Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Karir & Keuangan | Sep 6, 2016

7 Kesalahan Terbesar dalam Mengatur Uang Bulanan

Bagikan


Salah satu alasan bahwa banyak orang yang menyerah pada proses penganggaran adalah bahwa mereka tidak bisa membuat anggaran yang efektif. Sering kali kesulitan datang dari 7 kesalahan berikut yang mungkin Anda perbuat. Dikutip dari moneyfor20s.about.com ini akan membantu untuk memahami kesalahan dan memegang kendali keuangan Anda. Belajarlah dari kesalahan berikut dan cari tahu bagaimana untuk memperbaikinya.

Menerka-Nerka Biaya Bulanan

Ketika Anda membuat penganggaran untuk pertama kalinya, Anda mungkin tidak tahu berapa banyak anggaran yang harus ditetapkan pada setiap kategori. Ini membantu untuk melihat dalam tiga bulan terakhir. Sehingga pada bulan berikutnya Anda dapat memotong kembali pengeluaran secara bertahap. Salah satu contoh yang umum adalah ketika Anda memutuskan bahwa Anda akan menghabiskan $ 200 per bulan untuk membeli bahan makanan. Jika suatu ketika dalam beberapa bulan terakhir Anda telah menghabiskan rata-rata $ 500 per bulan, potonglah kembali $ 300 dalam satu bulan berikutnya, untuk menghindari Anda dari kegagalan penganggaran.

Menetapkan Beban Berdasarkan Slip Gaji

Jika Anda digaji setiap minggu. Anda mungkin menetapkan pengeluaran Anda bersadarkan gaji. Sama hal nya dengan pekerja yang dibayar satu bulan sekali, yang membedakan berarti setiap minggu Anda harus menyisihkan uang untuk membayar cicilan atau biaya sewa rumah. Anda mungkin akan sangat hati-hati dan dapat menjadi sangat sulit jika sebagian besar tagihan Anda berdatangan pada waktu yang bersamaan. Cara terbaik untuk masalah seperti ini adalah membagi setiap gaji dan menyisihkan uang lebih untuk tagihan yang lebih besar. Proses ini membuat penganggaran jauh lebih mudah.

Tidak Melacak Pengeluaran

Jika Anda tidak melacak pengeluaran Anda berdasarkan kategori, maka anggaran Anda akan berantakan. Jika Anda tidak tahu apa yang telah Anda habiskan, Anda tidak akan tahu sudah seberapa besar pengeluaran Anda. Kuncinya adalah menentukan metode yang paling tepat untuk Anda, apakah itu menggunakan aplikasi keuangan, atau dengan metode menyimpan pos anggaran Anda pada sebuah amplop dan menuliskan nominal uang yang dikeluarkan pada halaman depan amplop. Agar pengeluaran Anda benar-benar dalam pengawasan dan terlacak dengan baik.

Meninggalkan Salah Satu Item

Satu kesalahan umum yang sering terjadi adalah orang-orang sering lupa meletakan satu anggaran yang bersifat tahunan. Seperti biaya iuran kartu kredit atau membayar pajak kendaraan. Jika Anda belum merencanakan biaya tersebut ini akan merepotkan Anda jika datang saat nya Anda harus membayar. Anda bisa menganggarkan biaya tahunan dengan membagi jumlahnya menjadi 12, jumlah itulah yang harus Anda sisihkan setiap bulan. Anda juga perlu mencatat dan menambahkan item ini setiap bulannya.

Tidak Bekerja Sebagai Team

Jika Anda sudah menikah, salah satu masalah terbesar adalah bekerjasama dalam merencanakan anggaran. Yang perlu Anda dan pasangan Anda lakukan adalah mendiskusikan masalah finansial secara teratur. Ini akan mencegah Anda dan pasangan menghabiskan banyak uang untuk berbelanja. Menjalin hubungan pernikahan juga menjalin komunikasi yang baik, termasuk komunikasi untuk bekerjasama dalam mengatur keuangan bersama partner hidup Anda.

Tidak Ada Dana Darurat

Dana darurat adalah ketika Anda menabung untuk anggaran yang tidak terduga. Seperti harus membayar perbaikan mobil atau Anda perlu melindungi diri dari keadaan darurat medis. Jika Anda menyisihkan dana darurat Anda akan mampu menghadapi keadaan yang sama sekali di luar rencana Anda. Anda akan lebih mudah untuk berurusan dengan situasi keuangan yang bisa membuat Anda stres karena Anda bisa memastikan Anda sudah terlindungi untuk keadaan seperti itu.

Uang Untuk Bersenang-Senang

Ketika Anda membatasi diri dari semua kesenangan atau hiburan serta berbelanja. “Splurges” boleh-boleh saja, tetapi Anda perlu merencanakan untuk hal itu. Tapi jangan jadikan kebiasaan seperti itu terus Anda lakukan setiap bulan. Jika Anda tidak ingin menghabiskan anggaran yang berlebih. Maka dari itu, lakukanlah pembatasan pada anggaran yang paling penting. 

 --LMF

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.