Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




8 Pemanis Alami yang Aman Untuk Persiapan Kehamilan

Bagikan


Konsumsi gula diketahui dapat meningkatkan gula darah tinggi selama kehamilan yang dapat memicu gestational diabetes. Bahkan gula termasuk salah satu bahan yang harus dibatasi selama menyusui.

Menurut Dr. Yahya Darmawan, SpOG, spesialis kebidanan dan penyakit kandungan dari Rumah Sakit Mitra Kemayoran, kehamilan itu sendiri dapat memicu metabolisme peredaran gula darah dalam tubuh.

Untungnya, ada pemanis alami yang merupakan alternatif sehat dan lezat untuk bahan pengganti gula. Menurut sebuah studi di Journal of American Dietetic Association, menambahkan bahan pengganti gula pada menu makanan Mama dapat meningkatkan asupan antioksidan.

Madu Asli

flicker.com

Madu asli kaya akan enzim, antioksidan, zat besi, seng, potasium, kalsium, fosfor, vitamin B6, riboflavin dan niasin. Seluruh nutrisi penting ini membantu menetralkan radikal bebas sekaligus meningkatkan pertumbuhan bakteri sehat di saluran pencernaan. Carilah madu asli lokal langsung dari peternak lebah lokal. Semakin gelap warna madu, semakin kaya rasa dan semakin besar manfaat kesehatannya. Perlu diperhatikan: Jika Mama ingin mendapatkan nutrisi madu sebanyak mungkin, jauhkan dari panas.

Stevia

wikimedia.com

Stevia berasal dari Amerika Selatan dan telah digunakan selama ratusan tahun di wilayah tersebut untuk mendukung kadar gula darah yang sehat dan menurunkan berat badan dengan cepat. Stevioside, unsur daun yang membuatnya lebih dari 200 kali lebih manis dari gula, tersedia dalam bentuk cair, padat, tablet yang dapat larut dan campuran roti.

Stevia tidak memiliki kandungan kalori, karbohidrat dan tanpa efek samping buruk dari pemanis buatan, yang menjadikannya pemanis alami yang ideal. Tidak seperti madu asli, stevia bersifat stabil terhadap panas.

Kurma

flicker.com

Kurma sarat dengan potasium, tembaga, besi, mangan, magnesium dan vitamin B6. Kurma mudah dicerna dan membantu metabolisme protein, lemak dan karbohidrat. Bukti menunjukkan bahwa kurma dapat membantu mengurangi kolesterol LDL dalam darah dan dapat mengurangi risiko stroke. Bahkan menurut penelitian, kurma berperan secara signifikan dalam kehamilan yang sehat karena memiliki berbagai khasiat dan kandungan nutrisi yang tinggi tersebut.

Gula Kelapa atau Aren

wikimedia.com

Kini semakin banyak orang menggunakan gula kelapa sebagai pilihan pemanis alami karena kandungan glikemik dan kandungan mineralnya yang rendah. Kaya akan polifenol, zat besi, seng, kalsium, potasium, antioksidan, fosfor dan fitonutrien lainnya, gula kelapa sangat serbaguna dan banyak tersedia di pasaran.

Sirup Maple

shutterstock.com

Sirup maple mengandung kalsium, potassium, dan seng. Karena kaya dengan antioksidan, pemanis alami ini membantu menetralisir radikal bebas dan mengurangi kerusakan oksidatif. Sirup maple bersifat stabil terhadap panas, sehingga Mama dapat menggunakannya dengan cara apa pun.

Pure Pisang

shutterstock.com

Pisang kaya akan serat dan kalium, dan sumber vitamin B6 dan C yang menjadikannya sebagai pemanis alami yang sempurna untuk membuat bahan roti atau bolu. Untuk membuat pure, tambahkan pisang masak ke dalam food processor dengan satu sendok makan air.

Selai Buah

pxhere.com

Berries, nanas, apel, pir, dan anggur merupakan bahan pengganti gula dalam berbagai resep roti. Lebih baik membuat selai bebas gula dari buah segar atau beku sebagai pemanis alami. Mudah dan ekonomis, bukan?

Sirup atau Gula Jagung

postimg.org

Berbahan dasar jagung, bahan pengganti gula ini lebih rendah kalori daripada gula pasir dan gula merah dan rasanya tidak terlalu manis.

Apakah Mama memiliki alternatif pemanis alami yang aman untuk persiapan kehamilan?

(ROS)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.