Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Fashion & Beauty | Jul 12, 2017

6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mandi

Bagikan


Satu diantara rutinitas yang kerap dilakukan sehari-hari yaitu mandi. Mulai dari anak hingga orang dewasa pasti akan melakukan rutinitas ini, meski itu hari libur.

Sayangnya, tidak semua mengerti cara mandi yang benar. Padahal, mandi adalah kunci utama sebelum melakukan rutinitas. Kesalahan saat mandi bisa jadi punya imbas pada keseharian, yang paling terasa yaitu kulit menjadi kering.

Mandi merupakan aktivitas yang kadang dilakukan sehari tiga kali oleh mereka yang kurang kerjaan. Tapi bukannya akan merawat kulit, mandi justru bisa menyebabkan resiko lain karena salah penerapan. Kulit kering dan gatal adalah resiko yang biasa terjadi pada mereka yang mandi tapi dengan cara yang salah.

Agar resiko tersebut tidak terjadi, sebaiknya hindari kesalahan saat mandi seperti berikut.

1. Menggunakan air panas

Ada dua masalah yang bisa timbul akibat memakai air panas saat mandi. Mandi dengan air panas bisa menghilangkan minyak alami pelindung kulit. Selain itu, air panas bisa memicu sirkulasi darah di kulit. Hasilnya kulit justru akan menjadi merah.

Baca Juga : Alasan Mengapa Anda Harus Mandi Dengan Air Dingin

2. Mandi terlalu lama

Banyak orang berpendapat mandi yang terlalu bisa membuat kulit super bersih, padahal tidak. Kulit manusia punya struktur unik, yang jika terpapar air hingga waktu lama justru akan rusak. Idealnya, mandi maksimal harus dilakukan selama 7 menit, dan paling lama 10 menit. Lebih dari ini, kulit akan menjadi cepat rusak.

3. Membiarkan sabun menempel lama

Kadang, biar efek sabun bisa terasa, busa sabun lalu dibiarkan lama menempel kulit. Yang terjadi selanjutnya, justru kulit yang akan kehilangan pelindung alami berupa minyak. Hasilnya, kulit akan kering dan kasar. Ini terjadi karena dalam sabun biasanya terdapat senyawa aktif buatan yang bisa mengganggu kinerja kulit.

4. Menyabun seluruh tubuh

Sabun didesain untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang menempel. Nah, kulit pada tangan dan kaki tidak bisa memproduksi minyak dalam jumlah banyak. Karena itu, tidak dianjurkan untuk membersihkan kulit bagian tangan dan kaki tiap hari. Lebih baik, fokus pada wajah, ketiak, pantat, paha, dan telapak kaki.

5. Mencuci rambut tiap hari

Berapa kali Anda mencuci rambut, setiap hari? Jika iya, sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Menurut pakar rambut, cara yang benar mencuci rambut yang benar adalah dua kali seminggu. Dalam arti, mencuci rambut memakai sampo. Ini diperlukan supaya rambut tetap bisa memproduksi minyak sehingga bisa menciptakan kelembaban yang seimbang.

6. Tidak mengganti spons lama

Kesalahan lain dalam mandi yang sering dilakukan yaitu selalu memakai spons lama. Spons basah adalah tempat idaman untuk kuman dan bakteri berkembang biak. Selain itu, penting untuk selalu membuat spons dalam keadaan kering setelah dipakai. Normalnya, spons hanya ideal digunakan selama dua bulan.

Mengetahui apa yang dilakukan sehari-hari ternyata salah memang tak mudah diterima. Tapi demi kesehatan, tak ada salahnya membuka diri. Mandi adalah contoh mudah dari apa yang dilakukan sehari-hari ternyata tidak benar. Penting untuk merubah cara mandi agar kulit selalu terjaga kesehatannya.

Bagaimana dengan Anda, sudahkah melakukan hal di atas?

(RIA)

 

 

Sumber:

http://www.huffingtonpost.com/2015/04/14/showering-mistakes-_n_7065204.html

http://www.rd.com/health/beauty/showering-mistakes/

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.