Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Health | Jun 13, 2016

7 Hal yang Dapat Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Bagikan


This Article is In Partnership with Rula

Rutinitas yang padat dan waktu yang terbatas bisa menyebabkan ketahanan tubuh menurun, lho. Apalagi jika tidak dibarengi dengan memakan makanan sehat dan banyak minum air putih. Jangan sampai Anda malah menelantarkan kesehatan karena beban pekerjaan yang terlalu berat. Perlu diingat, untuk hasil kerja yang optimal, tubuh Anda pun harus selalu bugar agar fokus dan konsentrasi Anda terjaga. Untuk itu, lakukan pula tujuh hal di bawah ini untuk meningkatkan ketahanan tubuh Anda sehari-hari.

 

Jangan Telat Makan

Tidak makan dan telat makan memang berbeda, tetapi tetap saja berpengaruh bagi kesehatan yang akhirnya nanti menurunkan ketahanan tubuh Anda. Saat telat makan, pasukan glukosa pada otak jadi terganggu dalam waktu 4-6 jam sejak terakhir Anda makan. Akhirnya, gula darah Anda jadi rendah dan menyebabkan Anda cepat lesu, kurang konsentrasi, serta kinerja fisik dan mental menurun. Telat makan juga menyebabkan kram perut, pusing, sembelit, atau diare.

 

Jangan Stres

Saat menghadapi masalah, fokuslah ke solusinya, bukan ke seberapa besar permasalahannya. Usahakan untuk punya waktu satu hari dalam seminggu di mana Anda bisa melepaskan stres dan beristirahat total. Tiap orang memiliki cara melepaskan stresnya sendiri-sendiri, misalnya ada yang cukup tidur seharian di rumah, bertemu teman-teman di kafe, atau pergi ke salon.

 

Keep Positive!

Tak bisa dipungkiri, tetap berpikir positif merupakan salah satu hal wajib yang dilakukan bila ingin memiliki ketahanan tubuh lebih baik. Pastikan Anda selalu berpikir positif agar Anda selalu bahagia. Dengan begitu, sekitar Anda pun akan ikut tertular energi positif ini. Hargai selalu semua usaha yang Anda lakukan dan jangan lupa untuk selalu mengambil hikmah di balik setiap kejadian.

 

Tidur Cukup

Jangan menganggap kurang tidur merupakan hal yang remeh. Faktanya, kekurangan waktu tidur bisa menurunkan ketahanan fisik dan menyebabkan Anda bisa kolaps sewaktu-waktu. Waktu tidur juga sangat penting karena saat tidur, tubuh akan memperbarui sel-sel tubuh, beristirahat cukup, dan melawan penyakit. Beristirahatlah selama 7-9 jam per harinya untuk sistem kekebalan tubuh yang lebih baik.

 

Sempatkan Berolahraga Tiap Hari

Bila Anda benar-benar tidak sempat meluangkan waktu untuk pergi ke tempat fitnes, lakukanlah olahraga ringan yang bisa Anda lakukan di rumah dengan jumping pack atau push up beberapa kali setelah bangun tidur. Kardio selama 30 menit per hari ternyata akan memberikan dampak yang cukup besar untuk daya tahan tubuh, lho.

 

Rajin Minum Air Putih

Kekurangan cairan akan menyebabkan tubuh cepat lelah dan mudah sakit kepala yang akhirnya berujung pada stres. 70% tubuh terdiri dari air, untuk itu Anda harus rajin minum air untuk membantu tubuh membuang racun-racun dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Usahakan minum air putih minimal delapan gelas per harinya.

 

Konsumsi Zat Antioksidan

Antioksidan merupakan kandungan mineral, vitamin, dan nutrisi lainnya yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas. Misalnya, mengonsumsi lemon yang mengandung vitamin C untuk membantu melawan bakteri dan virus, meningkatkan daya tahan tubuh, dan detosifikasi alami bagi tubuh. Atau Anda bisa juga mengonsumsi bawang putih yang berperan sangat baik untuk melawan gejala flu. Anda juga bisa mengonsumsi bayam yang mengandung folat untuk memproduksi sel baru dan antioksidan bagi tubuh.

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.