Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Bermain dan Belajar | Dec 21, 2016

Apa Itu Playdate?

Bagikan


Bersosialisasi merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki anak seiring pertumbuhannya. Untuk membekalinya dengan keterampilan sosial tersebut, Mama bisa melatih jiwa sosial anak sejak dini. Caranya adalah dengan merencanakan sebuah playdate. Namun, apa itu playdate?

Playdate adalah acara bermain bersama yang dihadiri oleh dua anak atau lebih. Istilah ini pertama kali dikenal dalam masyarakat di Amerika Serikat. Acara bermain bersama ini sudah diatur terlebih dahulu oleh orangtua anak-anak yang ikut. Anak-anak yang ikut akan belajar untuk berbaur dan berinteraksi bersama.

Mama ingin tahu lebih lanjut soal playdate? Yuk, simak informasi lengkap berikut ini.

Umur berapa anak bisa diajak ikut playdate?

Anak usia berapapun sebenarnya sudah bisa ikut playdate. Mulai dari bayi, anak di bawah lima tahun (balita), hingga anak berusia sepuluh tahun boleh ikut playdate. Ini karena sejak lahir bayi sudah memiliki kepekaan sosial, meskipun masih sangat terbatas. Yang penting adalah peserta playdate tersebut berada dalam rentang usia yang sama. Dengan begitu, anak-anak jadi lebih mudah akrab. Selain itu, perkembangan mental dan fisik mereka juga kurang lebih sama sehingga tak ada anak yang merasa terkucilkan.

Siapa saja yang sebaiknya diundang?

Jika Mama ingin mengadakan acara bermain bersama, sebaiknya ajak anak-anak yang seusia buah hati Mama. Kalau si buah hati berusia tujuh tahun, undanglah anak-anak yang berusia sekitar enam hingga delapan tahun. Perhatikan juga apabila si buah hati cenderung pemalu. Sebaiknya jangan langsung mengundang banyak anak sekaligus, melainkan satu atau dua anak lain dulu. Mama boleh mengajak teman sekolah si buah hati atau anak-anak kenalan Mama sendiri, misalnya dari arisan atau teman kuliah Mama dulu.

Perlukah Mama menemani playdate?

Bila anak-anak yang ikut playdate usianya sudah cukup besar untuk ditinggal sendiri, Mama bisa mengawasi saja dari jauh. Ini supaya mereka merasa lebih leluasa untuk saling mengobrol dan berinteraksi. Namun, pastikan bahwa anak-anak tahu bahwa Mama ada di dekat mereka jika dibutuhkan. Biasanya anak-anak berusia delapan tahun ke bawah masih membutuhkan bantuan orang dewasa di sekitarnya, misalnya untuk menunjukkan arah ke kamar mandi atau menggunting pola yang cukup rumit.

Aktivitas playdate yang seru

Tak seperti orang dewasa, anak-anak membutuhkan kegiatan tertentu saat berinteraksi bersama. Mereka tidak bisa hanya duduk manis dan mengobrol saja. Maka, Mama perlu merencanakan aktivitas yang menarik dan bisa dilakukan bersama-sama. Sesuaikan kegiatan yang dipilih dengan usia dan jumlah anak yang ikut playdate.

Misalnya anak laki-laki berusia sepuluh tahun pasti lebih tertarik bermain video games sementara anak perempuan mungkin lebih senang merangkai manik-manik menjadi kalung atau gelang cantik. Mama juga bisa menyiapkan berbagai kegiatan seru seperti memasak kue, belajar menanam tanaman, bermain bola, bersepeda, atau membuat prakarya.

Playdate di rumah atau di luar?

Acara bermain bersama memang tak harus diadakan di rumah. Mama dan orangtua lain bisa membawa anak-anak untuk bermain bersama di kolam renang, taman kota, atau berbagai tempat wisata yang disukai anak-anak. Namun, hindari mal atau restoran karena anak-anak akan cepat bosan. Playdate di luar memang lebih praktis karena nanti Mama tidak perlu repot-repot membereskan rumah, tetapi Mama dan orangtua lainnya harus meluangkan waktu untuk mengantar dan menjaga anak selama beraktivitas.

 

(IA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.