Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Karir & Keuangan | Mar 4, 2016

6 Peluang Bisnis Rumahan untuk Ibu

Bagikan


 

Setelah menikah, apalagi setelah memiliki anak, banyak wanita memilih untuk menjadi rumah tangga agar fokus mengurus keluarga. Namun, di sisi lain, biaya hidup semakin tinggi. Rasanya tak cukup jika hanya mengandalkan pendapatan suami. Sebagian wanita juga merasa segan memanjakan diri jika tak memakai uang hasil keringat sendiri. Selain itu, beberapa perempuan yang terbiasa bekerja ingin tetap produktif meski kini mengemban tanggung jawab rumah tangga. Jalan tengah dari permasalahan-permasalahan ini adalah mencari peluang usaha dari rumah atau bekerja jadi pekerja lepas (freelance).

 

Mungkin Anda sudah mempertimbangkan bisnis rumahan sebelumnya, namun bingung ingin bergerak di bidang apa. Sekarang pikirkan tentang passion atau hobi Anda, bakat atau keterampilan Anda, dan pengalaman Anda. Dari situ, Anda bisa memutuskan akan berbisnis barang atau jasa apa dari rumah. Apalagi kita hidup di era internet, semuanya bisa dilakukan dari jarak jauh. Simak inspirasi 7 kategori pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah ini:

 

Kerajinan tangan

Produk-produk handmade biasanya lebih unik dan dihargai lebih tinggi daripada produk pabrikan. Kalau Anda tipe kreatif yang suka membuat kerajinan tangan seperti scrapbook, merajut, atau bahkan menghias parsel, coba pasarkan lewat bazar, bisnis online, atau titip di toko teman. Tentu Anda harus siap melayani pesanan custom.

 

Menulis

Kemahiran Anda merangkai kata bisa mendatangkan rezeki tanpa harus ngantor, lho. Cobalah jadi blogger dengan menulis tentang parenting, makanan, teknologi, fashion, beauty, atau topik lain yang Anda sukai. Jika sudah punya banyak pembaca setia, Anda jadi orang berpengaruh (influencer) yang banyak diincar perusahaan untuk mempromosikan produknya. Selain itu, Anda juga bisa menjadi freelance writer yang menulis sesuai ‘pesanan’. Ada banyak lagi pekerjaan yang berhubungan dengan menulis, misalnya menulis buku, editor, atau penerjemah dokumen.

 

Event planning

Merencanakan event memang akan membuat Anda sangat sibuk mengoordinasikan segala sesuatu, namun jika acara berjalan sukses, Anda akan merasa sangat puas. Cocok untuk Anda yang multitasking. Anda bisa menjadi perencana pesta pernikahan, ulang tahun dan anniversary, event korporat, gathering, dan sebagainya. Sekarang baby shower dan bridal shower sedang tren, lho. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk membangun usaha sampingan.

 

Kuliner

Ada banyak pekerjaan yang bisa Anda geluti dari rumah jika passion Anda di bidang kuliner. Anda bisa membuat catering kecil-kecilan atau menjual makanan spesifik secara online. Anda juga bisa mencoba usaha bakery rumahan atau membuat cake cantik untuk pesta. Untuk Anda yang punya background ilmu gizi, Anda bisa membuat catering diet atau untuk berkebutuhan khusus (misalnya vegetarian, diabetes, dan sebagainya).

 

Berjualan

Anda yang pandai memengaruhi orang dan pantang menyerah bisa mencoba cara mendapatkan uang dari internet dengan berjualan. Tak perlu pusing memikirkan biaya menyewa tempat untuk toko, Anda bisa berbisnis online lewat Instagram atau marketplace. Sebaiknya pilihlah barang yang spesifik, misalnya barang vintage, kosmetik impor, jam tangan unik, dan sebagainya. Atau, Anda bisa bergabung dengan perusahaan multi-level marketing (MLM). Biasanya biaya untuk memulainya rendah. Andapun akan dibekali ilmu serta starter kit untuk menjalankan bisnis rumahan. Selain menjual produk, Anda juga bisa memperoleh komisi dari mengajak orang lain menjadi member. Anda bisa memulai dari teman, keluarga, rekan kerja, lalu kemudian meluas ke customer lain.

 

Fotografer

Anda senang menangkap momen lewat lensa Anda, file-file foto selain selfie memenuhi hard disk Anda, dan Anda punya kamera yang mendukung? Anda bisa mencoba menjadi freelance photographer. Cobalah berspesialisasi dalam fotografi tertentu, misalnya pernikahan, event, food photography, maternity shoot, anak-anak, hewan peliharaan, landscape, dan lain-lain. Pasarkan kemampuan Anda dari mulut ke mulut, bergabung ke komunitas fotografi, atau promosikan jasa Anda di internet. Anda juga bisa menjual hasil foto Anda ke website stock photo seperti Shutterstock, Thinkstock, iStock, dan sebagainya.

Tentu saja, selain pekerjaan di atas, masih banyak lagi peluang usaha sampingan yang bisa Anda ambil untuk memperoleh penghasilan tanpa perlu kerja 9 to 5. Sekali lagi, saat memilih bisnis rumahan, pertimbangkan passion/hobi, keterampilan/bakat, dan pengalaman Anda. Semoga sukses!

 

(FR)

 

Foto: Money Making Systems

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.