Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kesehatan Bayi | Mar 2, 2017

Begini Cara Merawat Bayi Kembar Baru Lahir

Bagikan


     

Memilki bayi kembar tentu sebuah anugerah yang patut untuk disyukuri. Terlebih tidak semua wanita di dunia ini mendapatkan kesempatan untuk melahirkan bayi kembar. Kelahiran si kembar sebagai hadiah terindah bagi keluarga, khususnya Mama. Kebahagiaan berharga ini pula yang membuat Mama harus memahami benar cara merawat bayi baru lahir kembar.

   

Bagaimana Cara Tepat Merawat Bayi Kembar?

Perhatian umumnya menjadi perhatian penting bagi sang anak. Kebanyakan ibu baru merasakan begitu kesulitan merawat seorang bayi baru lahir, tidak heran jika tekanan tersebut juga menjadi berkali-kali lipat setelah mengetahui bahwa Mama melahirkan bayi kembar.

Seringkali kondisi ketakutan Mama dalam merawat si kecil yang kembar semakin diperparah oleh reaksi yang ditunjukkan oleh rekan maupun keluarga. Namun penting untuk Mama ingat bahwa semua ibu baru membutuhkan dukungan, mulai dari pelatihan, bantuan bahkan sampai dukungan secara emosional.

Merawat bayi yang terlahir kembar, berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi meningkat dua kali lipat. Mama akan sangat membutuhkan lebih banyak dukungan. Jangan sampai hanya karena Mama stres sampai menyalahkan diri sendiri atau suami selama merawat si kecil.

Setelah melahirkan, Mama bisa mulai mempersiapkan berbagai macam hal yang akan dibutuhkan oleh si kembar, diskusikan hal tersebut dengan suami secara detail. Mama bahkan bisa mulai mempertimbangkan untuk mempekerjakan nanny agar bisa mengasuh si kembar atau cukup dengan Mama merekrut pembantu yang mengerjakan pekerjaan rumah sementara Mama mengasuh si kembar.

Setidaknya selama tiga bulan pertama usia si kembar, Mama harus benar-benar fokus memperhatikan mereka. Ini akan membuat Mama tidak memiliki cukup waktu untuk mengerjakan kegiatan lainnya, termasuk pekerjaan rumah. Keluarga yang bisa Mama mintai bantuan adalah dukungan yang akan sangat  Mama butuhkan selama kurun waktu tersebut. Cobalah untuk membicarakan kondisi tersebut secara baik-baik dengan keluarga jika Mama berencana untuk tidak mempekerjakan pembantu atau nanny.

     

Apakah Saya Bisa Memenuhi Kebutuhan ASI Si Kembar?

Yakinlah bahwa Mama bisa memberikan ASI yang mencukupi untuk si kembar. Meskipun memang terkadang ibu baru juga ada yang berhadapan dengan masalah jumlah ASI terlalu sedikit meskipun hanya untuk menyusui satu bayi.

Menyusui kembar sebenarnya bukan pekerjaan yang sulit bagi Mama, karena secara alami jumlah produksi ASI juga akan meningkat. Hanya saja Mama perlu menemukan metode yang paling tepat untuk menyusui kembar dalam waktu bersasmaan. Memang akan dibutuhkan latihan dan pastinya kesabaran Mama untuk melakukannya.

Mama perlu mencari posisi yang paling nyaman untuk menyusui. Salah satu teknik yang bisa Mama gunakan saat menyusui bayi kembar adalah dengan mengganjal tubuh mereka menggunakan bantal. Kemudian tempatkanlah kepala si kembar di tangan Mama untuk mengganjal mereka selama menyusu.

Bantuan nanny atau perawat bayi yang Mama sewa di rumah juga akan sangat membantu dalam kondisi tersebut. Dengan begitu Mama menjadi lebih mudah memastikan bahwa si kembar memiliki jam makan dan jadwal tidur siang yang sama. Selain itu, jika salah satu bayi terbangun saat malam hari, maka 95% kemungkinan kembarannya juga akan ikut bangun dan saat itu juga Mama harus menyusui keduanya sekaligus.

Jika Mama masih kesulitan bisa menggunakan teknik pemberian ASI perah atau pompa melalui dot bayi. Pilih salah satu, jangan menyusui bayi langsung dan memberinya ASI dari dot karena bisa menyebabkan bingung puting.

   

Bukan hal yang sulit dan menakutkan untuk merawat bayi kembar baru lahir bukan ma?

 

(RGW)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.