DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Nutrisi Ibu Hamil | Feb 16, 2017

Berbagai Minuman Bernutrisi Untuk Ibu Hamil

Bagikan


 

   

Makanan sehat dan suplemen tambahan sangat penting selama kehamilan. Mama harus memastikan pola makan seimbang yang mencakup protein, karbohidrat, serat, vitamin, mineral dan lemak yang memadai. Namun, makanan sehat saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan.

Sama pentingnya juga agar Mama tetap memiliki kebutuhan cairan yang cukup untuk membantu memperlancar peredaran darah ke janin melalui cairan ketuban. Seperti yang Mama ketahui, darah terutama mengandung air. Air juga merupakan sumber utama bagi tubuh untuk memproduksi ASI.

Oleh karena itu, penting juga menambahkan minuman bernutrisi selama kehamilan untuk mencegah dehidrasi dan menyegarkan diri Mama. Berikut ini adalah beberapa minuman bernutrisi untuk menjaga agar kehamilan sehat.

 

Air Kelapa

pixabay.com

Air kelapa adalah minuman isotonik alami, yang dapat membantu mencegah dehidrasi. Minuman bernutrisi tinggi ini juga dapat mengurangi kelelahan dengan mengisi ulang garam alami yang hilang dari tubuh saat berkeringat. Inilah salah satu pilihan nutrisi ibu hamil yang sehat dan menyegarkan saat hamil.

 

Jeruk Lemon atau Nipis

pixabay.com

Jeruk lemon atau nipis membuat Mama tetap terhidrasi dan memberikan vitamin C yang membantu tubuh lebih efektif menyerap zat besi. Mama dapat membuat minuman bernutrisi tinggi dari air hangat dicampur dengan jeruk lemon atau nipis, atau bisa juga mencampurnya dengan menu makanan sehari-hari.

Jika Mama mengalami morning sickness, mencampur jeruk lemon atau nipis dengan beberapa lembar daun mint, dan potongan jahe dapat menjadi alternatif lain.

  

Susu Rendah Lemak

pixabay.com

Produk susu mengandung kalsium, protein, dan vitamin B-12 yang sangat tinggi agar kehamilan sehat. Karena kebutuhan nutrisi bertambah selama kehamilan, disarankan agar ibu hamil minum susu kira-kira 2 gelas sehari. Pilihlah susu khusus untuk ibu hamil yang rendah lemak, mengandung vitamin dan mineral yang sangat tinggi.

Bosan minum susu hamil? Mama bisa membuat sendiri milkshake atau smoothie buah yang dibuat dari campuran susu dan buah (bisa ditambah sedikit es bila suka) yang kaya akan mineral dan nutrisi ibu hamil.

 

Jus Sayuran

pixabay.com

Makan banyak sayuran dalam menu makanan sehari-hari tentu tidak cukup memberikan nutrisi bagi ibu hamil. Cobalah menambahkan jus sayuran segar pada menu harian Mama. Misalnya, jus brokoli, mentimun, bayam, selada hijau, dan sebagainya.

Minuman bernutrisi tinggi ini sangat menyegarkan dan menyehatkan. Pastikan untuk membersihkan sayuran segar terlebih dahulu sebelum diolah menjadi jus.

  

Jus Buah Segar

pixabay.com

Buah-buahan kaya akan sumber vitamin, mineral dan serat tinggi. Karena itu, sangat disarankan agar ibu hamil menambahkan minum jus buah setidaknya satu gelas sehari. Jus buah segar dari apel, alpukat, leci, jeruk manis, pepaya, mangga, pear, melon, semangka dan sebagainya sangat cocok untuk cuaca panas.

Akan lebih bagus apabila buah-buahan ini masih segar, karena jus ini mencakup semua kebutuhan nutrisi ibu hamil yang sangat bermanfaat. Sebaiknya hindari minuman jus kemasan, karena biasanya mengandung lebih banyak zat kimia dan pengawet yang tidak aman bagi kehamilan.

 

Infused Water

pexels.com

Infused water adalah air putih biasa yang sudah ditambahkan beberapa potongan buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah, kemudian disimpan dalam lemari es selama minimal 2 jam untuk menunggu sari-sari bahan yang digunakan larut di dalam air.

Minuman bernutrisi tinggi ini dapat membantu Mama tetap terhidrasi sekaligus meringankan berbagai keluhan kesehatan yang sering dirasakan selama hamil.

  

Air Putih

pixabay.com

Mama membutuhkan lebih banyak air untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh selama hamil. Selain merupakan komponen utama dari ASI yang sangat penting bagi bayi, air juga sangat penting bagi sel-sel darah yang sehat dan mencegah dehidrasi. Selama kehamilan, minumlah air putih minimal 8 gelas sehari untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat seringnya buang air kecil.

 

Sudahkah Mama mencobanya?

 

(ROS)

Bagikan

Artikel Terkait