DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Balita | Jul 19, 2017

Balita Terlalu Sering Berkutat Dengan Gadget? Batasi Waktunya Dengan 5 Cara Ini!

Bagikan


Foto: Shutterstock

Sekarang ini, melihat anak bermain gadget bukan lagi pemandangan asing. Sebagai orang tua, Mama juga mungkin pernah memberikan gadget untuk menenangkan si kecil saat sedang menangis atau sulit tidur. Berbeda sekali dengan zaman Mama kecil dulu, ya, di mana waktu luang lebih banyak dihabiskan dengan berlari dan bermain sampai kelelahan.

Sebenarnya, efek gadget pada anak bisa cukup merugikan bila tidak dibatasi waktunya. Mulai dari meningkatnya risiko obesitas, kurang bertenaga, sulit berkonsentrasi, sampai timbulnya sifat agresif. Karena itulah, Mama perlu membatasi waktu anak bermain gadget.

  1. Buat Jadwal Penggunaan Gadget

Foto: yourlittleprofessor.com

Perlu Mama ketahui, balita bisa kecanduan gadget bila tak dikontrol penggunaannya. Untuk mengatasinya, Mama perlu membuat jadwal penggunaan gadget yang menunjukkan kapan, di mana, dan berapa lama si kecil dapat menggunakan gadget.

Mama perlu tekankan bahwa hanya pada waktu inilah ia boleh menggunakan gadget, tidak lebih dan tidak kurang. Dengan membuat jadwal ini, si kecil akan belajar disiplin diri dalam menggunakan gadget.

Baca juga: Agar Tak Terkena Dampak Negatif, Terapkan Aturan Main Game untuk Anak

  1. Buat Ruang Khusus

Foto: popsugar-assets.com

Selain membuat jadwal khusus, Mama juga bisa membuat ruang khusus yang bisa digunakan si kecil jika ingin menggunakan gadget. Membuat ruangan khusus untuk memakai gadget ini lumayan banyak manfaatnya, dan salah satunya adalah Mama bisa mengawasi langsung saat si kecil sedang ber-gadget ria.

Di ruangan khusus ini, Mama bisa membuat peraturan yang harus diikuti oleh si kecil. Seperti batas waktu menggunakan gadget hingga konten atau aplikasi yang boleh dibuka.

  1. Bermain Bersama Si Kecil

Foto: commoncentsmom.com

Banyak balita yang tenggelam dengan gadget karena orang tuanya terlalu sibuk dan tidak bisa bermain bersama si kecil. Banyak juga orang tua yang memberikan gadget pada si kecil agar bisa tetap diam dan tidak berisik, padahal tahu kalau hal itu hanya akan membuat anak kecanduan gadget. Apa Mama juga melakukan hal tersebut?

Sesibuk apapun aktivitas Mama, selalu luangkan waktu untuk menemani si kecil bermain. Tak perlu keluar rumah atau pergi jauh, bernyanyi, menggambar, atau bermain bola juga cukup menyenangkan untuk dilakukan oleh Mama dan balita kesayangan.

  1. Alihkan Ke Aktivitas Lain

Foto: astrugglingreader.files.wordpress.com

Mama pasti sudah tahu bagaimana balita gampang teralihkan perhatiannya. Untuk membatasi waktu anak bermain gadget, alihkan perhatiannya dengan mengajak melakukan aktivitas lain yang tak kalah seru.

Ajak dia bermain di taman, membaca buku, atau sekedar berjalan di sekitar rumah. Dorong si kecil untuk bercerita dengan memberikan banyak pertanyaan, dan biarkan ia berbicara dengan bebas. Selain mencegah anak kecanduan gadget, Mama juga bisa menghabiskan waktu berkualitas untuk menjalin ikatan yang lebih erat antara ibu dan anak.

Baca juga: 7 Pilihan Game Indoor yang Bisa Dimainkan Anak Zaman Sekarang

  1. Berikan Contoh Nyata

Foto: pinimg.com

Tips yang terakhir tapi tak kalah penting, tentu saja dengan memberikan contoh nyata untuk si kecil. Karena itulah, penting sekali untuk mulai berikan contoh bahwa Mamapun tidak kecanduan gadget dan dapat mengatur waktu penggunaannya. Lepaskan gadget saat Mama sedang bersama si kecil, agar ia tahu perhatian Mama fokus dan tidak terbagi.

Gadget pada anak sebenarnya bisa membantu tumbuh kembang, namun tetap harus diawasi penggunaannya agar tak berdampak buruk di kemudian hari. Apa Mama punya tips dan trik sendiri dalam mengatasi kecanduan gadget pada anak?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait