Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Nutrisi Ibu Hamil | Mar 21, 2017

Fakta dan Mitos Makanan untuk Ibu Hamil

Bagikan


     

Saat sedang mengandung, banyak aturan tidak tertulis yang sepertinya harus dipatuhi setiap ibu hamil. Misalnya, ibu hamil dilarang makan buah nanas dan durian karena bisa sebabkan keguguran, lalu dianjurkan untuk rutin meminum minyak kelapa agar persalinan lancar.

  

Namun, apakah semua aturan-aturan tidak tertulis itu harus dijalani? Belum tentu. Yuk, cek dulu fakta dan mitos makanan untuk ibu hamil ini!

   

1. Benarkah minum air kelapa hijau bisa membuat kulit bayi bersih saat lahir?

Faktanya, zat yang terkandung dalam air kelapa tidak secara langsung membuat bayi sehat ketika lahir, namun kandungan nutrisi dalam air kelapa dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil.

Air kelapa kaya akan mineral dan elektrolit cair yang mudah diserap tubuh sehingga baik untuk mencegah dehidrasi. Dehidrasi selama kehamilan akan menyebabkan masalah kesehatan di antaranya sakit kepala, kaki bengkak, kram, bahkan kontraksi yang mengakibatkan persalinan prematur. Selain mencegah dehidrasi, air kelapa juga dapat melancarkan proses pembuangan urin dan membantu membersihkan saluran kemih.

 

2. Benarkah makan nanas bisa sebabkan keguguran?

Faktanya, buah nanas yang matang banyak mengandung gizi untuk perkembangan janin, seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, natrium, kalium, sukrosa dan serat.

Yang berbahaya adalah jika ibu hamil makan nanas muda, sebab mengandung banyak senyawa bromealin yang bisa melunakkan otot serviks (leher rahim), sehingga bila dikonsumsi berisiko memicu kontraksi dini bahkan keguguran. Karena warnanya yang masih hijau dan rasanya yang asam, ibu hamil yang makan nanas muda bisa terkena diare, maag maupun gangguan pencernaan lainnya.

  

3. Benarkah durian bisa membuat perut dan janin kepanasan?

Durian yang terlalu matang memang mengandung gas dan alkohol yang bila dikonsumsi membuat tubuh terasa panas. Meskipun kandungan alkohol dalam durian tidak berbahaya bagi janin, sebaiknya ibu hamil makan durian secukupnya saja.

Terlebih lagi, jika saat hamil kadar gula darah cukup tinggi atau terkena diabetes gestasional, ibu hamil harus hati-hati untuk mengonsumsi durian, sebab kandungan gula dalam durian sangat tinggi dan bisa mengakibatkan naiknya gula darah.

 

4. Benarkah meminum minyak kelapa atau makan makanan pedas bisa melancarkan persalinan?

Faktanya, saluran pencernaan berbeda dengan saluran untuk melahirkan. Jadi, semua makanan yang masuk ke dalam tubuh akan dicerna dalam lambung dan usus lalu diubah menjadi zat lain, yang belum tentu berpengaruh pada jalan lahir Anda.

Daripada diminum, minyak kelapa bisa dimanfaatkan sebagai pelembap kulit dan mencegah stretch mark dengan mengoleskannya di bagian tubuh yang membesar seperti perut, paha, kaki, dan payudara. Minyak kelapa juga baik digunakan sebagai pelicin alami untuk memijat payudara sebagai persiapan menyusui.

   

5. Benarkah harus menghindari makan ikan supaya waktu bayi lahir tidak berbau amis?

Faktanya, saat lahir bayi memang berbau amis karena keluar bersama air ketuban. Ikan, justru termasuk makanan yang baik dikonsumsi ibu hamil sebab kaya akan protein dan omega-3 yang baik untuk mendukung pertumbuhan organ, syaraf, dan otak janin.

Ikan yang baik dan aman dikonsumsi ibu hamil adalah ikan yang sudah dimasak. Mengonsumsi ikan mentah dalam hidangan sushi atau sashimi memang tidak dianjurkan sebab berisiko mengandung bakteri toksoplasmosis, listeria dan salmonela yang mengganggu tumbuh kembang janin.

  

(MEG)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.