Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Hiburan | Oct 17, 2017

6 Gaya Mendidik Anak Ala Anies Baswedan yang Layak Mama Tiru

Bagikan


6 Gaya Mendidik Anak Ala Anies Baswedan yang Layak Mama Tiru

Hari ini, Anies Baswedan resmi dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 bersama sang wakil, Sandiaga Uno. Sosok keduanya pun mencuri perhatian publik bukan hanya dari sisi politik. Tapi, juga dari sisi kehidupan pribadi.

Untuk Anies, misalnya. Terlepas dari profesinya yang lama bergelut di bidang pendidikan, Anies diketahui memiliki kepedulian tinggi pada lingkup sosial maupun keluarga.

Beberapa kali gaya parenting Anies dan sang istri, Fery Farhati Ganis, dalam mendidik anak juga mengundang decak kagum.

Baca Juga: Hati-hati Ini Tanda Mama Seorang Momzilla

Memang seperti apa, sih, gaya Anies Baswedan mendidik anak-anaknya? Tentu dari 6 poin ini pasti ada yang bisa dan layak Mama tiru.

  1. Selalu Meluangkan Waktu untuk Anak-anak

6 Gaya Mendidik Anak Ala Anies Baswedan yang Layak Mama Tiru

Sesibuk apapun Anies Baswedan, dia akan selalu meluangkan waktu untuk anak-anaknya. Anies dan istri memiliki 4 anak bernama Mutiara Annisa Baswedan, Mikail Azizi Baswedan, Kaisar Hakam Baswedan, dan Ismail Hakim Baswedan.

Bila harus pergi dinas ke luar kota atau luar negeri, Anies akan mengajak anak-anaknya secara bergantian. Dan saat ada waktu luang, Anies sering main bola di halaman belakang rumah atau jalan-jalan ke toko buku.

“Saya juga suka mengajak anak-anak bersepeda pagi di Ragunan saat akhir pekan,” cerita Anies. Dengan melakukan kegiatan bersama anak-anak, Anies dan Fery jadi mengenal karakter anak-anaknya.

Baca: Hal-hal yang Bisa Anak Pelajari dari Ayah

  1. Mengutamakan Cinta Kasih

6 Gaya Mendidik Anak Ala Anies Baswedan yang Layak Mama Tiru

Anies dan Fery sepakat mengutamakan cinta kasih saat mendidik anak-anak. Pasangan ini yakin, jika cinta kasih sudah tertanam dalam diri anak-anak, sesibuk apapun anak-anak, mereka akan selalu kembali ke keluarga.

“Dengan cinta kasih, seorang anak akan nyaman. Ketika ada masalah, mereka akan curhat pada orangtua, bukan kepada orang lain,” ungkap Fery.

  1. Adaptasi Zaman

Saat ini, masih sangat banyak orang tua meniru cara ia dulu dididik oleh orangtuanya. Padahal zaman sudah berubah. Anak-anak berubah, tantangan berubah.

“Anak-anak sekarang tidak suka dimarahi, mereka lebih suka diberikan contoh. Jadi, saat mainan berserakan, tidak usah dimarahi. Tapi, berikan contoh dengan mengajak mereka membereskan mainan mereka,” kata Fery.

Baca Juga: Ini Cara Rio Dewanto Mengobati Rasa Kangen Ke Anaknya Saat Bekerja

  1. Terbuka dalam Berkomunikasi

6 Gaya Mendidik Anak Ala Anies Baswedan yang Layak Mama Tiru

Semua anggota keluarga Anies Baswedan terbiasa untuk terbuka satu sama lain. Mereka saling berkomunikasi sehingga saling mengetahui keberadaan masing-masing anggota keluarga.

“Saat ada anak yang bertengkar, anak harus menyampaikan alasannya bertengkar,” lanjut Fery.

Dengan saling terbuka seperti itu, diharapkan anak-anak akan terbiasa berkomunikasi sehingga meningkatkan rasa percaya satu sama lain.

  1. Membiasakan Anak Bertanggung Jawab

Meskipun ada asisten rumah tangga di rumah keluarga Anies Baswedan, tetapi anak-anak tetap melakukan berbagai tugas rumah tangga yang sederhana.

Misalnya, menaruh piring masing-masing di tempat cuci piring setelah makan. Jika menumpahkan atau memecahkan sesuatu, mereka harus bertanggung jawab membereskannya.

Bila melihat barang yang tidak pada tempatnya, mereka juga harus membereskannya, tanpa harus menyuruh orang lain.

Baca Juga: Salah Pola Asuh, Anak Jadi Kleptomania

  1. Nilai Tinggi di Sekolah Bukan Patokan

6 Gaya Mendidik Anak Ala Anies Baswedan yang Layak Mama Tiru

Anies dan Fery merasa bahwa yang patut dikejar bukanlah nilai tinggi, namun yang harus dikejar dan dikuasai adalah cara berpikir kritis, kesempatan serta menumbuhkan kreatifitas.

Mereka tetap meminta anak-anak untuk belajar dengan sungguh-sungguh, namun saat hasilnya tidak sesuai yang diharapkan, itu tidak jadi masalah.

“Kami lebih mengharapkan mereka mendapatkan pengalaman dari semua kegiatan yang dilakukan. Pengalaman yang akan berguna di masa depan,” ucap Fery.  

Baca Juga: 5 Pola Asuh yang Mengganggu Psikologis Anak

Perubahan zaman tentu mempengaruhi cara pandang kita untuk mendidik anak-anak, ya, Ma. Namun, seperti apapun caranya tentu setiap orang tua hanya menginginkan hal terbaik untuk buah hatinya kelak.

Nah, kalau tadi 6 cara Anies dan sang istri dalam mendidik keempat anaknya, bagaimana dengan pengalaman Mama?

Adakah hal menarik yang Mama alami seputar parenting? Ceritakan juga, yuk, di kolom komentar berikut.

(ASR)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.