Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Cara Alami Mengatasi Rasa Tidak Nyaman Saat Hamil

Bagikan


Setiap kehamilan tidak selalu sama, tetapi kemungkinan Mama akan menghadapi setidaknya beberapa gejala paling umum saat hamil. Entah itu mual, sakit punggung atau masalah tidur dapat menimbulkan efek samping yang tidak nyaman saat hamil. Bagaimana cara mengatasi rasa tidak nyaman saat hamil tersebut? Kunci utamanya adalah mengetahui cara terbaik menangani setiap keluhan rasa tidak nyaman saat hamil.

Kiat mengatasi rasa tidak nyaman saat hamil

Ahli kandungan Diana Ramos, M.D., salah satu pimpinan National Preconception Health and Health Care Initiative, menguraikan beberapa pengobatan alami, aman, dan simpel yang dapat digunakan wanita untuk mengatasi rasa tidak nyaman saat hamil.

Morning sickness

Morning sickness menempati urutan teratas sebagai salah satu gejala kehamilan yang paling mengganggu. Mama dapat mengatasi rasa tidak nyaman karena morning sickness dengan meningkatkan asupan vitamin B6 dan menghirup teh jahe. Tentu saja, tanyakan kepada dokter sebelum mengganti asupan vitamin Mama.

Wasir dan sembelit

Selain konsumsi banyak makanan berserat tinggi dan banyak minum air putih, Mama dapat mengatasi rasa tidak nyaman ini dengan cara membiasakan duduk di atas bantal khusus untuk meringankan tekanan pada area dubur, duduk berendam dalam air hangat, dan menggunakan kompres dingin atau ice pack di area tersebut. Akupunktur dan senam kegel juga telah terbukti mengurangi sembelit dan nyeri peradangan akibat wasir.

Baca juga: Ini Langkah Mengatasi Sembelit Saat Hamil

Sakit kepala

Semua hormon berlebih yang terdapat di tubuh wanita hamil dapat menyebabkan mereka mengalami sakit kepala yang mengganggu, terutama selama trimester pertama. Mama bisa menggunakan kompres kepala hangat atau dingin, meningkatkan asupan air minum, dan menyingkirkan zat aditif makanan buatan seperti MSG.

Insomnia

Berjalan dan berolahraga di pagi hari dapat membantu mengatasi rasa tidak nyaman akibat insomnia. Minum teh chamomile, menghindari kafein, mencoba bersantai sebelum tidur dan menghindari gadget juga cukup membantu.

Heartburn

Nyeri di bagian ulu hati menyebabkan sulit tidur di malam hari. Mama sebaiknya menyangga kepala lebih tinggi di malam hari, makan lebih sering dalam porsi kecil sepanjang hari, dan hindari konsumsi makanan yang memicu mual, seperti mint, coklat, dan makanan pedas dan berminyak.

Kelelahan

Ibu hamil secara alami dapat mengatasi rasa tidak nyaman akibat kelelahan ini dengan meningkatkan energi, bisa dengan berjalan-jalan setiap hari serta menjaga asupan air yang cukup sepanjang hari.

Stretch mark

Mama dapat membantu mengurangi munculnya stretch mark dengan memijat kulit menggunakan minyak atau krim alami yang melembabkan. Cobalah mengoleskan minyak kelapa atau cocoa butter ke kulit dan memijatnya dengan menggunakan ujung jari selama sekitar lima menit setiap hari. Mempertahankan berat badan yang sehat selama kehamilan juga dapat membantu mengurangi risiko mengalami stretch mark yang berlebihan di sekujur tubuh.

Sakit punggung

Untuk mengatasi rasa tidak nyaman akibat sakit punggung saat hamil, Mama bisa menggunakan maternity belt untuk menyangga perut, rutin melakukan latihan peregangan, seperti yoga prenatal, serta berdiri dan berjalan secara berkala sehingga Mama tidak selalu duduk sepanjang waktu. Bantalan hangat juga bisa membantu meringankan sakit punggung, tetapi hindari berendam di bak mandi air panas karena suhu yang sangat tinggi dapat memengaruhi otak bayi.

Sering kencing

Latihan kegel dapat membantu mengatasi rasa tidak nyaman akibat sering kencing. Mama juga bisa menggunakan pembalut, bersandar ke depan saat kencing untuk membantu mengosongkan kandung kemih.

Keputihan

Gunakan pembalut, jika perlu. Apabila terjadi perubahan abnormal pada keputihan, segera hubungi dokter.

Bagaimana cara Mama mengatasi rasa tidak nyaman saat hamil? Bagikan kepada kami, ya!

[ROS]

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.