Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




6 Kesalahan Ini Seharusnya Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil

Bagikan


 

Saat hamil, pasti Mama akan mencari informasi sebanyak mungkin mengenai kebiasaan dan pantangan ibu hamil. Namun begitu, tetap saja ada kesalahan yang tanpa sadar Mama lakukan saat hamil. Jangan berkecil hati, masih ada waktu untuk memperbaiki kesalahan dan kembali ke jalur semula. Berikut adalah beberapa kesalahan yang tidak boleh dilakukan saat hamil.

1.     Makan Untuk Dua Orang

Ini dia kesalahan saat hamil yang paling sering dilakukan oleh ibu hamil. Karena merasa dengan membawa “manusia” lain di dalam tubuhnya, maka ibu hamil menambah porsi makannya menjadi porsi untuk dua orang. Padahal kebutuhan kalori harian kira-kira adalah antara 1800 sampai 2000 kalori. Aturan praktisnya adalah, bayi hanya membutuhkan nutrisi yang tepat sehingga Mama hanya memerlukan 300 kalori lebih banyak daripada asupan normal. Ingatlah kelebihan berat badan selama hamil dapat berisiko mengalami kondisi seperti preeklampsia, diabetes gestasional dan mengharuskan operasi caesar selama persalinan serta menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya pasca persalinan.

Yang Harus Dilakukan Ibu Hamil: Perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran hijau dan mentah, kacang-kacangan dan telur untuk protein yang tepat. Intinya adalah tetap jaga pola makan seimbang 6 porsi kecil sepanjang hari.

2.     Mengobati Penyakit Sendiri

Pengobatan sendiri mulai dari parasetamol atau bahkan krim jerawat dapat berdampak buruk pada kehamilan. Kesalahan yang tanpa sadar dilakukan oleh ibu hamil ini berbahaya juga bagi bayi, lho. Menggunakan obat yang dijual bebas, pengobatan sendiri atau menjalani perawatan kecantikan juga dapat menyebabkan kelainan bawaan pada bayi.

Yang Harus Dilakukan Ibu Hamil: Ingatlah Mama tidak dapat mengobati sendiri selama kehamilan. Konsultasikan semua gangguan kesehatan yang Mama rasakan kepada dokter, untuk mendapatkan resep yang sesuai dengan kehamilan Mama.

3.     Kurang tidur

Perubahan hormon dan fisik yang terjadi di dalam tubuh Mama selama kehamilan menuntut lebih banyak istirahat. Kurang tidur justru makin menambah kelelahan. Tidur yang cukup dan berkualitas, serta tubuh bugar sangat penting agar tubuh Mama bisa mempersiapkan diri untuk proses persalinan yang lebih lancar.

Yang Harus Dilakukan Ibu Hamil: Usahakan tidur selama minimal lima atau enam jam sehari. Untuk membereskan semua pekerjaan rumah tangga, pekerjakan seorang pelayan atau mintalah keluarga Mama untuk turun tangan. Kuncinya adalah menemukan keseimbangan antara istirahat yang cukup dan terlalu banyak tidur.

Baca juga: Solusi Tidur Nyenyak Ibu Hamil

4.       Tidak Mengajak Bicara Bayi Dalam Kandungan

Kehamilan bisa bikin stres dan membuat Mama letih dan kehabisan energi. Semua kepenatan ini bisa mengalihkan perhatian dari bayi yang ada di dalam kandungan, kecuali jika Mama mengalami tendangan si bayi. Para ahli mengatakan bahwa sangat penting untuk tetap terikat dengan si bayi sebelum akhirnya ia terlahir.

Yang Harus Dilakukan Ibu Hamil: Letakkan tangan di perut dan sambil membelai dengan lembut, seringlah bicara dengan bayi Mama. Memperhatikan si bayi akan membantu mengikatkan diri dengannya dan juga merangsang inderanya.

5.       Tidak Berolahraga Secara Teratur

Jika Mama tidak suka berolahraga, Mama akan cenderung mencari alasan untuk duduk santai dan relaks. Padahal olahraga membantu memerangi hormon stres, meningkatkan sirkulasi, mempersiapkan tubuh untuk persalinan dan melahirkan serta membantu pertumbuhan dan perkembangan janin.

Yang Harus Dilakukan Ibu Hamil: Mulailah berolahraga sejak awal kehamilan trimester pertama. Jika Mama masih pemula, bicarakan rencana olahraga dengan dokter dan apakah jenis olahraga yang sehat dan aman bagi kehamilan sehat. Ingatlah agar tidak melakukan sesuatu yang drastis atau menghadapi tantangan baru selama kehamilan. Yang terpenting hindari memberi tekanan terlalu besar pada otot perut.

6.       Buru-buru Memutuskan Rencana Persalinan

Sebelum memutuskan rencana persalinan di rumah sakit atau klinik, tanyakan pada diri sendiri apakah jenis persalinan yang Mama sukai, apakah dokter dan rumah sakit tersebut memiliki sarana yang mendukung keputusan ini.

Yang Harus Dilakukan Ibu Hamil: Tuliskan daftar rencana kelahiran yang rapi dan jelas tentang apa yang Mama butuhkan dan bagaimana memenuhi kriteria tersebut. Bila perlu, carilah informasi tentang dokter dan rumah sakit dengan sarana pendukung yang lengkap.

Bagaimana dengan Mama? Apakah ada kesalahan lain yang tanpa sadar Mama lakukan selama sedang hamil?

<ROS>

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.