Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Tips Cepat Hamil | May 24, 2017

Benarkah Kecambah Bikin Subur?

Bagikan


Saat sedang persiapan kehamilan, banyak orangtua, bidan, maupun dokter menyarankan banyak makan kecambah sebagai makanan untuk program hamil. Kecambah atau taoge yang banyak beredar di pasaran Indonesia berasal dari kacang-kacangan seperti kacang hijau dan kacang kedelai. Beberapa kecambah lain yang mungkin dapat ditemukan berasal dari alfalfa, azuki, kacang lentil, dan kacang polong.

Manfaat Kecambah untuk Kesuburan

Lantas, apa manfaat kecambah untuk kesuburan? Apakah ada hubungan antara kecambah dengan kehamilan? Ternyata ada! Berikut penjelasannya:

  1. Mencegah Kanker

Kecambah dari berbagai jenis kacang-kacangan -- menurut James Dukes, Ph.D., peneliti dan ahli botani dari Departemen Pertanian A.S. -- kaya akan senyawa antikanker seperti genistein yang bekerja mengacaukan pasokan makanan bagi sel-sel kanker sehingga mereka akhirnya mati. Kecambah juga mengandung banyak unsur phytochemicals yang bermanfaat. Salah satunya adalah kanavanin, yaitu sejenis asam amino yang diduga bisa melumpuhkan sumber kanker leukemia, usus besar, dan pankreas.

Kecambah juga dapat menghindari penumpukan senyawa beracun yang bisa memicu benih kanker. Antioksidan yang ditemukan di dalamnya dapat membantu memperlambat proses penuaan dan menghentikan perkembangbiakan sel kanker.

  1. Meningkatkan Kesuburan

Kandungan vitamin E, terutama vitamin E-alpha, dapat membantu meningkatkan kualitas sel sperma pria dan membantu meningkatkan produksi sel telur. Vitamin E adalah antioksidan yang dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas. Dengan mengonsumsi kecambah, vitamin E di dalamnya dapat menjaga sel telur atau sperma dari berbagai kerusakan akibat serangan radikal bebas.

  1. Bermanfaat untuk Kesehatan Wanita

Kecambah memiliki estrogen alami yang berfungsi seperti sintesis estrogen. Estrogen dalam kecambah dapat meningkatkan kepadatan dan struktur tulang serta mencegah keropos tulang (osteoporosis). Konsumsi banyak kecambah secara teratur dapat membantu menghindari masalah selama menstruasi, kanker payudara, gangguan haid, gejala pra-menopause, dan gangguan terkait menopause.

  1. Menurunkan Berat Badan

Bagi wanita yang ingin menurunkan berat badan untuk persiapan kehamilan atau yang menderita stroke dan serangan jantung karena kadar lemak darah tinggi, disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak kecambah.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kecambah juga dapat memperbaiki mekanisme pertahanan tubuh, terutama dengan meningkatkan aktivitas sel vaskular alami (sel pembunuh alami). Kecambah banyak mengandung antioksidan yang membantu tubuh bertahan dari radikal bebas yang merusak DNA sel.

  1. Melancarkan Pencernaan

Karena bersifat basa, kecambah sangat baik untuk menjaga tingkat keasaman lambung serta membantu melancarkan pencernaan. Kandungan seratnya yang tinggi dapat dengan mudah memperbaiki kontraksi saluran usus, yang berdampak pada buang air besar dan membantu meredakan masalah pencernaan seperti sembelit (konstipasi).

  1. Menurunkan Risiko Cacat Lahir

Konsumsi kecambah secara teratur sebelum hamil dan selama beberapa bulan pertama kehamilan dapat mengurangi kemungkinan cacat lahir seperti bibir sumbing dan cacat tabung saraf.

  1. Mengurangi Stres dan Kelelahan

Kecambah juga diketahui mengandung energi beserta nutrisi lainnya yang membantu menghilangkan indikasi stres mental dan fisik maupun kelelahan.

  1. Menurunkan Risiko Anemia

Kecambah adalah bahan makanan kaya zat besi yang penting bagi terbentuknya hemoglobin di dalam tubuh. Hemoglobin adalah protein yang terkandung dalam sel darah merah. Oleh karena itu, mengonsumsi kecambah secara teratur dapat mengurangi kemungkinan terkena anemia.

  1. Bikin Awet Muda

Kecambah kaya akan antioksidan yang efektif untuk melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang berbahaya. Kandungan vitamin E dalam kecambah juga membantu menyegarkan sekaligus melembapkan kulit. Itu sebabnya rutin mengonsumsi kecambah bisa membuat Mama kelihatan lebih awet muda.

Ternyata, ada banyak manfaat kecambah selain untuk kesuburan. Nah, sudahkah Mama banyak mengonsumsi kecambah sebagai makanan untuk program hamil?

(ROS)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.