Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




ASI & MPASI | Feb 20, 2017

Begini Cara Menambah Berat Badan Bayi

Bagikan


  

 

Menambah berat badan bayi ke angka ideal saat usianya masih di bawah 1 tahun memang cukup sulit untuk dilakukan. Untuk memastikan makanan apa yang baik diberikan kepada si kecil untuk bisa membantu menambah berat badan ideal bayi sesuai usianya. lebih baik Mama terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter bayi.

  

Adapun sebagai panduan cara menambah berat badan bayi bisa Mama temukan dalam pembahasan singkat di bawah ini.

Bayi Baru Lahir (1-4 minggu) 

Jangan khawatir jika berat badan bayi menyusut beberapa ons dari kelahirannya pada usia 1-4 minggu. Hal tersebut merupakan hal yang wajar.

Biasanya berat badan ideal bayi akan kembali lagi setelah usianya 10-12 hari. Namun, untuk memastikan pada usia tersebut berat badan bayi Mama kembali ke angka normal pastikan selalu memberi asupan ASI eksklusif.

  

Bayi 1 Bulan

Mulai dari 1 – 6 bulan, bayi kemungkinan akan mengalami pertumbuhan 1 inci per bulan dan berat badannya juga bertambah sekitar 5-7 ons per minggu. Namun, hal tersebut akan terjadi hanya jika si kecil mendapatkan asupan ASI yang baik.

Bayi dengan usia 1 bulan masih membutuhkan ASI eksklusif, hanya saja frekuensi pemberian ASI akan lebih sering yakni sekitar 8 hingga 12 kali sehari (sekitar 2-3 jam sekali).

  

Bayi 2 Bulan

Berat badan bayi normalnya terus bertambah setiap minggunya. Dalam beberapa kasus, penyebab berat badan si kecil yang tidak juga bertambah, kemungkinan karena ia tidak menyusu secara benar atau jumlah ASI Mama masih belum mencukupi untuk si kecil.

Bayi usia 2 bulan juga masih membutuhkan ASI eksklusif, sehingga jangan pernah memberikan makanan padat sebelum usianya, paling tidak 4 bulan atau sangat direkomendasikan setelah usianya genap 6 bulan. MPASI yang diberikan sebelum 6 bulan menyebabkan gangguan pencernaan.

  

Bayi 3 Bulan

Di usia ini, bayi seharusnya mulai memiliki berat badan yang stabil dan bertambah 6 ons per minggu atau sekurang-kurangnya 4 ons per minggu. Di usianya yang ke-3 bulan ini, bayi membutuhkan asupan ASI dengan frekuensi 8 kali sehari. Si kecil juga mungkin akan terbangun di malam hari untuk menyusu, meskipun tidak begitu sering.

 

Bayi 3-4 Bulan

Menjelang usia 3-4 bulan, bayi akan mulai menunjukkan tanda-tanda siap menerima makanan padat atau MPASI.

Meskipun bayi sudah menunjukkan tanda-tanda tersebut, Mama tidak boleh memaksanya makan MPASI jika memang bayi masih belum mau. Mama hanya perlu tetap memberinya ASI yang cukup dan menunda untuk memberikan makanan padat, kecuali jika memang bayi terlihat tidak puas dengan hanya mendapatkan ASI.

 

Bayi 5 Bulan

Cara menambah berat badan bayi secara normal di usia 5 bulan tidak lain dengan tetap memberikan ASI maupun susu formula. Jika si kecil justru terlihat kurus, Mama bisa mencoba untuk memberikan MPASI. Namun, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu tindakan tersebut dengan dokter anak.

 

Bayi 6 Bulan

Berusia 6 bulan berarti bayi benar-benar sudah siap untuk menerima MPASI. Selain itu, berat badannya bertambah sekitar 3-5 ons setiap minggunya.

Tidak hanya minum ASI, bayi usia 6 bulan juga sudah makan makanan padat. Hal ini perlu sangat diperhatikan oleh Mama. Terlebih memperkenalkan MPASI pertama bagi si kecil. Jika memang si kecil menunjukkan gejala alergi atau diare, hentikan pemberian MPASI tersebut dan konsultasikan dengan dokter.

   

Apakah Mama sudah mengerti bagaimana cara menambah berat badan bayi secara normal?

 

(RGW)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.