Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Health | Apr 11, 2017

9 Makanan Sehat Untuk Mencegah Kanker Serviks

Bagikan


 

Kanker serviks (leher rahim) adalah salah satu jenis kanker yang saat ini menduduki posisi kedua kanker paling umum di dunia. Sepanjang tahun 2016 lalu, American Cancer Society, memperkirakan ada sekitar 12.990 kasus baru kanker serviks invasif. Angka penderita penyakit yang banyak diderita wanita usia 36-55 tahun ini sendiri di Indonesia cukup tinggi. “Lebih dari 26 wanita meninggal setiap harinya, sehingga dalam kurun waktu tiga tahun sekitar 42 ribu wanita meninggal. Hitungannya, dari 1000 orang, ada satu wanita yang terkena kanker serviks,” kata Ketua Umum Indonesian Working Group on HPV, Prof. DR. dr. Andrijono SpOG (K).

 

Sampai saat ini sulit ditemukan penderita kanker leher rahim pada awal gejala, karena 70% kasus penderita kanker serviks ditemukan pada stadium lanjut. Melakukan pencegahan dini merupakan cara yang tepat untuk menghindari penyakit mematikan ini. Selain melakukan pap smear secara rutin serta melakukan vaksinasi HPV, Mama juga harus menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat yang bisa membantu mencegah kanker tersebut, seperti:

 

1. Kubis atau kol
 

Kubis atau kol mengandung fitonutrien dan vitamin A, C, dan K, lupeol, sinigrin, DIM, I3C, sulforaphae untuk menghambat perkembangan sel kanker, termasuk kanker serviks. Kubis memiliki gizi tinggi bila dimakan mentah.

2. Brokoli dan kembang kol
 

Vitamin B yang terkandung di dalam brokoli dan kembang kol mampu membantu mencegah kanker serviks. Di dalam dua jenis sayuran inipun terdapat kandungan folat yang mampu menurunkan pertumbuhan sel kanker serviks. Tak hanya itu, brokoli dan kembang kol juga mengandung glucoraphanin indole-3-carbinol, senyawa antioksidan yang merupakan senyawa antikanker.

3. Alpukat
 

Konsumsi alpukat sangat disarankan untuk mencegah kanker serviks karena buah ini mengandung banyak zat gizi penting. Alpukat mampu melawan radikal bebas karena kandungan glutathione, juga melindungi dari kanker karena kandungan asam oleat.

4. Raspberry, blueberry, blackberry
 

Kandungan antioksidan pada buah-buahan berry ternyata mampu membantu mencegah dan menghambat perkembangan sel kanker.

5. Wortel
 

Menurut penelitian, wortel mampu memperkuat imunitas tubuh dan melindungi dari serangan virus, termasuk virus penyebab kanker serviks. Selain itu, wortel juga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

6. Teh hijau
 

Teh hijau dapat membantu Mama melawan zat antikanker karena kandungan polyphenol dan flavonoid yang dipercaya mampu membuat pasif sel kanker dan membangun imunitas. Banyak olahan teh hijau dalam bentuk makanan dan minuman yang bisa Mama konsumsi.

7. Cokelat
 

Kakao atau cokelat mengandung vitamin A, B, C, D, dan E serta antioksidan dan flavonoid yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker.

8. Tomat
 

Lycopene dan carotenoid pigment yang terkandung dalam tomat mampu mengurangi risiko kanker, termasuk kanker leher rahim atau kanker serviks.

9. Minyak zaitun
 

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Molecular dan Cellular Oncology, dijelaskan bahwa minyak zaitun mengandung zat oleocanthal. Zat ini bekerja dengan cara memecah inti sel lisosom dan mengeluarkan protein yang bisa mematikan sel kanker.

 

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati kan, Ma. Apakah Mama ada yang punya pengalaman seputar kanker serviks? Yuk, berbagi pengalaman di halaman komentar di bawah.

 

<ARK>

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.