan kadangkala tetap diperlukan untuk menjangkau sel-sel dalam tubuh yang tidak terjangkau melalui terapi kesehatan tersebut.
  2. Memantau kondisi asma dari waktu ke waktu sangat diperlukan. Jika perlu, buatlah catatan yang merekam semua kejadian saat penyakit Mama kambuh. Dengan demikian, Mama akan mengetahui hal-hal yang dapat memicu asma dan pertolongan apa yang bisa diberikan.

 

Dengan rajin memantau perkembangan kondisi tubuh, tekun mengikuti saran dan anjuran dokter, serta rutin melakukan terapi kesehatan, niscaya gangguan asma Mama akan teratasi. Tidak ada lagi suara yang muncul saat bernapas dan sesak di bagian dada. Semoga Mama sehat selalu!

Foto: Shutterstock

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.