Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Childcare | Apr 18, 2017

Apa Bedanya Pram dan Baby Stroller?

Bagikan


 

Apakah Mama sedang bingung membedakan pram dengan baby stroller? Pada dasarnya kedua perlengkapan ini sama-sama bermanfaat bagi Mama dalam mengasuh si kecil. Tidak sedikit juga yang menganggap bahwa keduanya sama.

Padahal keduanya memiliki beberapa perbedaan, salah satunya dipengaruhi oleh gaya hidup penggunanya. Untuk mengetahui lebih lanjut mari gali informasi mengenai perbedaan kedua perlengkapan tersebut dalam pembahasan ini.

   

Mengenal Pram

 

Dikenal juga dengan sebutan kereta dorong bayi, ditemukan pada tahun 1733 oleh William Kent. Saat itu William Kent sengaja merancangnya untuk Duke of Devonshire. Tujuan diciptakannya lebih untuk membantu anak bepergian secara mudah.

Cukup duduk di atas keretanya, anjing, kambing atau hewan peliharaan kecil lainnya akan menarik kereta dorong yang diduduki oleh sang anak. Kemudian alat ini semakin populer di kalangan bangsawan, bahkan dijadikan sebagai salah satu simbol status bagi orang yang membelinya.

Seiring waktu berbagai inovasi terus dilakukan. Pada abad ke-19 kereta dorong sudah didesain dengan interior, memungkinkan seseorang mendorongnya saat sedang berjalan.

Sekitar tahun 1930-an fitur keselamatan juga mulai ditambahkan, seperti roda yang berukuran lebih kecil dan dilengkapi footbrakes. Termasuk juga desain kerangka logam yang juga ikut melengkapi kereta dorong bayi yang sudah dikembangkan tersebut. Tujuannya tidak lain adalah agar menjadi lebih awet.

    

Mengenal Baby Stroller

   

Stroller juga dikenal dengan sebutan pushchair. Alat yang satu ini mulai marak digunakan pada sekitar tahun 1920-an. Salah satu inovasi besar pada stroller terjadi pada tahun 1960-an dengan adanya penambahan penutup pada bagian atasnya.

Namun kemudian kerangka dari stroller itu sendiri juga mengalami perubahan. Dimana stroller kemudian didesain dengan mengandalkan alumunium sehingga menjadi lebih ringan. Inovasi kemudian berlanjut dengan munculnya jenis stroller yang dapat dilipat sehingga terkesan lebih praktis. Tidak heran jika hingga saat stroller lantas menjadi pilihan favorit bagi para ibu.

    

Perbedaan Pram dan Baby Stroller

1. Posisi pendorong

Beda pram dan baby stroller yang paling utama adalah dimana stroller mengadap ke orang yang mendorongnya serta dilengkapi tudung yang melindungi bayi dari panas, hujan dan angin. Baby stroller didesain dengan posisi bayi berjauhan dengan orang yang mendorongnya.

2. Usia bayi

Pram umumnya ditujukan bagi bayi yang usianya masih sangat muda serta masih belum bisa duduk sendiri. Bentuknya secara umum menyerupai keranjang yang tidak memungkinkan bayi untuk duduk tegak. Adapun baby stroller lebih ditujukan bagi balita yang sudah bisa duduk sendiri dan tidak menyediakan cukup ruang untuk merebahkan tubuh bayi.

3. Berat bayi

Keduanya juga memiliki perbedaan berat, karena pram ditujukan untuk bayi baru lahir hingga berusia sekitar 6 bulan. Adapun untuk stroller mampu menahan berat badan bayi dengan usia lebih dari 6 bulan. Meskipun tetap ada batasan kapasitas untuk usia-usia tertentu, sehingga baby stroller juga memiliki ragam jenis yang cukup banyak sesuai dengan kapasitas menahan berat badan bayi dengan usia berbeda tersebut.

 

Bagaimana pun, perbedaan antara pram dan baby stroller memang bukan hanya terletak pada desain, fungsi maupun kapasitas. Oleh karena itu, pertimbangkan secara matang untuk memilih yang paling tepat bagi si kecil.

Diskusikan dengan pihak-pihak yang sudah berpengalaman untuk mendapatkan pilihan terbaik. Seperti salah satunya pertimbangan memilih baby stroller/pram sesuai usia bayi.

   

Nah, sekarang Mama sudah mampu membedakan baby stroller dan pram dengan beberapa hal penting yang disampaikan di atas?

 

(RGW)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.