DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Makanan | Oct 16, 2015

Conscious Eating

Bagikan


 

Ibaratkan tubuh Anda sebagai mesin canggih. Untuk itu, ‘mesin canggih’ ini akan memerlukan bahan bakar berkualitas. Hal terbaik yang bisa didapat jika Anda makan secara seimbang untuk memberi energi tubuh adalah nafsu makan Anda akan lebih terkendali dibanding jika Anda banyak mengansumsi makanan bebas kalori, seperti makanan fat-free serta makanan yang diproses. Minum air putih, sayuran dan buah serta serat adalah jenis-jenis makanan yang diperlukan tubuh sebenarnya.Sebagai asupan sehari-hari, makanlah makanan yang terdiri dari vitamin, mineral, enzim, antioksidan, phytonutrient dan lemak esensial untuk menutrisi tubuh. 

 

Perhatikan piring Anda. Pelajari tentang makanan yang akan Anda makan dan ‘perjalanannya’ hingga sampai di piring Anda. Apakah makanan ini berasal dari alam atau lewat pemrosesan di lab? Bagaimana pengaruhnya pada tubuh Anda, lingkungan, serta keberlangsungan planet. Mungkin Anda akan berpikir artikel ini berlebihan, namun jika Anda mencoba ‘memahami’ makanan Anda, maka Anda akan lebih mencintai tubuh Anda.

 

Dengarkan sinyal tubuh Anda yang akan memberitahu jika Anda telah makan cukup. Tubuh Anda selau mengeluarkan sinyal ini, namun masalahnya adalah mungkin ini selalu diabaikan. Sebenarnya tubuh Anda mengerti batasannya, apa yang seharusnya dimakan dan seberapa banyak. Untuk bisa melakukan ini, maka Anda harus memakannya secara perlahan..

 

Makan perlahan dan nikmati saat makanan berada di dalam mulut. Butuh waktu 20 menit untuk menyampaikan sinyal dari perut ke otak jika Anda sudah merasa kenyang. Selain itu, jika Anda makan perlahan, Anda akan member waktu bagi tubuh menyerap nutrisi. So, jangan makan saat menyetir, saat sedang menelpon atau berjalan. Beri waktu untuk menikmati makanan di meja makan dan menikmati setiap kunyahannya. Ini adalah kunci untuk mengoptimalkan kesehatan.

 

Jangan makan jika tak merasa lapar. Kadang mungkin Anda menjadikan makanan sebagai 'pelarian' di kala sedang sedih atau kesal. Namun ini salah, karena makanan bukanlah ‘obat’ dari emosi. Dan justru ini akan menyebabkan masalah baru, seperti penyakit lain yang tiba-tiba muncul.

 

Masaklah makanan Anda sendiri. Selain Anda bisa mengukur porsi Anda, saat memasak, Anda akan ‘menuangkan’ perasaan Anda di dalamnya. Ini akan memberikan perasaan menghargai diri sendiri serta kenyamanan.

Bagikan

Artikel Terkait