Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Masalah Tidur Bayi | Apr 19, 2016

Cara Meningkatkan Kualitas Tidur Bayi

Bagikan


Manfaat Tidur Berkualitas bagi Bayi

Tidur memiliki peranan penting dalam pertumbuhan bayi, karena pada saat tidur terjadi proses perbaikan sel otak dan pengeluaran hormon pertumbuhan. Oleh karena itu, kualitas dari tidur bayi harus dijaga. Hal ini kerap kali luput dari perhatian orangtua. Anak yang memiliki gangguan tidur otomatis akan terganggu pertumbuhan tinggi badannya. Selain itu, gangguan tidur pada anak juga dapat memengaruhi sistem imunitas, perkembangan fungsi hormon, metabolisme tubuh, sistem jantung dan pembuluh darah, serta proses belajar dan daya ingat. Kualitas tidur anak berpengaruh terhadap memori dan daya tangkap anak saat belajar.

Jumlah Waktu Tidur Bayi Berdasarkan Usianya

Waktu tidur bayi berbeda dan tergantung pada umur sang bayi. Total waktu tidur yang dibutuhkan oleh bayi usia 0-3 bulan mencapai 16-20 jam dalam sehari. Biasanya dalam setiap 1-4 jam tidur, diikuti dengan 1-2 jam waktu bangun. Untuk anak yang berumur 2-12 bulan waktu tidur yang diperlukan sekitar 14-15 jam/hari. Anak dengan umur 1-3 tahun memerlukan waktu tidur sekitar 12-14 jam/hari. Dan untuk anak dengan usia 3-5 tahun waktu tidur yang diperlukan sekitar 11-13 jam. Sebaikya orangtua dapat mengenali tanda-tanda bilamana bayinya mulai mengantuk, sehingga dapat segera ditidurkan pada waktu yang tepat.

 

Tips Meningkatkan Kualitas Tidur Bayi         

Selain memperhatikan kuantitas tidur bayi, kualitas juga perlu diperhatikan. Kualitas tidur dapat diperoleh dengan memperhatikan cara tidur, lingkungan tidur, kenyamanan dan pola tidurnya. Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan kualitas tidur bayi Anda:

  • Tempat  & ruang tidur yang nyaman

Usahakan agar ruang tidur bayi memiliki suhu yang nyaman, tidak terlalu panas, tidak terlalu dingin, serta tidak berisik agar bayi bisa mudah tertidur saat ia mengantuk. Baringkan bayi pada posisi telentang saat bayi sudah menunjukkan tanda-tanda mengantuk, sehingga bayi bisa langsung terlelap dan tidur dengan posisi yang baik.

  • Kebutuhan bayi

Pastikan bayi sudah cukup makan dan minum sebelum tidur agar bayi tidak merasa lapar saat tidur. Periksa apakah bayi sudah buang air besar dan air kecil, lalu perhatikan pula baju dan popok yang dikenakan. Baju dan popok yang bersih dan nyaman membuatnya lebih rileks dan tidak terganggu saat tidur.

  • Waktu tidur

Biasakan bayi untuk tidur pada waktu yang tepat dengan memberi teladan pada mereka. Jangan biasakan tidur terlalu malam dan tidur dengan waktu yang teratur. Bayi akan perlahan-lahan mengikuti pola tidur orang tuanya yang tidak teratur dan itu yang menyebabkan bayi mudah lelah dan gampang emosi. Waktu yang tepat untuk memulai waktu tidur bayi adalah pada pukul 8 atau 9 malam.

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.