Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kesehatan Anak | Oct 31, 2017

Cegah Obesitas Pada Anak Dengan 6 Cara Ini

Bagikan



Bagi seorang ibu, kesehatan anak adalah segalanya. Banyak cara yang dilakukan untuk menjaga anak tetap sehat, seperti memberikan vitamin tambahan makanan, sampai dengan vitamin penambah nafsu makan agar anak gemuk dan sehat karena banyak diantara Mama yang beranggapan anak yang sehat harus gemuk.

Bagaimana kalau kasusnya justru anak menjadi kegemukan dan obesitas? Tentu akan banyak bahaya penyakit yang mengancam Si kecil. Lalu bagaimana cara agar anak terhindar dari obesitas? Berikut tips untuk Mama.

1. Kurangi junk food

junk food

Mungkin Mama termasuk orang tua yang tidak rewel masalah jenis makanan yang anak konsumsi. Selama anak lahap makan, apapun jenis makanannya boleh-boleh saja.

Ma..anak dalam masa pertumbuhan memang sangat perlu banyak nutrisi, tapi membiarkan anak terus-terusan makan makanan siap saji, it’s a bad decision!

Jika perlu, berikan waktu kapan saja anak boleh makan-makanan cepat saji, seperti 2 minggu atau sebulan sekali. Selebihnya, sayur, buah, sumber protein nabati dan hewani adalah menu yang utama harus dikonsumsi anak sehari-harinya.

2. Vitamin penambah nafsu makan

multi vitamin anak

Sebenarnya apakah penting memberikan vitamin penambah nafsu makan? Mama perlu tahu dulu faktor apa yang menyebabkan anak tidak mau makan, apakah jenis makanan yang tidak sesuai selera atau anak mengalami gangguan pencernaan.

Jangan buru-buru langsung memberikan vitamin penambah nafsu makan. Konsultasikan dulu ke dokter gizi anak. Memberikan vitamin penambah nafsu makan bukan tidak mungkin anak akan terus-terusan merasa lapar dan anak akan mengalami kegemukan.

3. Aktivitas fisik

anak berolahraga

Jangan biarkan anak terus-terusan di dalam rumah dan bermalas-malasan memainkan gadget. Mama perlu mengajak anak main di ruangan terbuka dan biarkan mereka melakukan berbagai aktivitas fisik seperti berlari atau melompat. Ini juga bisa dijadikan sarana olahraga untuk anak.

Lebih seru lagi, ajak anak juga teman-teman serta saudara seusianya untuk membentuk kelompok olahraga, pasang lagu-lagu ceria dan biarkan anak menggerakan badan sesuka hati.

Baca Juga : Bahaya Kesehatan Bagi Penggemar Si Mie Instan

4. Biasakan minum air putih

Anak-anak memang suka sekali dengan rasa manis. Lagi-lagi Mama harus ekstra ketat mengontrol jenis asupan makanan yang anak konsumsi. Bukannya untuk mengekang atau membatasi anak makan, tapi demi kesehatan anak sepertinya sah-sah saja.

Jangan biasakan anak minum-minuman yang banyak mengandung banyak gula apalagi pengawet ya Ma. Air putih tetap pilihan terbaik dan menyehatkan, jadi biasakan Si Kecil untuk sering mengkonsumsi air putih.

5. Camilan sehat

camilan sehat

Ngemil memang aktifitas yang tidak bisa dipisahkan dari pola makan anak ataupun dewasa. Apalagi kalau akhir pekan tiba, kumpul keluarga rasanya ada yang kurang kalau tidak ada camilan.

Mama dan keluarga juga harus memberi contoh yang baik, dengan memilih jenis camilan yang sehat. Sajikan cup cake buatan Mama sendiri yang rendah gula juga tanpa bahan pengawet. Pasti ini lebih menyehatkan daripada harus makan kue dari toko-toko kue yang kurang terjamin nutrisinya.

6. Berikan contoh pola hidup sehat

olah raga bersama anak, pola hidup sehat

Percuma Mama berusaha mengontrol makanan anak tapi kalau Mama sendiri tidak memberikan contoh pola hidup yang sehat.

Kalau anak dibiasakan dengan lingkungan pola hidup yang sehat, maka ia merasa tidak akan ada keterpaksaan. Dan mungkin saja kebiasaan tersebut akan terbawa sampai anak tumbuh dewasa dan terhindar dari bahaya obesitas.

Apakah Mama sudah menularkan gaya hidup sehat pada anak?

(LMF)

Foto : Shutterstock

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.