Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Bayi | Aug 15, 2017

8 Permainan Yang Mama Bisa Lakukan Bersama Bayi 7-9 Bulan

Bagikan


 

Bermain dengan bayi 7-9 bulan menggunakan berbagai permainan interaktif akan membantu mereka meningkatkan sensitifitas tubuh sekaligus juga perkembangan motorik selama usia pertama kehidupannya. Di mana bayi berusia 7 – 9 bulan sudah mampu melakukan permainan dengan lebih baik.

Di usia ini, sebagian besar bayi sudah bisa berdiri sambil berpegangan pada benda di sekitarnya, berguling, merangkak, duduk mandiri dan memiliki kemampuan yang baik untuk mengontrol tangan maupun jari mereka ketika menggenggam sesuatu. Jadi, sejumlah permainan untuk bayi yang sesuai dimainkan ketika usianya 7-9 bulan bisa Mama temukan di bawah ini.

Baca juga: 8 Permainan untuk Bayi 4-6 Bulan

  1. Bermain Bola

Di usia 7 – 9 bulan bayi sudah mulai jago melempar bola. Kekuatan otot tangan mereka sudah bisa diandalkan. Sebagai salah satu bagian dari kepintarannya di usia ini, sambil duduk mereka sudah mulai mencoba untuk menaklukan bola. Bahkan si kecil akan terlihat mulai mencari-cari lawan main lempar bola. Bola yang paling baik digunakan adalah bola khusus mainan bayi atau bola pantai.

  1. Ciluk ba dan Permainan Meniru

Bayi 7-9 bulan memang sudah jago untuk meniru. Tangan mungilnya akan ikut membuka-buka wajah saat bermain ciluk ba. Ditambah lagi ekspresi yang dibuat untuk membuat Mama kaget, sama persis seperti apa yang sebelumnya Mama lakukan. Selain ciluk ba, Mama bisa mencoba melakukan beberapa gerak-gerik sederhana yang bisa diikuti si kecil. Jangan enggan bertindak lucu karena si kecil akan sangat menyukainya.

Baca juga: 3 Mainan Bayi yang Merangsang Tumbuh Kembang 

  1. Menendang Selimut

Ajak si kecil berbaring di atas kasur lantai, taruh selimut kecil atau handuk di kaki Mama. Lalu tendang selimut tersebut dengan didahului teriakan, “1, 2, 3, tendang!”. Kemudian tempatkan selimut atau handuk tersebut di atas kaki si kecil. Biarkan si kecil berusaha melepas selimut dari kakinya saat Mama mulai mengatakan, “tendang”.

  1. Melewati Rintangan

Tumpuk benda-benda lembut yang bisa dilalui si kecil dengan aman, seperti bantal, selimut, boneka atau bantal sofa untuk menghalangi si kecil. Kemudian kejar si kecil saat merangkak dan lihat apakah ia akan kembali mengejar Mama atau justru merangkak mundur. Letakkan mainan yang tidak jauh dari jangkauannya, pancing si kecil supaya mau mengambil mainan tersebut dan merangkak melewati tumpukkan rintangan yang sudah Mama buat.

  1. Tarik Menarik

Duduk bersama si kecil dengan posisi berhadapan. Berikan kaus kaki panjang atau selimut kecil untuk di pegang bagian ujungnya oleh si kecil, sedangkan bagian ujung lainnya Mama pegang. Tarik pelan-pelan kaus kaki tersebut ke arah Mama, dalam tahap pertama bantu si kecil untuk tetap mempertahankan bagian yang dipegangnya. Ajarkan bagaimana cara menarik kaus kaki itu ke arah si kecil. Jangan enggan melucu dan berpura-pura tarikkan si kecil sangat kuat saat ia mulai mencoba menariknya.

  1. Berburu Harta Karun

Sembunyikan beberapa mainan si kecil di tempat-tempat yang aman dan mudah terlihat. Saat si kecil melihatnya, perhatikan bagaimana usahanya untuk mendapatkan mainan tersebut. Mulai dari merangkak hingga merambat berpegangan pada benda di sekelilingnya. Tidak perlu Mama bantu untuk mengambil, buat seolah-olah si kecil berhasil menemukan tempat rahasia dengan harta karun mainan kesayangannya.

  1. Bermain Mengenali Foto

Mama akan melihat bagaimana seriusnya si kecil menatap wajah-wajah yang familiar baginya, salah satu contohnya seperti foto kakek, bibi dan pamannya. Biasanya gambar hewan lucu akan mudah menarik perhatiannya. Sebutkan nama dari foto yang Mama tunjukkan dengan lantang. Kemudian ucapkan “aku mencintaimu” saat menunjukkan foto si kecil ke hadapannya. Meski ada awalnya mungkin ia tidak bisa mengenali fotonya sendiri.

  1. Bernyanyi Diiringi Musik

Mainkan lagu anak-anak menggunakan ponsel atau pemutar musik lainnya saat Mama bermain bersama si kecil. Ajak si kecil bernyanyi mengikuti lirik dan irama dari lagu yang diputar. Buat si kecil menikmati lagu yang ia dengarkan, meskipun mungkin ia belum bisa mengikuti lirik lagu tersebut, lama kelamaan si kecil akan mulai berceloteh mengucapkan lirik dari lagu yang ia dengarkan. Musik dan lagu lama sangat berguna untuk memacu perkembangan motorik bayi 7-9 bulan.

Baca juga: Mengajak Bayi Bernyanyi Ternyata Bermanfaat!

Wah, banyak sekali bukan Ma permainan yang bisa dimainkan bersama si kecil saat usia si kecil sudah menginjak 7-9 bulan. Mama siap mengajak si kecil bermain dengan berbagai permainan di atas?

 Foto: shutterstock

<RGW>

 

 

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.