DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Nutrisi Ibu Hamil | Aug 11, 2017

Benarkah Makan Belimbing Saat Hamil Sangat Bermanfaat?

Bagikan


Jika Mama mengidam makan belimbing saat hamil, Mama mungkin ingin tahu apakah aman jika ibu hamil makan belimbing. Jika Mama menghadapi dilema apakah boleh makan belimbing atau tidak selama kehamilan, sebaiknya kita menggali lebih dalam tentang manfaat makan belimbing saat hamil.

Tentang Buah Belimbing

Belimbing adalah salah satu dari sekian banyak makanan yang sering diidamkan para ibu hamil. Belimbing atau star fruit yang juga dikenal dengan sebutan carambola merupakan buah tropis berbentuk bintang dengan rasa manis dan asam. Belimbing adalah buah yang berasal dari Semenanjung Malaya dan banyak dibudidayakan di berbagai wilayah Asia Tenggara, kepulauan Pasifik, dan Tiongkok. Meski melimpah dan mudah didapat, belimbing belum terlalu populer, terutama di negara-negara Barat.

Nama ilmiah buah ini adalah Averrhoa carambola. Genus averrhoa mencakup dua famili pohon buah-buahan yang terkenal yaitu sorrel (Oxalidaceae), carambola, dan bilimbi (pohon ketimun). Buah ini dikenal sebagai belimbing manis di banyak wilayah Asia Tenggara dan disebut kamrakh di India.

Manfaat Belimbing

Pertanyaan yang sering diajukan oleh ibu hamil adalah: bolehkah ibu hamil makan belimbing? Jawabannya adalah boleh! Kandungan nutrisi yang sangat tinggi pada belimbing menawarkan beberapa manfaat kesehatan untuk ibu hamil. Nah, berikut adalah manfaat belimbing selama kehamilan:

1. Meningkatkan Kesehatan Bayi

Belimbing mengandung nutrisi tinggi, di antaranya adalah karbohidrat, vitamin, senyawa karotenoid, asam organik, dan mineral yang semuanya sangat penting untuk pertumbuhan bayi yang sehat.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat belimbing selama kehamilan adalah membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi pada belimbing memberikan asupan antioksidan yang cukup selama kehamilan sehingga dapat menghambat oksidasi dan mencegah produksi radikal bebas dalam tubuh. Infeksi mulut, influenza, dan infeksi akibat virus dapat disembuhkan dengan meminum jus belimbing segar. Asam folat dan mineral juga terkandung dalam belimbing untuk menjaga stamina dan energi selama kehamilan.

3.  Meningkatkan Kesehatan Mata

Belimbing adalah sumber alami vitamin A yang sangat vital untuk menjaga kesehatan mata, memberi nutrisi pada mata, dan secara efektif melindungi mata dari infeksi dan gangguan kesehatan. Selain itu, mengonsumsi belimbing dapat membantu meningkatkan daya penglihatan.

4. Mengobati Gangguan Pencernaan

Berbagai masalah pada saluran pencernaan bisa mengganggu kehamilan. Makan belimbing saat hamil dapat membantu penyembuhan beberapa gangguan pencernaan secara efektif. Konsumsi buah bergizi ini membantu mengobati diare, gangguan perut, dan sembelit.

5. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Kandungan potassium pada buah belimbing sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi selama kehamilan. Hipertensi bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke dan bahkan komplikasi kehamilan. Makan belimbing saat hamil membantu meminimalkan tekanan darah tinggi secara signifikan dan mencegah risiko stroke atau masalah terkait jantung.

6. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah belimbing sangat efektif melindungi Mama dari perkembangan sel kanker selama kehamilan.

7. Melancarkan Buang Air Kecil

Belimbing berfungsi sebagai diuretik sejak zaman dahulu kala. Menambahkan sedikit madu pada jus belimbing dapat mendorong kelancaran fungsi proses buang air kecil saat hamil.

8. Menurunkan Kolesterol

Ibu hamil yang makan belimbing secara rutin dapat membantu meminimalkan kadar kolesterol jahat dalam darah selama kehamilan dan mencegah risiko pengembangan masalah kesehatan akibat tingginya kadar kolesterol.

(ROS)

Bagikan

Artikel Terkait