Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kesehatan Balita | Dec 6, 2016

Anak Usia 1 Tahun Belum Bisa Jalan, Wajarkah?

Bagikan


Anak usia 1 tahun namun belum bisa jalan mungkin membuat Anda sebagai orang tuanya merasa gundah. Andapun langsung mencari tahu cara melatih bayi berjalan. Namun, sebaiknya ketahui dulu tiga fakta tentang bayi belajar jalan ini, Ma, agar Anda menjadi lebih tenang:

 

Merangkak, lalu berjalan

Fakta: Sebagian besar anak memang sudah bisa merangkak selama paling tidak tiga bulan sebelum berjalan. Namun, nyatanya, tidak semua anak mengikuti tahap perkembangan yang lazim tersebut. Menurut Laura Levine, PhD, psikolog tumbuh kembang dan penulis Child Development: An Active Learning Approach, studi menunjukkan bahwa anak-anak yang bisa merangkak lebih dini memiliki sedikit kecenderungan berjalan lebih cepat. Lebih lamban merangkak dan berjalan juga mungkin terkait dengan terlalu lama meletakkan bayi tidur terlentang. Di satu sisi, hal ini memang disarankan karena bisa mencegah terjadinya kematian bayi mendadak (SIDS). Namun di sisi lain, kesempatan si kecil untuk tengkurap dan memfungsikan leher dan otot tubuh yang mendukung gerakan merangkak menjadi berkurang.

Kiat: Berikan si kecil sesuatu untuk memancingnya merangkak. Biarkan dia menjelajah lantai dan letakkan beberapa mainan untuk dijangkaunya. Namun. pergilah ke dokter jika si kecil lebih suka menggunakan salah satu tangannya, hanya berguling ke satu arah, atau selalu menggunakan kaki yang sama untuk bergerak.

 

Terlambat berjalan

Fakta: Anda cemas karena sepertinya semua bayi seusianya sudah belajar jalan kecuali si kecil? Sekali lagi, tenangkan dulu diri Anda. Berjalan adalah tugas rumit yang membutuhkan otot kuat, perkembangan saluran saraf, dan keseimbangan dinamis. Jadi, jika anak lamban berjalan, bukan berarti koordinasinya kurang atau dia tidak sepintar teman-teman seusianya, Ma. Sekitar 50% bayi akan belajar jalan di usia 1 tahun dan 90 persen saat bayi berusia 15 bulan.

Kiat: Jika si kecil kurang percaya diri, biarkan bayi melatih kemampuannya dengan mainan untuk belajar berjalan. Misalnya, dengan kereta belanja ukuran anak, atau mainan yang bisa didorongnya sambil berjalan pelan-pelan. American Academy of Pediatrics menyarankan untuk tidak menggunakan baby walker, karena bisa berisiko menyebabkan anak terjatuh dari tangga dan bahkan bisa menunda kemampuan berjalan.

 

Gaya berjalannya aneh

Fakta: Saat memerhatikan si kecil berusaha berjalan sambil terhuyung-huyung menggemaskan, mungkin Anda merasa gaya berjalan ’amatir’ ini lucu. Namun, pastikan gaya berjalan terhuyung-huyung dengan kaki yang sedikit menekuk ini sudah tidak ada lagi di usia tiga tahun. Dr. Ari Brown, penulis Toddler 411 juga menyarankan untuk memerhatikan jika si kecil terus menerus berjalan jinjit. Menurutnya, ada anak-anak yang berjalan dengan mencengkeram dengan jari kaki mereka. Ini karena mereka memiliki tendon Achilles yang pendek, yang membuatnya susah menjejakkan kaki.

Kiat: Jika anak tampak tidak bisa menikmati saat-saat berjalan atau kesulitan menjejakkan kakinya dengan kokoh di tanah, periksakan ke dokter anak. Walaupun berjalan jinjit dikaitkan dengan beberapa masalah tumbuh kembang, termasuk autisme, kebanyakan dari mereka bukanlah penyandang autisme karena ini mungkin salah satu fase yang akan dialami anak.

 

Jadi, jangan langsung cemas jika anak usia 1 tahun atau bayi 15 bulan belum bisa jalan, ya, Ma. Sebab, setiap anak melewati fase perkembangan dengan berbeda-beda.

Apakah si kecil juga belum bisa berjalan sampai sekarang? Share, yuk, Ma.

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.