Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Rupa-rupa | Jul 18, 2017

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Orangtua di Rumah

Bagikan


 

Semakin hari, tanpa disadari orangtua Mama sudah semakin lanjut usia. Sebagai bentuk bakti seorang anak, sudah seharusnya Mama merawat orangtua dengan penuh kasih sayang dan perhatian selayaknya orangtua mengasihi kita sejak kecil. Merawat orangtua bukan hal yang mudah, karena ada hal-hal khusus yang perlu Mama perhatikan agar mereka tetap aman, nyaman dan bahagia. Berikut beberapa informasinya.

  1. Beri Kamar yang Nyaman

Mama pasti menginginkan yang terbaik dalam merawat orangtua. Untuk itu, berikanlah nuansa nyaman di dalam kamar orangtua. Tidak perlu perabotan yang mewah dan mahal harganya. Berikanlah ranjang dengan kasur yang empuk  , karena mereka yang lanjut usia selalu bermasalah dengan penyakit sendi atau tulang. Kasur yang nyaman bisa meminimalisir risiko cidera sendi atau tulang yang bisa membahayakan. Penting juga untuk memerhatikan kebersihan kamar dari debu, agar tidak mudah menjadi sarang penyakit. Hindari terlalu banyak menaruh perabotan di dalam kamar tidur untuk orang tua, untuk meminimalisir terjadinya “kecelakaan” karena refleks orangtua yang sudah menurun.

  1. Hindari Lantai yang Licin

Jangan biarkan orangtua beraktivitas diatas lantai yang licin, karena rawan membuat mereka terjatuh. Jika Mama memiliki Asisten Rumah Tangga di rumah, anjurkan untuk memeriksa lantai secara berkala. Mulai dari lantai dapur, kamar mandi, anak tangga, dan beberapa spot yang sering dilalui orangtua. Penting juga untuk menyediakan kursi di dalam kamar mandi, agar orang tua bisa mandi sambal duduk. Menurut Dr. dr. Nina Kemala Sari, Sp, PD, K-Ger dari RSCM, selain daya keseimbangan orang lanjut usia yang sudah jauh berkurang, risiko jatuh ini juga disebabkan oleh osteoporosis atau pengeroposan tulang yang biasa dialami oleh orang lanjut usia.

  1. Ajak Bicara

Di usia senja, sering kali orangtua merasa kesepian karena anak-anaknya sudah tumbuh dewasa dan sibuk dengan aktivitas pekerjaan dan lainnya. Untuk itu, luangkanlah sedikit waktu untuk berbicara setiap harinya. Mama bisa menanyakan apa yang sedang dipikirkannya atau yang menjadi keinginannya. Suatu saat, mungkin Mama akan merindukan masa-masa seperti itu. Jadi selagi masih bisa, ayo beri sedikit waktu untuk sekadar mendengarkan.

  1. Sembunyikan Konflik Rumah Tangga Anda

Memberikan sisi kenyamanan saat merawat orangtua di rumah bukan hanya perihal materi. Tapi memberikan kenyamanan secara psikologis pun tidak kalah penting. Orangtua selalu sensitif ketika melihat anaknya sedang dalam masalah. Untuk itu, jika Mama sedang ada konflik dengan suami sebaiknya jangan tunjukan di hadapan orangtua.

  1. Berikan Aktivitas

Mama boleh saja membatasi aktivitas orangtua untuk tidak terlalu banyak mengerjakan pekerjaan rumah, karena itu sudah menjadi tugas ART. Tapi jangan lantas Mama melarang orangtua untuk melakukan hobinya. Seperti membuat kue, menjahit baju, atau merajut. Karena jika tidak ada aktivitas, orangtua Mama akan merasa bosan dan merasa tidak bersemangat.

  1. Perhatikan Asupan Gizi Makanannya

Orang yang sudah lanjut usia biasanya lebih harus diperhatikan keseimbangan gizi dalam makanannya. Terutama bila orangtua Mama menderita diabetes, darah tinggi, stroke dan penyakit sejenis lainnya. Penting untuk mengatur menu makan sehatnya agar mereka tetap sehat. Jika Mama merasa kesulitan untuk membuat makanan diet sesuai dengan penyakit yang dideritanya, sekarang ada banyak healthy catering yang menyediakan menu tersebut.

  1. Sediakan Selalu Popok Dewasa (Adult Diapers) di Rumah

Menurut dr. Edy Rizal Wahyudi, Sp.PD-KGer dari RSCM, lansia berpotensi lebih susah menahan proses buang air kecil dan mengompol karena menurunkan kondisi fisik, termasuk mengendurnya otot panggung yang menyebabkan kebocoran urin. Hal ini dapat menimbulkan masalah bagi lansia, baik dari sisi kesehatan, psikologis dan ekonomi. Lansia bisa menjadi tidak percaya diri, depresi, hingga ketergantungan pada pramurawat. Itulah sebabnya, menggunakan popok dewasa bisa menjadi satu solusi. Dengan popok dewasa ini, orangtua jadi lebih leluasa dalam menjalan aktivitas sehari-harinya. Pilih popok celana dengan bahan yang berkualitas sehingga lembut di kulit.

Apa Mama pernah mengalami kendala saat mengurus orangtua di rumah? Coba yuk share pengalaman Mama di kolom komentar.

Foto: Shutterstock 

<LMF>

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.