DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Tips Cepat Hamil | Jul 17, 2017

Benarkah Seks Tiap Hari Bikin Sperma Lebih Sehat?

Bagikan


Menurut penelitian baru, berhubungan seks tiap hari dapat meningkatkan kualitas sperma pria dan dianjurkan bagi para pasangan yang mencoba hamil. Padahal, sampai sekarang dokter masih memperdebatkan apakah pria harus menahan diri berhubungan seks selama beberapa hari untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Baca juga: Berapa Kali Frekuensi Ideal Hubungan Seksual?

Namun, sebuah studi baru oleh Dr. David Greening dari Sydney IVF, sebuah pusat perawatan infertilitas dan in vitro fertilization (IVF) di Australia, menunjukkan bahwa pantangan hubungan seks rutin bukanlah pendekatan yang tepat. Ia mempelajari 118 pria dengan kerusakan DNA sperma di atas rata-rata dan mendapati kualitas sperma meningkat secara signifikan setelah mereka mengalami ejakulasi setiap hari selama tujuh hari.

Berhubungan seks tiap hari memang menurunkan volume air mani, tetapi bagi kebanyakan pria hal ini tidak menjadi masalah. Jadi, cukup aman bagi pasangan dengan parameter semen yang relatif normal untuk melakukan hubungan seks setiap hari hingga seminggu sebelum tanggal ovulasi. Dalam konteks reproduksi, perawatan sederhana dapat membantu meningkatkan kualitas sperma dan akhirnya mencapai kehamilan.

Berikut alasan mengapa berhubungan seks tiap hari sangat baik bagi para pasangan yang merencanakan kehamilan:

  1. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Sebuah studi baru-baru ini mengatakan bahwa pria yang melakukan hubungan seks rutin lebih dari dua kali seminggu memiliki risiko lebih rendah terkena serangan jantung dibandingkan pria yang melakukan hubungan seks kurang dari sebulan sekali.

  1. Menambah Imunitas

Hubungan seks rutin meningkatkan antibodi, yang akhirnya membuat tubuh lebih tahan terhadap penyakit seperti demam dan flu.

Sebuah studi baru menemukan bahwa berhubungan seks tiap hari dapat membantu mempersiapkan sistem kekebalan tubuh untuk kehamilan, yang sangat penting dalam meningkatkan peluang hamil.

  1. Mengurangi Stres

Hubungan seks tiap hari tidak hanya akan meningkatkan suasana hati, namun sebuah penelitian juga membuktikan bahwa orang-orang yang menikmati aktivitas seks tiap hari dapat mengatasi stres dengan lebih baik dan lebih bahagia.

  1. Meredakan Rasa Sakit

Jika Mama menggunakan sakit kepala sebagai alasan untuk tidak bercinta, berhentilah melakukannya. Lakukan hubungan seks rutin sebagai gantinya. Sebab, ketika Mama hendak mengalami orgasme, kadar hormon oksitosin yang dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri meningkat lima kali lipat.

  1. Bikin Awet Muda dan Umur Panjang

Saat seseorang mengalami orgasme, hormon yang disebut dehydroepiandrosterone dilepaskan. Hormon ini meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki jaringan, dan menjaga kesehatan kulit. Pria, yang mengalami setidaknya dua orgasme dalam seminggu, hidup lebih lama dari pria yang berhubungan seks setiap beberapa minggu sekali.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Karena detak jantung meningkat saat berhubungan seks, darah disuplai ke organ dan sel-sel tubuh. Sementara darah kotor dikeluarkan, tubuh juga mengeluarkan toksin dan bahan lain yang menyebabkan Mama merasa lelah.

  1. Tidur Lebih Nyenyak

Tidur setelah bercinta akan jauh lebih rileks, sehingga membuat Mama lebih sehat dan fokus.

  1. Menambah Kebugaran

Hubungan seks rutin dapat membakar lebih banyak kalori dan membantu Mama dan pasangan tetap bugar.

  1. Meningkatkan Kadar Estrogen dan Testosteron

Pada pria, hormon testosteron inilah yang membuat mereka lebih bergairah. Tidak hanya akan membuat pria merasa lebih hebat di tempat tidur, tetapi juga memperbaiki otot dan tulang, menjaga kesehatan jantung, dan tetap menjaga kolesterol. Pada wanita, hormon estrogen melindungi mereka terhadap penyakit jantung dan juga menentukan aroma tubuh wanita.

  1. Menurunkan Risiko Kanker Prostat

Menurut sebuah studi dari Harvard Medical School, pria yang mengalami ejakulasi lebih sering dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat hingga 22 persen dan dapat meningkatkan kesehatan sperma.

Nah, melihat banyaknya manfaat berhubungan seks tiap hari, yuk kasih kode ke suami malam ini!

Baca juga: Tips Anti Canggung Membahas Seks dengan Suami

(ROS)

Bagikan

Artikel Terkait