Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Bayi | Aug 28, 2017

7 Permainan yang Mama Bisa Lakukan Bersama Bayi 10-12 Bulan

Bagikan


Memasuki usia 10-12 bulan, kemampuan motorik halus maupun motorik kasar si kecil sudah semakin berkembang. Ketika bayi mengalami perkembangan motorik, maka hal yang terpenting yakni memberikan stimulasi sehingga tumbuh kembang anak semakin optimal.

Stimulasi dan rangsangan yang diberikan kepada si kecil disesuaikan dengan usianya. Beberapa ada yang bisa dilakukan dengan cara memaksimalkan kemampuan anggota tubuh anak atau bisa juga dengan memanfaatkan alat atau media yang mampu memberikan rangsangan kepada si kecil.

Salah satu stimulasi yang bisa diberikan kepada anak yakni dengan mengajaknya bermain. Dari aktivitas bermain si kecil bisa mengenal dirinya sendiri, bersosialisasi, perkembangan kognitif dan memecahkan masalah. Di rentang usia 10-12 bulan, permainan lebih bermanfaat di dalam mengoptimalkan kemampuan yang berhubungan dengan tumbuh kembang sesuai usia si kecil.

Beberapa permainan yang bagus dipilih untuk bermain dengan bayi usia 10-12 bulan antara lain:

1. Tanyakan pertanyaan sederhana

Tanya si kecil pertanyaan yang bisa dijawabnya dengan mudah, seperti “Di mana hidungmu?”, “Di mana matamu?”, “Mana ibu?”, “Mana ayah?”, dan pertanyaan sejenisnya.

2. Menyusun puzzle

 

Kenalkan puzzle sederhana yang memiliki pegangan di setiap kepingan puzzle. Meskipun si kecil mungkin tidak bisa menyusun setiap kepingan puzzle ke papan secara sempurna, paling tidak si kecil akan menikmati aktivitas bermain warna dan memainkan setiap kepingan puzzle. Si kecil pada akhirnya bisa belajar bagaimana untuk menyusunnya dengan benar.

3. Bermain menyusun mainan

Memiliki sekumpulan mainan seperti balok atau cup bisa sangat berguna. Tunjukkan pada si kecil bagaimana cara menyusun mainan-mainan tersebut hingga membentuk benda baru.

4. Memindahkan dan menggeser benda

 

Siapkan mainan yang mudah dipindahkan atau digeser seperti kancing, resleting, dan pintu. Si kecil akan belajar mengenai konsep naik dan turun, tutup dan buka serta masuk dan keluar. Di dalam permainan untuk bayi yang menarik ini, si kecil bisa bermain di berbagai bagian.

5. Berburu mainan

Sembunyikan mainan si kecil dan biarkan ia berusaha untuk menemukannya. Misalnya, cukup dengan menyembunyikannya di bawah selimut atau di belakang tubuh Mama. Ketika diminta untuk mencari mainannya, si kecil akan mengingat saat selimutnya tidak dalam posisi datar artinya ada mainan di bawah selimurnya. Si kecil akan mencoba untuk membuka selimut dan berusaha mengambil mainannya.

6. Belajar makan sendiri

Di usia 10-12 bulan lebih baik si kecil sudah mulai dilatih untuk makan sendiri agar kemampuan motorik halusnya terlatih. Berikan peralatan makan yang bisa menarik perhatian si kecil, seperti berbentuk tokoh-tokoh kartun idolanya, dengan begitu si kecil bisa bermain sambil belajar.

7. Bermain dan belajar berjalan

Ajak si kecil untuk bermain sambil berdiri dan berpegangan. Selanjutnya permainan semacam ini bisa dilatih pada si kecil sambil terus memberikan semangat padanya untuk berjalan sendiri. Perlahan-lahan jika menikmati permainannya, si kecil akan mulai berjalan-jalan dengan cukup lancar. Meskipun pada awalnya tentu hanya mampu bertahan tanpa pegangan dalam waktu yang hanya beberapa detik.

Baca juga: Latih Respon Bayi dengan 6 Permainan Ini! 

Wah menarik sekali bukan? Ternyata ada begitu banyak aktivitas bermain dengan bayi usia 10 -12 bulan yang bisa Mama lakukan bersama si kecil. Bukan hanya untuk menghiburnya, tetapi sekaligus melatih tumbuh kembangnya.

Bagaimana dengan cara Mama melatih tumbuh kembang si kecil sesuai dengan usianya?

RGW

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.