Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kesehatan Anak | Mar 20, 2016

Art Therapy yang Mencerdaskan

Bagikan


Secara alami, anak-anak sesungguhnya menyukai seni sejak lahir. Lihat bayi-bayi yang senang sekali melihat benda berwarna-warni yang bergerak, anak satu tahun yang sangat suka mencorat-coret kertas, dinding, sofa, bahkan taplak meja, dengan pensil, crayon, dan spidol, juga si kecil yang begitu mudahnya menggoyangkan tubuh atau kepala ketika mendengar musik atau lagu. Seni ternyata bukan soal berbakat atau tidak berbakat. Memang ada anak yang diberi kelebihan berupa bakat seni, tapi anak yang tak berbakat seni pun bisa mendapat manfaat positifnya, lho. Inilah yang disebut sebagai art therapy, bahwa seni tak hanya memberi manfaat bagi tumbuh kembang anak, tapi juga bisa membantu beberapa masalah yang kerap dialami pada anak.

 

Seni membuat anak jadi kreatif

Kreatif di sini artinya anak akan selalu punya cara untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupannya sehari-hari. Saat diminta membuat lukisan pemandangan, misalnya, anak akan melukis pemandangan menurut persepsinya masing-masing. Ada yang menggambar pemandangan kota dengan gedung-gedung tingginya, atau ada pula anak yang memilih melukis pantai, laut, dan nelayan dengan kapalnya. Tak adanya patokan baku dalam mengerjakan seni, membuat anak pada akhirnya akan mampu menemukan jalan atau solusi ketika ia menemukan masalah dalam kehidupannya.

 

Belajar seni menjadikan anak lebih percaya diri

Melakukan seni, seperti membuat lukisan, prakarya, atau menari, akan membangun kebanggaan anak terhadap diri sendiri. Ketika anak melukis, misalnya, ia akan menghabiskan waktunya selama berjam-jam, melibatkan seluruh hati dan jiwanya, berusaha mengolah, dan membuat hasil karyanya menjadi indah. Ketika selesai, ia akan merasa puas dan bangga karena telah berhasil menciptakan sesuatu. Apalagi jika ditambah dengan apresiasi orang tua dan lingkungannya, kepercayaan diri anak pun akan semakin besar.

 

Anak yang terbiasa melakukan aktivitas seni, kemampuan motoriknya lebih cepat berkembang

Menggambar, menulis, mewarnai, menganyam, bahkan menggunting, memerlukan koordinasi gerak motorik halus yang baik. Anak yang sejak dini dibiasakan melakukan kegiatan-kegiatan di atas, ia akan lebih cepat mahir dibandingkan teman sebayanya yang jarang atau tidak dilatih.

 

Seni membantu anak untuk tetap fokus

Pada anak-anak berkebutuhan khusus, seperti ADHD (attention deficit hyperactivity disorder), yang sulit untuk fokus pada satu hal dalam waktu lama, proses membuat karya seni bisa membantu mereka lebih tenang dan fokus saat melakukan sesuatu. Aktivitas seperti menggambar, menempel, dsb, akan membuat anak tetap konsentrasi pada hal yang dilakukannya meski banyak aktivitas lain yang terjadi di sekelilingnya. Kemampuan untuk berkonsentrasi atau fokus ini kelak berguna bagi anak ketika harus menyelesaikan soal matematika atau pelajaran lainnya yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

 

Seni sebagai sarana komunikasi non verbal

Tak seperti orang dewasa yang sudah mahir mengungkapkan emosinya, anak-anak belum memiliki kemampuan yang cukup untuk berkomunikasi. Akibatnya, anak sulit mengungkapkan saat dia marah, sedih, lapar, atau haus. Reaksinya bisa jadi hanya satu: menangis. Dan sebagai orang tua, kadang tidak mengerti apa sebenarnya yang dirasakan oleh anak saat itu. Jika anak terbiasa berkreasi dengan seni, ia bisa meluapkan semua perasaannya yang tak bisa ia ucapkan dalam wujud karya seni, entah gambar, lagu, atau tari. Anak yang menggambar dengan matahari dengan warna-warna gelap seperti hitam atau abu-abu, misalnya, bisa jadi menandakan bahwa ia sedang marah.

(VAN)

Sumber foto: ourhealingcolors

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.