Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




6 Olahraga yang Aman Selama Trimester Pertama

Bagikan


6 Olahraga yang Aman Selama Trimester Pertama   

 

Selamat! Mama sudah positif hamil dan sudah menginjak tahap trimester pertama kehamilan. Namun, siapa bilang ibu hamil olahraga itu dilarang?

Tetap sehat dan bugar saat sedang hamil adalah salah satu langkah terbaik yang dapat Mama lakukan untuk diri sendiri dan si bayi. Bahkan meskipun kehamilan Mama baru memasuki trimester pertama dengan gejala-gejala morning sickness yang sangat tidak nyaman, Mama masih tetap bisa olahraga rutin dan latihan berat.

   

Manfaat Olahraga Untuk Ibu Hamil

Olahraga rutin memiliki berbagai manfaat di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Proses melahirkan lebih singkat dengan kemungkinan kecil komplikasi
  • Meminimalkan rasa mual dan morning sickness
  • Punggung yang lebih kuat dan mengurangi nyeri punggung
  • Menjaga postur yang lebih baik
  • Memperkuat panggul
  • Sirkulasi darah lebih lancar, lebih kecil kemungkinan mengalami varises, pembengkakan dan tekanan darah tinggi
  • Memperkokoh tulang
  • Menghindari berat badan berlebihan dan lebih mudah kembali ke bentuk semula setelah melahirkan
  • Meningkatkan energi dan rasa percaya diri, dan memperbaiki suasana hati
  • Memperkuat otot-otot yang berfungsi saat proses melahirkan
  • Membantu istirahat yang berkualitas
  • Peningkatan kebugaran dan otot kardiovaskular
  • Meminimalkan kemungkinan berkembangnya gestasional diabetes

    

Jenis Olahraga Untuk Ibu Hamil yang Aman

Berikut adalah beberapa olahraga trimester pertama yang aman bagi Mama.

1. Pilates

Pilates dapat membantu mengatasi masalah keseimbangan dan nyeri punggung bawah. Hindari pose berbaring telentang, dan memutar bagian pinggang.

2. Yoga

Yoga membangun kekuatan dan keseimbangan, melenturkan otot, mengurangi tekanan darah, dan mengajarkan teknik pernapasan yang akan membantu selama persalinan, bahkan juga mencegah osteoporosis dengan membangun kepadatan mineral tulang. Hindari pose berbaring telentang, dan memutar bagian pinggang.

3. Berjalan dan berlari

Jalan santai dan berlari adalah olahraga rutin yang paling mudah dan dapat membangun kekuatan tubuh bagian atas terutama meningkatkan kesehatan jantung. Untuk mencegah jatuh, hindari berjalan di trotoar rusak atau jalur berbatu. Mama juga bisa menggunakan treadmill dengan palang pengaman yang dapat mencegah terjatuh.

4. Berenang dan aerobik air

Air bersifat menenangkan, berdampak rendah, dan tidak rentan jatuh. Lakukan serangkaian latihan prenatal yang berfokus membangun kekuatan inti. Hindari pose memutar bagian pinggang dan perhatikan batas energi Mama.

5. Latihan berat

Latihan berat akan membantu membangun kekuatan seluruh tubuh untuk menopang berat kehamilan dan membantu persalinan. Mama dapat mengangkat beban dan menggunakan peralatan fitness di gym dengan arahan instruktur prenatal.

6. Sepeda stasioner dan spin class

Daripada naik sepeda yang berisiko jatuh atau mengalami kecelakaan, pertimbangkan sepeda stasioner dan spin class yang baik bagi Mama selama trimester pertama. Keduanya berdampak rendah dan memacu jantung untuk bergerak.

    

Bagaimana Olahraga Rutin yang Aman?

Lakukan pemanasan berupa 5 menit peregangan sebelum olahraga rutin. Demikian pula setelah olahraga, lakukan pendinginan selama lima menit terakhir dari 30 menit latihan.

Berhentilah berolahraga jika:

  • merasa mual
  • terlalu panas
  • dehidrasi
  • mengalami keputihan, pendarahan, atau nyeri perut atau panggul

Banyak minum air putih secara teratur selama kehamilan entah Mama berolahraga atau tidak.

Aturan yang paling penting untuk olahraga trimester pertama adalah perhatikan batasan pada energi Mama dan jangan sampai jatuh. Pastikan dokter tahu jenis olahraga apa yang Mama lakukan.

  

Banyak pilihan olahraga untuk ibu hamil, yang manakah pilihan Mama?

(ROS)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.