Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Bermain dan Belajar | Aug 11, 2017

Ajarkan Nilai Kerja Sama pada Si Kecil dengan 4 Aktivitas Sederhana Ini

Bagikan


Meskipun usianya masih belia, balita juga sudah mengerti konsep teamwork atau kerja sama, lho, Ma. Dalam masa perkembangannya yang sangat pesat, kemampuan sosial ini menjadi salah satu hal yang harus diperkuat demi kelancaran hidupnya saat tumbuh besar nanti.

Bila nilai kerja sama diajarkan dan diperkuat sejak dini, nantinya ia akan tumbuh menjadi orang yang supel, mampu berempati, serta bisa berpikir kritis. Orami Magazine sudah merangkum beberapa aktivitas yang bisa Mama coba untuk mengajarkan nilai kerja sama pada balita kesayangan, seperti berikut ini:

  1. Bermain Labirin Besar

Foto: blogspot.com

Untuk bermain maze atau labirin, diperlukan intuisi dan imajinasi yang kuat agar seseorang bisa keluar dengan cepat. Namun bagi balita, labirin sederhana sekalipun bisa menjadi tantangan yang cukup berat baginya, sehingga otaknya akan terlatih bekerja dengan keras untuk berusaha mencari jalan keluar.

Mama bisa membentuk jalan labirin sederhana dengan bantuan kardus di halaman rumah, atau cukup menggambar sebuah labirin besar di karton, lalu ajak si kecil bermain bersama temannya. Mereka akan saling bertukar pikiran untuk mencari rute yang harus diambil untuk keluar dari labirin ini. Supaya mereka bermain lebih semangat, Mama boleh, kok, menjanjikan hadiah jika mereka berhasil menyelesaikan labirin.

  1. Bermain Papan dan Bola

Foto: frugalfun4boys.com

Salah satu permainan kerja sama sederhana yang bisa Mama buat di rumah adalah permainan papan dan bola. Seperti yang bisa dilihat pada gambar, Mama cukup menyiapkan kardus untuk dibuat seperti jalur menanjak dengan penampung di ujungnya. Jangan lupa siapkan juga dua bola berwarna, ya.

Cara bermainnya sangat mudah. Bagi si kecil dan temannya menjadi dua kelompok menurut warna bola. Grup satu harus memasukan bola ke penampung satu, begitu juga dengan grup lainnya. Secara bergantian, si kecil bisa bekerja sama dengan teman grupnya dengan memberikan arahan untuk memasukkan bola terbanyak ke dalam penampung.

  1. Bermain Parasut

Foto: orientaltrading.com

Permainan parasut ini adalah salah satu jenis aktivitas yang bertujuan mengasah kerjasama. Ada bermacam cara memainkannya. Ada yang menggunakan bola plastik, dikombinasikan dengan petak umpet dan lain-lain. Namun yang pasti, permainan akan semakin ramai bila semakin banyak anak yang berpartisipasi.

Untuk melakukan permainan ini, siapkan saja kain berwarna dengan ukuran cukup besar dan ruangan yang cukup luas. Minta setiap anak untuk memegang ujung kain, lemparkan sebuah benda ringan ke tengah kain, lalu minta setiap anak menarik kain secara bersamaan agar benda tadi terlempar ke udara.

  1. Menggambar Mural Bersama

Foto: brainspores.com

Seperti yang Mama tahu, kegiatan melukis bagi balita itu banyak sekali manfaatnya. Selain meningkatkan imajinasi dan mengasah kreativitasnya, balita juga bisa leluasa  mengekspresikan emosinya dalam berbagai bentuk. Nah, kalau begitu, kenapa Mama tidak ajak si kecil dan teman-temannya untuk melukis sebuah mural bersama?

Mama bisa membuatkan pola gambar, seperti dinosaurus atau bus yang dibagi menjadi beberapa bagian, lalu minta balita untuk saling menentukan siapa yang harus mewarnai bagian tertentu. Bila salah satu teman sudah selesai dengan bagiannya, ia harus segera membantu teman lainnya.

Belajar sambil bermain memang cara yang paling efektif dan menyenangkan untuk menanamkan nilai kerja sama pada diri balita. Apa Mama punya ide aktivitas balita lain yang melibatkan teamwork? Silakan berbagi, ya, Ma.

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.