Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Nutrisi Ibu Hamil | Mar 22, 2017

Cara Aman Menjadi Vegetarian Saat Hamil

Bagikan


 

Saat hamil, Mama membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dibanding keadaan normal. Maka dari itu, banyak mitos yang mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh menjadi vegetarian karena akan menimbulkan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan janin. Hal ini tidak sepenuhnya benar, sebab menjadi vegetarian selama hamil tak dilarang asalkan Mama mengonsumsi makanan sehat yang pas dengan kebutuhan tubuh.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum memutuskan untuk menjalani kehamilan sebagai seorang vegetarian. Apa sajakah itu? Yuk, simak informasi berikut ini:

 

  1. Cukupi kebutuhan protein

World Organization Health (WHO) menyarankan ibu hamil untuk meningkatkan asupan protein sebanyak 6%. Nah, saat menjalani pola makan vegetarian, Mama bisa mendapatkan protein ini dari makanan sehat selain daging dan telur, seperti tahu, tempe, kacang buncis, kacang-kacangan, serta olahan gandum.

 

  1. Penuhi kebutuhan zat besi dan vitamin C

Zat besi memiliki peran penting untuk kesehatan kehamilan dan janin, maka dari itu Mama tak boleh kekurangan kandungan satu ini meski menjadi seorang vegetarian. Dapatkan asupan zat besi dari sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan. Selain itu, pastikan juga Mama mengonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin C untuk mengoptimalkan penyerapan zat besi dalam darah.

 

  1. Konsumsi cukup kalsium dan lemak

Bagi ibu hamil non-vegetarian, asupan kalsium bisa dengan mudah diperoleh melalui susu . Namun bagi Mama yang vegetarian, dapatkan kalsium dari aneka makanan sehat yang terbuat dari brokoli, bayam, kubis, sawi, bawang putih, dan kacang almond. Mama juga perlu memenuhi kebutuhan lemak baik yang bisa ditemukan pada makanan sehat berupa avokad, kacang-kacangan, serta minyak zaitun.

 

Menjadi menjalani kehamilan sebagai seorang vegetarian ternyata memberikan beberapa keuntungan lho,  salah satunya mengurangi mual dan muntah di trimester pertama. Produk hewani biasanya mengandung bau amis atau bau lain yang menyengat sehingga membuat ibu hamil mual dan muntah. Dengan menjadi vegetarian, tentu Mama tak perlu terganggu dengan aneka aroma menyengat dari olahan hewani ini.

 

Selain itu, mengonsumi aneka makanan sehat yang banyak mengandung sayur dan buah juga akan mencegah ibu hamil kekurangan serat. Dengan demikian, Mama tak akan mengalami sembelit yang menjadi salah satu gejala kehamilan pada banyak wanita mengandung.

 

Terbukti, menjadi vegetarian bukanlah hal yang buruk bagi ibu hamil selama seluruh asupan gizi dan nutrisinya terpenuhi melalui berbagai makanan sehat yang dikonsumsi. Apakah Mama tertarik untuk menjadi seorang vegetarian?

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.