Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Childcare | Sep 26, 2017

6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Tua Baru

Bagikan


Pada dasarnya semua orang tua pasti pernah melakukan kesalahan dalam merawat buah hati tercinta. Jadi, sebenarnya tidak ada istilah kesalahan orang tua baru. Namun, ada enam hal yang umum terjadi pada bayi baru lahir dan terkadang menjadi kesalahan umum yang sering dilakukan oleh orang tua baru.

Seperti dikutip dari Webmd.com, ini enam kesalahan yang sering dilakukan oleh orang tua baru dalam merawat bayi:

  1. Selalu Panik Terhadap Apapun yang Berhubungan dengan Bayi

“Banyak orang tua baru menunjukkan reaksi fisik berlebihan terhadap muntah dan hal-hal lainnya yang dilakukan oleh bayi, d an bayinya menangkap kecemasan itu,” kata Leon Hoffman, MD, direktur Pacella Parent Child Center di New York, Amerika Serikat. Hoffman mengatakan bahwa orang tua bisa menghabiskan seluruh tahun pertama kehidupan bayinya dengan mencari tahu tentang hal-hal kecil itu. Apakah bayi terlalu banyak bergerak atau sebaliknya? Apakah bayi terlalu banyak menangis atau tidak?

  1. Tidak Membiarkan Bayi Menangis

Orang tua baru sering berpikir bahwa tugasnya adalah memastikan bahwa bayi tidak menangis karena menangis berarti ada sesuatu yang salah. Padahal, menangis merupakan cara bayi berkomunikasi. Meskipun begitu, bukan berarti Mama tidak bisa menghibur atau memeluknya. Umumnya menangis merupakan bagian normal kehidupan bayi. Namun, jika si kecil menangis disertai dengan demam, ruam, muntah, perut bengkak, dan gejala lain yang tidak biasa, hubungi dokter anak sesegera mungkin.

  1. Membangunkan Bayi untuk Menyusui

“Bayi yang disusui dapat – dan harus – tidur sepanjang malam,” kata Walker. “Tapi ada kesalahpahaman umum bahwa ASI akan lebih banyak didapatkan bayi selama proses menyusui di malam hari. Meskipun itu mungkin dan bermanfaat bagi bayi yang disusui maupun Mama, membangunkan si kecil dari tidurnya di malam hari untuk menyusui merupakan tindakan yang tidak dibenarkan. Kecuali jika si kecil bangun dengan sendirinya untuk minta disusui.

  1. Kebingungan Membedakan Muntah dan Gumoh

Walker mengatakan, “Perbedaan (antara muntah dan gumoh) adalah frekuensi, bukan jumlah. Gumoh juga bisa keluar dalam jumlah banyak. Jika bayi muntah akibat virus gastrointestinal, itu akan terjadi setiap 30 atau 45 menit tanpa memperhatikan pemberian makan.” Gumoh, di sisi lain, biasanya berhubungan dengan pemberian makanan.

  1. Menganggap Enteng Demam pada Bayi

“Demam lebih dari 38 celsius pada tiga bulan pertama kehidupan bayi merupakan keadaan darurat,” kata Walker, kecuali demam yang berkembang dalam waktu 24 jam setelah tindakan imunisasi bayi yang pertama. “Beberapa orang tua mungkin hanya mengatakan 'badannya terasa hangat' dan memberi bayinya Tylenol. Tapi itu adalah salah satu kesalahan dalam merawat bayi dalam kelompok usia bayi baru lahir. Sistem kekebalan tubuh bayi tidak diatur untuk secara mandiri menangani infeksi. Jika tubuh bayi hangat, ambil suhu lewat dubur. Jika suhu berada di atas 38 celsius, segera hubungi dokter."

  1. Tidak Memasang Kursi Mobil dengan Baik

Begitu Mama memilih car seat yang tepat, pastikan Mama telah memasangnya dengan benar. Kehidupan si kecil mungkin bergantung pada kursi mobil bayi yang akan cukup sering digunakannya.

Baca juga: 9 Kesalahan Menggunakan Car Seat

Itulah beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan oleh orang tua baru dalam merawat bayi baru lahir. Terkesan sepele, tetapi hal-hal yang sangat menipu para orang tua baru saat merawat bayi baru lahir tersebut bisa menjadi sebuah kesalahan fatal jika diabaikan.

(RGW)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.