DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Balita | May 12, 2017

Balita Susah Tidur? Ini Cara Efektif Agar Anak Tidur Nyenyak

Bagikan


Balita susah tidur, menangis saat tengah malam, atau sering terbangun tak hanya membuat orang tua lelah, tapi juga khawatir. Jika balita sering mengalami gangguan tidur seperti ini, perkembangannya dapat terganggu. Namun, Mama tak perlu langsung panik jika anak susah tidur. Coba beberapa cara ini agar anak cepat tidur nyenyak, sebelum berkonsultasi ke dokter:

  1. Tempat Tidur yang Nyaman

Salah satu penyebab susah tidur pada anak bisa disebabkan karena tempat tidur yang tidak nyaman. Bisa karena kasur yang kurang empuk, kain seprai yang panas, atau adanya hewan-hewan kecil di kasur yang menyebabkan gatal-gatal hingga akhirnya balita susah tidur. Selain itu, ukuran dan posisi kasur sangat berpengaruh pada kualitas tidur anak. Jadi, berikan kasur yang sesuai dengan ukuran tubuh anak dengan posisi yang tidak terlalu tinggi. Kasus yang terlalu besar cenderung membuat anak menjadi merasa tidak nyaman. Selain itu, gunakan kain seprai lembut dan dingin sehingga anak merasa nyaman saat tidur. Jika ada hewan pengganggu, segera singkirkan dengan membersihkan kasur. Singkirkan pula mainan atau barang pengganggu lainnya karena dapat mengganggu usahanya untuk tertidur serta meningkatkan risiko cedera.

  1. Matikan Lampu

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ruangan yang gelap atau redup mampu meningkatkan produksi hormon tidur. Kondisi inilah yang membuat anak lebih cepat tertidur dan meningkatkan kualitas tidur si kecil. Jika anak tidak bisa tidur di ruangan gelap, Mama dapat meletakkan lampu tidur yang tidak terlalu terang sehingga dia merasa nyaman.

  1. Camilan Sebelum Tidur

Mengonsumsi camilan yang tepat sebelum tidur ternyata bermanfaat agar anak bisa tidur cepat. Beberapa camilan yang bisa dikonsumsi adalah sereal, susu hangat, roti selai kacang, telur, yogurt, pisang, atau keju.

  1. Dongeng Sebelum Tidur

Membacakan dongeng sebelum tidur ternyata mampu membuat anak lebih cepat tidur, rileks, dan tenang sehingga tidurnya menjadi berkualitas. Selain itu, kebiasaan ini juga menambah ikatan erat antara Mama dan balita.

 

Jika anak balita Anda susah tidur, cara apa yang Mama lakukan agar ia cepat tidur nyenyak?

(PIA)

Bagikan

Artikel Terkait